5 Orang yang Dapat Membantu Saat Jiwa Anda Tertekan

Posted by on 2015-07-01 - 9:57 PM

Saat jiwa tertekan dan tidak ditangani dengan tepat, hal itu dapat menimbulkan hal yang fatal yaitu sakit jiwa. Saat seseorang mengalami sakit jiwa, maka ia akan cenderung tidak mampu mengontrol sebagian besar tindakannya. Tak jarang mereka yang sakit jiwanya akan melukai diri mereka sendiri. Hal tersebut tentu tak seorangpun ingin mengalaminya. 

Akan tetapi, tekanan dalam hidup yang terlalu besar dan terus menerus menekan jiwa dapat menjadi pemicu sakit jiwa. Untuk itu, pergi ke pihak yang tepat akan sangat membantu kita untuk mengetahui dan mengobati jiwa kita yang sakit secepat mungkin. Tentu saja tak sembarang orang dapat membantu mengatasi tekanan jiwa.

Berikut 5 orang yang bisa kita temui untuk mengatasi tekanan jiwa :
Orang Terdekat
Meski tidak memiliki keahlian dalam bidang kejiwaan, terkadang orang terdekat justru memiliki pengaruh yang besar dalam mengatasi tekanan jiwa seseorang. Dengan membuka diri untuk berbagi cerita dan meminta solusi pada orang terdekat, kita bisa mengurangi sedikit banyaknya tekanan dalam jiwa kita.

Hal itu karena seseorang cenderung akan merasa lebih nyaman berbagi dengan orang terdekat dan menerima nasihat atau masukan dari mereka. Orang terdekat bisa saja keluarga, orangtua, teman akrab, dan lain sebagainya yang membuat seseorang merasa nyaman untuk berbagi cerita dan kesedihannya.

Jika sobat mengalami tekanan jiwa yang membuat sobat merasa hancur, cobalah untuk mengingat seseorang yang mungkin bisa membantu sobat saat sobat berbagi cerita padanya. Cobalah membuka diri dengan orang terdekat sebelum terlalu jauh menghubungi ahli.

Tokoh Agama
Sama seperti orang terdekat, tokoh agama bisa dikatakan termasuk orang yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap sebagian orang yang mengalami tekanan jiwa. Hal itu karena tokoh agama biasanya akan bertolok ukur pada kitab dan ajaran agama dalam mengkaji permasalahan hidup yang mungkin menekan jiwa seseorang.

Tokoh agama tentu akan memberi solusi berdasarkan ilmu agama. Pendekatan kepada ilmu agama dan ibadah merupakan solusi terbaik yang akan kita peroleh saat kita mendatangi tokoh agama untuk mengatasi tekanan jiwa. Hal ini terkadang jauh lebih manjur daripada mendatangi seorang ahli kejiwaan karena pada umumnya tekanan jiwa yang kita alami tak lain adalah bersumber dari bagaimana keimanan kita dalam menjalani hidup.

Saat kita dapat memahami betapa pentingnya agama, maka kita akan mampu menghandle permasalahan yang kerap kali menekan kita. Jadi buat sobat yang merasa tak siap bertemu ahli kejiwaan, menemui tokoh agama seperti ustadz, guru mengaji, ataupun pendeta mungkin bisa menjadi solusi untuk sobat.

Psikolog
Psikolog adalah seorang ahli yang dilatih untuk memberikan konseling pada permasalahan jiwa seseorang secara profesional. Para psikolog juga menangani  pasien berdasarkan spesialisasi mereka. Spesialisasi psikolog antaralain psikolog manajemen stress, psikolog pernikahan, dan sex therapist.

Orang yang akan membantu anda saat anda tertekan
Umumnya, para psikolog tidak akan memberikan resep obat kepada pasien karena mereka tidak boleh melakukan hal tersebut. Mereka hanya akan memberikan konseling dan membantu memberikan solusi untuk menghilangkan tekanan jiwa seseorang.

Nah, buat sobat yang mungkin lagi stress dan merasa tidak sanggup mengatasinya seorang diri, mungkin sobat perlu segera mendatangi psikolog untuk membantu sobat. Cobalah untuk berbagi dan mempercayai seorang psikolog. Untuk itu, sobat sebaiknya mengecek bagaimana latar belakang psikolog yang ingin sobat datangi berkaitan dengan reputasinya dalam menangani pasien.

Psikiater
Berbeda dengan psikolog, psikiater merupakan dokter yang mempunyai spesialisasi dalam penanganan masalah mental, emosional, dan perilaku. Psikiater mungkin sangat tepat untuk seseorang yang sedang mengalami tekanan berat sehingga membuatnya kesulitan mengontrol diri terutama mental dan emosi yang tentu berpengaruh terhadap perilaku.

Jika psikolog tidak diperbolehkan memberi resep obat, para psikiater akan meresepkan obat dan membuat jadwal untuk terapi khusus bagi pasien jika memang dibutuhkan. Merasa mengalami gangguan jiwa atau memiliki orang terkasih yang sepertinya sedang bermasalah emosionalnya? Akan lebih baik jika sobat segera mengunjungi psikiater untuk mendapat pertolongan.

Pakar Psikoanalisis
Pakar psikoanalisis adalah seorang psikiater ataupun psikolog klinis yang telah dilatih untuk melakukan terapi psikoanalisis. Pada dasarnya, penyimpangan perilaku dan emosiaonal akibat tekanan jiwa dapat bersumber dari perasaan trauma masa kecil yang begitu mendalam sehingga membekas di alam bawah sadar.

Jika sobat mengalami ketidakpuasan dalam hidup dan merasa jiwa sobat begitu tertekan, mendatangi pakar psikoanalisis mungkin dapat membantu sobat.

Demikianlah sobat 5 orang yang tidak ada salahnya dicoba untuk meminta bantuan meringankan tekan jiwa. Yang penting, jangan pernah malu untuk mengakui, bagikan, maka semoga ada jalan keluar.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment