TATA SURYA DAN PENGELOMPOKAN PLANET

Posted by on 2015-05-16 - 8:08 PM

Tata surya adalah suatu sistem dengan matahari sebagai pusat sistem dan planet serta benda-benda antarplanet yang mengitari matahari pada orbitnya masing-masing. Benda antarplanet yang diketahui antaralain asteroid, komet, dan meteorit. Planet adalah benda gelap yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri layaknya matahari.

Planet memantulkan sebagian sinar matahari yang mengenainya sehingga benda itu dapat terlihat oleh mata. Saat ini ada delapan planet di tatas surya kita yang telah ditemukan dan dikenal. Planet-planet tersebut adalah merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.

Urutan planet dari yang terkecil hingga terbesar adalah sebagai berikut : Merkurius - Mars - Venus - Bumi - Neptunus - Uranus - Saturnus - Jupiter. Urutan planet dari yang terdekat hingga yang terjauh dari matahari adalah sebagai berikut : Merkurius - Venus - Bumi - Mars - Jupiter - Saturnus - Uranus- Neptunus.

Pengelompokan Planet

Planet-planet di tatasurya dapat dikelompokkan berdasarkan orbit bumi, berdasarkan orbit asteroid, dan berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya. 
  1. Berdasarkan orbit bumi
    Bumi merupakan planet ketiga terdekat dari matahari. Berdasarkan orbit bumi, planet dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu :
    1. Planet Inferior 
      Planet inferior adalah planet-planet yang orbitnya terletak di sebelah dalam orbit bumi atau di antara orbit bumi dan matahari. Planet yang termasuk planet inferior adalah planet Merkurius dan Venus.

      NoPlanetKelompok
      1MerkuriusInferior
      2Venus
      Bumi Sebagai Pembatas
      4MarsSuperior
      5Jupiter
      6Saturnus
      7Uranus
      8Neptunus

    2. Planet Superior 
      Planet superior adalah planet-planet yang orbitnya terletak di sebelah luar orbit bumi. Yang termasuk ke dalam planet superior adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

  2. Berdasarkan orbit asteroid
    Orbit asteroid berada di antara Mars dan Jupiter. Dilihat berdasarkan orbit asteroid, planet-planet dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu :
    1. Planet Dalam (Inner planet)
      Planet dalam adalah planet-planet yang orbitnya berada di sebelah dalam orbit asteroid. Yang termasuk planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

      NoPlanetKelompok
      1MerkuriusDalam
      (Inner)
      2Venus
      3Bumi
      4Mars
      Asteroid Sebagai Pembatas
      5JupiterLuar
      (Outer)
      6Saturnus
      7Uranus
      8Neptunus

    2. Planet Luar (Outer planet)
      Planet luar adalah planet-planet yang orbitnya berada di sebelah luar orbit asteroid. Yang termasuk planet luar aalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

  3. Berdasarkan ukuran dan bahan penyusun
    Berdasarkan ukuran dan bahan penyusunnya, planet-planet dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu :
    1. Planet Terrestrial
      Planet terrestrial merupakan planet kebumian yaitu planet-planet yang ukuran dan komposisi bahan penyusunnya mirip dengan bumi yaitu berupa bebatuan. Yang termasuk planet terrestrial adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

      NoPlanetKelompok
      1MerkuriusTerrestrial
      (Kebumian)
      2Venus
      3Bumi
      4Mars
      5JupiterJovian
      (Raksasa)
      6Saturnus
      7Uranus
      8Neptunus

    2. Planet Jovian
      Planet Jovian disebut juga planet raksasa yaitu planet-planet yang ukurannya besar dan komposisi penyusunnya mirip dengan Jupiter. Yang termasuk planet raksasa adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment