5 VERSI OPERATING SYSTEM (OS) ANDROID TERANYAR DAN TERPOPULER

Posted by on 2015-08-20 - 5:44 PM

Operating system (OS) atau sistem operasi merupakan seperangkat program yang mengolah dan mengoperasikan sumber daya perangkat (perangkat keras dan perangkat lunak) baik pada komputer maupun pada gadget pintar sehingga pengguna dapat menjalankan program aplikasi di komputer ataupun di gadget mereka.

Untuk pasar gadget, ada beberapa sistem operasi yang digunakan oleh beberapa vendor ternama misalnya Android, BlackBerry, Bada OS, webOS, Meego OS dan sebagainya. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Android merupakan salah satu sistem operasi yang berhasil mencapai kejayaan. Keberhasilan android terlihat jelas dengan semakin banyaknya gadget pintar berbasis android. Ketenaran android juga ditandai dengan runtuhnya kejayaan Blackberry yang sempat merajai pasar. Ya, jika anda adalah penggila gadget yang rajin mengikuti perkembangan, maka anda pasti ingat benar masa-masa kejayaan  Blackberry tersebut.

Dengan target smartphone berbasis linux, platform perangkat lunak yang dulu dibeli oleh Google ini mampu menjadi salah satu sistem operasi yang merajai pasar smartphone. Terbukti sistem operasi ini menjadi andalan beberapa vendor dan brand ternama seperti Samsung dan Sony. Keberhasilan android tentu merupakan hal yang sangat wajar mengingat Google merupakan salah satu perusahaan raksasa yang terus berinovasi di berbagai bidang terutama teknologi.

Ketika anda akan membeli sebuah smartphone atau gadget pintar, biasanya anda akan melihat brosur dan spesifikasi yang menjelaskan fitur-fitur unggulan beberapa smartphone. Salah satu point yang pasti ada dalam daftar tersebut tentulah versi sistem operasi yang diusung oleh smartphone tersebut. Untuk sebagian orang yang awam dengan dunia sistem operasi, mungkin akan bingung dan tidak terlalu memperhatikan spesifikasi tersebut apalagi bila disuguhkan pilihan yang terlalu banyak.

Biasanya, mereka yang tidak begitu paham, hanya akan melihat beberapa spesifikasi umum yang menurut sebagian orang menjadi bukti keunggulan produk misalnya ukuran pixel camera, bentuk dan warna body, kapasitas memori internal, dan fitur-fitur umum lainnya yang mendukung mereka untuk bisa eksis.

Sebaliknya, mereka yang paham betul mengenai gadget akan melihat berbagai aspek mulai dari versi sistem operasi yang diusung, kulaitas display dan layar, RAM, daya baterai, kecepatan prosesor, hingga hal-hal detail yang mungkin tidak akan diperhatikan kebanyakan orang.

Keunikan OS Android

Jika anda perhatikan, sistem operasi android memiliki beberapa versi yang diberi nama berdasarkan nama makanan. Tentu hal tersebut menjadi sesuatu yang unik. Mungkin tak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya nama-nama OS android tersebut diurutkan sesuai urutan abjad dimulai dari Cup cake, Donat, Eclair, Frozen Yogurt, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, dan yang terbaru Lollipop.

Ketika anda membeli smartphone berbasis android, maka anda akan melihat spesifikasi sistem operasinya apakah Jelly bean, KitKat, atau versi lainnya yang masih diedarkan. Berdasarkan statistik terakhir yang pernah dirilis, versi android yang paling banyak digunakan oleh pengguna gadget berbasis android adalah versi teranyar yaitu Jelly Bean dan KitKat. Sedangkan Lollipop yang masih terbilang baru belum begitu banyak digunakan.

Versi Terbaru Android 

Jika dilihat dari awal perilisan pada tahun 2008, maka versi sistem operasi android dimulai dari versi 1.0 dan disusul oleh versi 1.2 yang rilis pada maret 2009. Versi selanjutnya adalah versi 1.5 Cup Cake yang juga dirilis pada tahun 2009. Versi 1.5 sudah memiliki beberapa fitur pembaharuan seperti perekam dan pemutar video, modus kamera, upload media ke youtube dan picasa, serta beberap fitur unggulan lainnya.

Setelah versi 1.5 Cup Cake, android terus mengembangkan sistem operasinya sehingga dihasilkan versi-versi lainnya yang memiliki beberapa fitur tambahan. Android versi 1.6 Donut dirilis pada september 2009. Selanjutnya pada tahun yang sama, dirilis android versi 2.0/2.1 Enclair. Di tahun berikutnya android merilis android versi 2.2 Frozen Yogurt pada akhir bulan mei.

Setelah Frozen Yogurt, android merilis beberapa versi android teranyar yang menjadi versi android yang paling banyak digunakan berdasarkan statistika terakhir yang dirilis pada akhir februari 2015. Berikut 5 versi android teranyar yang menjadi versi terpopuler di pasaran :
  1. Android versi 2.3 GingerBread
    Android Gingerbread dirilis tahun 2010 dengan mengusung perubahan dan pembaharuan dari versi terdahulu. Beberapa keunggulan yang ditawarkan android GingerBread antaralain adanya peningkatan kemampuan dalam menjalankan permainan atau game, perbaharuan desain tatap muka pengguna yang lebih luwes, peningkatan fungsi copy paste, dan akurasi keyboard.

    android Gingerbread

    Android GingerBread disebut unggul dalam hal optimalisasi kinerja dan pembaharuan yang dilakukannya. Selain itu, android GingerBread juga mendukung format video VP8 dan WebM, serta ditingkatkan dengan tersedianya efek audio baru. Android Gingerbread juga telah mendukung penggunaan dual camera. Sebanyak 7,4% pengguna android menggunakan android Gingerbread.

  2. Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich
    Sebelum Ice Cream Sandwich, android terlebih dulu merilis android versi 3.1 Honeycomb yang dikhusukan untuk pengguna tablet. Android Ice Cream Sandwich (ICS) dirilis pada tahun 2011 dalam ajang Google Developer Conference yang digelar di San Fransisco.

    Android ice cream sandwich

    Android ICS digadang-gadang akan memiliki kinerja yang baik pada smartphone dan tablet. ICS membawa beberapa fitur unggulan yang ada dalam versi Honeycomb sehingga fitur-fitur yang awalnya dikhususkan untuk tablet juga dapat dinikmati dalam smartphone. ICS digunakan oleh hampir 6,5% pengguna android.

    Android ICS menawarkan beberapa fitur unggulan antaralain tampilan home screen yang flexibel (mempermudah beberapa kegiatan), akurasi ejaan keyboard, screen capture, notifikasi interaktif, multi tab browser hingga 16 tab, media sharing, peningkatan security, dan fasilitas hangout besutan google+.

  3. Android versi 4.x Jelly Bean
    Android Jelly Bean terdiri dari beberapa versi yang dirilis terpisah yaitu versi 4.1 Jelly Bean , versi 4.2 Jelly Bean dan versi update yang merupakan revisi kecil Jelly Bean sebelumnya. Android versi 4.x Jelly Bean dirilis tahun 2012.

    android Jelly Bean

    Pada awal perilisannya, android Jelly Bean yang diperuntukan untuk tablet digadang sebagai saingan utama windows 8 yang juga akan rilis pada tahun itu. Rumor tersebut beredar karena android Jelly Bean memungkinkan untuk digunakan di PC atau komputer. Jika digabungkan keseluruhan, pengguna android Jelly Bean mencapai 44% mengungguli android KitKat.

    Android Jelly Bean unggul dalam beberapa fitur tambahan seperti efek barrel rol pada browser, fitur google now, fitur quick reply pada notifikasi, konversi ucapan secara offline, fitur perintah suara, penyempurnaan face unlock yang sudah ada pada ICS, screenshot, dan pengaturan smart widget yang lebih mudah.

  4. Android versi 4.4 KitKat
    Android KitKat dirilis pada tahun 2013 dan hingga kini masih dianggap sebagai salah satu versi android yang tercanggih. Android Kitkat juga merupakan versi android yang paling banyak digunakan jika pengguna android JellyBean yang terdiri dari tiga versi tidak digabungkan. Berdasarkan data statistika terakhir, pengguna android KitKat mencapai 39,7%.

    Android KitKat

    Salah satu fitur unggulan android KitKat yang menarik adalah perbaikan sistem penyimpanan sementara pada pengunaan memori. Pada android KitKat, kinerja prosesor telah diminimalisir terhadap penyimpanan registry data sementara pada RAM dan secara langsung akan di tampung oleh kapasitas memori internal yang tersedia, sehingga loading prosesor akan terasa lebih ringan.

    Selain itu, android KitKat juga menawarkan perbaikan dan pembaharuan dari versi sebelumnya antaralain tampilan warna yang bersesuaian dengan wallpaper, Goggle now pada home screen, ukuran ikon yang mudah digunakan, menyediakan  mode luring untuk tampilan menu yang sederhana, fitur penghemat daya baterai, dan fitur support processor yang berkecepatan tinggi.

  5. Android versi 5.0 Lollipop
    Versi android yang terbaru adalah android versi 5.0 Lollipop. Versi ini pertama kali diumumkan pada ajang Google I/O 2014 dengan sebutan android L. Karena terbilang masih baru, pengguna android Lollipop juga masih terbilang sedikit. Dari statistik yang dirilis februari 2015 lalu, Lollipop hanya digunakan oleh 1,6% dari jumlah pengguna gadget berbasis android.

    Android Lollipop

    Android Lollipop mengembangkan beberapa fitur yang telah ada pada android Kitkat dan berusaha memperbaiki beberapa kekurangan yang masih ada pada versi terdahulu. Beberapa fitur unggulan android Lollipop antaralain tampilan interface yang lebih hidup dan responsif, pengaturan notifikasi yang lebih mudah dan flexibel, kemampuan integrasi ke banyak perangkat, fitur hemat baterai dan notifikasi tentang daya baterai, serta fitur smart lock untuk keamanan pengguna.
Sebagaimana desas-desus yang beredar, android Lollipop sepertinya tidak akan berlama-lama menjadi versi terbaru karena android versi 6.0 M yang disebut-sebut android Marsmallow akan segera dirilis pada akhir tahun ini. Preview android M ini sendiri sudah bisa dilihat di nexus 5.


Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment