5 PERISTIWA BERSEJARAH DI 9 MEI YANG MENDUNIA

Posted by on 2013-05-09 - 12:42 PM

PERISTIWA BERSEJARAH

PERISTIWA BERSEJARAH DI 9 MEI YANG MENDUNIA. Seperti yang kita tahu, 9 mei merupakan hari libur untuk memperingati kenaikan Yesus Kristus. Tapi sobat blog tahu gak peristiwa-peristiwa apa yang pernah terjadi di tanggal 9 mei sepanjang sejarah?

Nah sobat blog, kali ini aku mau share 5 peristiwa besar yang terjadi di tanggal 9 mei dan peristiwa itu tercatat sebagai peristiwa yang mendunia. Apa aja ya? check this out !

Lahirnya Amerigo Vespucci
Siapa sih Amerigo Vespucci sampai kelahirannya dianggap sebagai peristiwa bersejarah? Amerigo Vespucci adalah pelaut terkenal berkebangsaan Italia. Ia lahir di Florence pada 9 mei 1454. Vespucci merupakan penjelajah yang ikut serta dalam ekspedisi pencarian jalan tembus dari Eropa ke India setelah terinspirasi dari keberhasilan Christopher Columbus.

Penjelajahan Vespucci berbuah manis karena Ia berhasil menemukan benua baru yang kemudian diberi nama Amerika. Tentu saja nama itu untuk menghormati Beliau. Nama Amerika diambil dari nama Amerigo. Amerigo Vespucci meninggal pada tahun 1512.


Selesainya pembangunan Taj Mahal
Sobat blog tahu dong kalau Taj Mahal tercatat sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Taj Mahal selesai di bangun pada 9 mei 1653. Bangunan ini merupakan bangunan dengan arsitektur terindah di dunia. Taj Mahal dibangun sebagai hadiah dari Raja Shahjahan yang memimpin kerajaan Mongol India untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal yang meninggal pada usia 39 tahun.


Raja Shahjahan membangun makam Mumtaz Mahal dalam sebuah istana yang indah di utara Uttar Pradesh tepatnya di kota Agra. Pembangunan istana tersebut berlangsung selama 17 tahun dimulai pada tahun 1633 dengan melibatkan 20.000 pekerja dan menghadirkan para ahli arsitektur, kaligrafi, dan pengrajin batu dari berbagai negeri. Jadi gak heran ya kalau hasilnya menjadi yang terbaik sepanjang sejarah.

3. Meninggalnya Frederick Schiller
WAFATNYA FREDERICKFrederick Schiller adalah seorang tokoh sastra terbesar Jermaan. Beliau meninggal pada 9 mei 1805. Frederick memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan puisi-puisi aliran romantis di Jerman. Selain Goethe, Ia juga dianggap sebagai pembangun kesusastraan di sana. Ia aktif membuat naskah-nskah drama yang pada umumnya berlatarbelakang sejarah dan polotik. Karya-karyanya mencerminkan idealisme dan prinsip etika yang tinggi. Ia juga aktif membela kebebasan melalui karyannya. Karya Frederick yang terkenal antara lain Wallenstein dan Don Carlos.


4. Penyerangan Armenia terhadap Azerbaijan
Tentara Armenia memulai serangannya ke Azerbaijan pada 9 mei 1992. Pertentangan antara kedua negara ini berakar dari keinginan etnis Armenia yang tinggal di kawasan Nagorno-Karabakh yang terletak di Azerbaijan untuk memerdekakan diri, sejak tahun 1923. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, konflik tersebut semakin meruncing atas campur tangan pemerintah Armenia. Pada tahun 1992, Armenia memulai invasinya ke Azerbaijan sehingga mengakibatkan tewasnya ribuan orang dan mengungsinya 1,4 juta orang. Meskipun pada tahun 1993 telah diadakan gencatan senjata, namun sebagian wilayah Azerbaijan masih diduduki Armenia dan konflik Nagorno-Karabakh hingga kini masih belum tuntas.

5. Jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100
Sobat blog mungkin masih ingat dengan kecelakaan Sukhoi Superjet 100 yang terjadi 1 tahun yang lalu tepatnya 9 mei 2012. Kecelakaan ini bermula ketika sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 menghilang dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandara Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Indonesia. Pada tanggal 10 Mei, reruntuhan Superjet Sukhoi terlihat di tebing di Gunung Salak, sebuah gunung berapi di provinsi Jawa Barat. Penyelamat menyimpulkan bahwa pesawat langsung menabrak sisi berbatu gunung dan bahwa "tidak ada peluang untuk hidup", mengingat bidang yang luas di mana puing-puing pesawat menabrak gunung.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment