MENGHITUNG PERCEPATAN GRAVITASI DI PERMUKAAN

Posted by on 2013-10-12 - 3:47 PM

Salah satu prinsip yang harus diperhatikan dalam perhitungan percepatan gravitasi adalah jarak (R) diukur dari pusat benda yang memberi gaya (tempat dimana suatu benda diletakkan). Oleh karena itu percepatan gravitasi di permukaan dimana jarak merupakan jari-jari akan berbeda dengan percepatan gravitasi pada ketinggian tertentu di atas permukaan.

Secara matematis, besarnya percepatan gravitasi di permukaan suatu benda yang memiliki massa sangat besar adalah perbandingan antara massa dan kuadrat jari-jarinya dikali dengan kosntanta gravitasi. Percepatan inilah yang akan dialami oleh suatu benda lain yang berada di atas permukaannya.

Percepatan gravitasi yang dialami oleh suatu bergantung pada jarak antara benda dengan pusat gravitasi, dalam hal ini pusat bumi. Semakin tinggi suatu benda dari permukaan bumi, maka akan semakin berkurang percepatan gravitasinya.

Percepatan gravitasi yang dialami suatu benda memberikan gaya gravitasi terhadap benda tersebut yang sering juga disebut dengan gaya berat yaitu perkalian antara massa benda dengan percepatan gravitasi di tempat ia diletakkan.

Dengan begitu, percepatan gravitasi dan gaya gravitasi tentulah memiliki hubungan yang erat. Besar percepatan gravitasi mempengaruhi gaya gravitasi yang dialami suatu benda.

Sesuai dengan hukum II Newton mengenai gaya yaitu F=ma, maka berat suatu benda yang berada di atas permukaan akan sama dengan gaya gravitasi yang dialaminya. Adapun hubungan keduanya dapat dilihat dari persamaan di bawah ini :



Jadi, percepatan gravitasi di permukaan (bumi/planet) adalah :

Keterangan :
g = percepatan gravitasi di permukaan 
G = konstanta gravitasi 
M = massa (kg)
R = jari-jari (m)



Contoh :
1. Hitunglah percepatan gravitasi bumi jika massa bumi, M = 5,98 x 10^24 kg, jari-jari R = 6,38 x 10^6 m !

Jawab :

Catatan :
2. Percepatan gravitasi pada ketinggian h diatas permukaan (g')

Jika suatu benda diletakkan pada ketinggian h dari permukaan benda yang berjari-jari R, maka jarak benda dihitung dari pusat adalah R'. Pada ketinggian itu, percepatan gravitasi adalah........
Read More>>

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment