CARA MENGATASI FLASHDISK YANG TIDAK TERBACA LABTOP

Posted by on 2015-08-15 - 8:35 PM

Pernah mengalami masa-masa menjengkelkan karena flashdisk mengulah? Sudah mati-matian ngedit tugas dan waktu mau diprint flashdisknya tidak terbaca oleh komputer atau labtop? Ya, itu adalah hal yang menyebalkan memang, apalagi kalau harus ngeprint di luar dan tempatnya agak jauh. Atau bahkan lebih parah, karena buru-buru tugas yang sudah satu malaman dikerjain dan dipindahkan ke flashdisk justru tidak bisa diedit lagi karena sudah dicut dan tidak ada pertinggalnya di komputer. Rasanya tuh pengen ngelemparin barang-barang dan akhirnya cuma bisa ngelus dada sambil nahan airmata. Bukan karena sedih, tapi karena jengkel.

Pada kesempatan ini saya mau share cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca labtop. Info ini saya share karena belajar dari pengalaman adik saya yang kesal karena falshdisknya tidak terbaca. Malam itu labtop adik saya tidak bisa membaca flashdisk dan modem. Mungkin karena terlalu banyak tugas yang menumpuk, adikku melempar flashdisknya ke lantai dan mengerang. Untung saja tidak ada yang rusak.

Karena penasaran, saya berinisiatif mengambil flashdisk itu dan mencobanya di labtop saya. Saat saya coba flashdisk itu di labtop saya ternyata bisa. Nah, kalau sudah seperti itu, tentu bukan flashdisknya yang salah dong. Intinya jangan buru-buru mengambil kesimpulan. Jika teman-teman mengalami hal seperti itu ada baiknya dicek dulu sumber masalahnya sebelum flashdisk yang tak berdosa menjadi korban kejengkelan kita.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu temen-temen perhatiin untuk mengatasi masalah tersebut :

Cek Kesehatan Flashdisk
Kalau flashdisk tidak terbaca, jangan buru-buru nyalahin dia. Cek terlebih dahulu kesehatan flashdisk tersebut. Gak perlu dibawa ke tukang service, cukup cek menggunakan labtop atau komputer lain untuk memastikan apakah flashdisk anda benar-benar tidak dapat terbaca di perangkat komputer manapun. Kalau pada komputer lain juga tidak terbaca, berarti memang ada yang salah pada flashdisk tersebut.

Restart Komputer
Jika flashdisk anda terbaca pada komputer yang lain, berarti ada kesalahan sistem yang terjadi pada komputer anda yang sebelumnya. Untuk mengatasinya, anda cukup colokkan flashdisk anda pada komputer yang tidak dapat membaca flashdisk kemudian restart komputer anda agar system fresh kembali.

cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca

Jika masih tidak terbaca juga, masuklah ke menu Run lalu ketikkan decmgmt.msc lalu tekan enter. Pada jensela baru yang muncul,  carilah tulisan USB controller dan cari hardware yang berwarna kuning dengan icon tanda seru. Uninstal hardware tersebut kemudian restart kembali komputer anda.

Format Flashdisk
Jika kesalahan memang terletak pada flashdisk, anda dapat memformat flashdisk tersebut dengan menggunakan software khusus untuk memperbaikinya.

Reprogram Flashdisk
Lakukan pemograman kembali IC Controller Flashdisk yang tidka dapat terbaca itu dengan menggunakan software alcorM_UFD tools.
 
Demikianlah cara mengatasi flashdisk yang bisa saya share buat temen-temen. Jadi jangan terlalu panik atau buru-buru ganti flashdisk ya. Jika cara di atas tidak satupun bekerja untuk flashdisk anda, maka mungkin sudah saatnya membebaskan dia dari tugas-tugasnya.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment