5 APLIKASI ANDROID EDIT FOTO DENGAN EFEK KEREN DAN SIMPLE

Posted by on 2015-08-16 - 11:31 AM

Budaya selfie sepertinya masih terus menjamur di kalangan masyarakat. Tak hanya anak muda, orangtua pun sudah mulai ketularan. Meskipun sering kita dengar kejadian fatal yang terjadi akibat kebiasaan selfie, nyatanya kegiatan selfie tidak dapat dengan mudah dibendung. Bagi sebagian orang yang gila foto, kebiasaan selfie bahkan sudah menjadi rutinitas wajib setiap ada kesempatan.

Tak peduli apa kegiatannya dan di mana lokasinya, jika memang memungkinkan pasti mereka akan berselfie ria dan sebagian besar akan langsung menguploadnya ke media sosial yang sedang populer agar tetap eksis.

Jika anda adalah salah satu pendengar setia radio prambors, mungkin anda pernah mendengar iklan layanan masyarakat tentang media sosial, di mana seorang cewek terlalu terobsesi dengan dunia maya sampai-sampai dia tidak menyadari temannya yang tenggelam dan butuh pertolongan. 

Yang lebih parahnya, tuh cewek mala sibuk ambil foto dan update status tentang temennya yang tenggelam. Parah banget kan! Yah, agak berlebihan memang iklannya, tapi bisa saja kejadian itu benar-benar terjadi mengingat banyak orang yang lebih memilih eksis di dunia maya dan menjadi pasif di dunia nyata.

Oke, apapun itu saya yakin kita tidak akan separah itu karena kita sudah punya batasan-batasannya. Semoga! Well, seiring dengan menjamurnya budaya selfie, ada satu lagi kegiatan yang gak kalah menjamur dan mengikuti budaya selfie seperti bayangan.

Ya, edit foto! Agar terlihat perfect di media sosial dan mendapat banyak apresiasi positif dari netizen, tak jarang orang mengedit foto-fotonya terlebih dahulu sebelum diunggah meskipun terkadang justru mengundang hujatan.

Tentu saja tujuan utamannya adalah agar foto-foto yang tampil di akunnya merupakan foto terbaik yang kekurangannya telah disembunyikan rapat-rapat agar tidak menguap ke permukaan (widihh udah kayak acara silet). Hingga akhirnya semua orang dapat tampil bak selebritis dan hampir tanpa celah. It's perfecto!!

Ya, tidak ada salahnya memang. Itu manusiawi jika kita ingin tampil sempurna dan disanjung meskipun hanya sebatas dunia maya. Ups! Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin share ke teman-teman 5 aplikasi android untuk edit foto. Masing-masing aplikasi tersebut mempunyai kelebihan dan fitur-fitur yang saya rasa sudah sangat cukup untuk membantu kita mengedit foto.

Berikut 5 aplikasi edit foto yang saya rekomendasikan :
  1. SketchGuru
    Mari kita mulai dari yang paling sederhana. Untuk urusan mengubah foto menjadi sketsa, saya rekomendasikan aplikasi SketchGuru. Aplikasi ini membantu kita mengubah foto menjadi sketsa dengan langkah yang sangat mudah. Tinggal jalankan aplikasinya, pilih foto, dan pilih efek sketsa yang tersedia.

    aplikasi edit foto SketchGuru dengan efek keren

    Kita dapat mengambil foto langsung dengan kamera atau memilih foto dari galeri untuk kemudian diubah menjadi sketsa. Aplikasi SketchGuru menyediakan fitur sederhana berupa crop foto sebelum masuk ke menu editing.

    aplikasi edit foto SketchGuru dengan efek keren

    Selanjutnya kita akan disuguhkan beberapa pilihan efek untuk mengubah foto kita menjadi sketsa yaitu gouache, pencilsketch, colorpencil, crayon, watercolor, engraving, halftone, simplesketch, comicB&W, 8bit, blackboard, print, dan B&W.

  2. Moment Selfy
    Fitur-fitur yang ada di aplikasi SketchGuru tentu tidak memenuhi semua kebutuhan kita. Untuk kreasi sederhana lainnya saya rekomendasikan aplikasi Momen Selfy yang menyediakan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh SketchGuru.

    Salah satu kelebihan yang menurut saya menarik dari aplikasi ini adalah kita bisa mengedit foto dengan beberapa pilihan efek yang mudah digunakan sekaligus dapat menambahkan gambar bebas karya kita sendiri melalui fitur draw yang memungkinkan kita untuk menggambar sesuatu di atas foto kita.

    Moment Selfy menyediakan beberapa efek foto yang menarik mulai dari Clyde, Avenue, Haas, Arizona, Lucky, Dean, hingga Cruz. Kita hanya tinggal memilih salah satu efek yang hasilnya sesuai degan keinginan kita. Untuk itu kita harus kreatif dalam memilih efek sebab tidak semua gambar terlihat bagus dengan efek yang sama. Gambar A bagus di efek Lucky, belum tentu gambar B akan bagus dengan efek Lucky juga.

    aplikasi edit foto Moment Selfy dengan efek keren

    Pada fitur drawing, terdapat dua panel atau bar yang mudah digunakan. Bagian atas merupakan ukuran pencilnya sedangkan panel bawah merupakan warnanya. Kita dapat dengan mudah mensejajarkan ukuran dan warna yang kita inginkan sebelum menggambar.

  3. Photo Grid
    Untuk anda yang menginginkan fitur lebih dan suka mengelompokkan beberapa foto menjadi satu kertas, aplikasi PhotoGrid saya rasa dapat memenuhi kebutuhan anda. Dengan tatap muka sederhana, Photo Grid berisi 4 menu utama yaitu grid, photo editor, selfie cam, dan video slides.

    Untuk edit foto kita tinggal pilih menu photo editor, sedangkan untuk menyusun foto-foto (collage) kita dapat gunakan menu Grid. Sekarang mari fokus pada menu Editor. Setelah kita memilih menu photo editor, pilih foto yang ingin kita edit kemudian kita akan melihat beberapa fitur yang tersedia mulai dari layout, filter, background, text, hingga menu menambah image.

    aplikasi edit foto Photo Grid dengan efek keren

    Sama seperti Moment Selfy, aplikasi Photo Grid juga menyediakan fitur drawing. Anda dapat memilih menu filter untuk melihat beberapa pilihan efek seperti vintage, scenery, halo, dan B&W. Pada menu drawing, pilih warna dan ukuran pencil yang ingin anda gunakan untuk menggambar di atas foto anda.

  4. PicsArt
    Efek foto yang tersedia pada 3 aplikasi sebelumnya memang sudah cukup banyak tapi jika itu pun masih kurang memuaskan, anda bisa mencoba aplikasi PicsArt yang menyediakan beberapa pilihan efek yang lebih banyak.

    Pada tatap muka PicsArt, tersedia lima menu utama yang sudah sangat jelas fungsinya yaitu effects (untuk memberi efek pada foto), edit (untuk mengedit foto termasuk efek, adjust, dan fitur lainnya), collage (untuk menyusun foto), camera, dan  menu draw (untuk menggambar).

    Pilih menu edit untuk mengedit gambar dan akan ada beberapa pilihan menu mulai dari tool, effect, border, draw, sticker, hingga frame dan callout. Untuk memberikan efek pada foto, pilih menu effects maka akan ada beberapa pilihan efek seperti Fx, blur, artistic, pop art, paper, distort, colors, dan corrections.

    aplikasi edit foto PicsArt dengan efek keren

    Jika anda memilih menu draw, maka akan ada beberapa alat yang memungkinkan anda untuk tidak hanya menggambar objek bebas, tetapi juga menggambar bentuk-bentuk khusus (sejenis auto shape) yang tersedia mulai dari segitiga, lingkaran, bintang, petir, bentuk hati, dan sebagainya. 

  5. Camera360
    Aplikasi terakhir yang saya rekomendasikan adalah Camera360. Bagi raja dan ratu selfie tentu aplikasi ini tidak asing lagi bagi mereka. Sebenarnya masih banyak aplikasi sejenis yang juga populer misalnya sebut saja CameraB612, tapi pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas Camera360.

    Camera360 menyediakan banyak fitur yang saya rasa dapat memenuhi berbagai kebutuhan kita dalam mengedit foto. Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang fungsinya menyerupai aplikasi komputer sekelas Photoshop.

    Pada halaman depan tatap muka Camera360 tersedia fitur selfie, effect camera, dan featured effect yang dapat kita gunakan untuk mengedit foto kita khususnya foto selfie. Jika kita pilih menu edit, maka ada beberapa pilihan menu mulai dari filter (berisi efek-efek keren yang dapat mengubah foto hingga tampak berbeda), portrait, blur, adjust, texture, hingga menu tint.

    aplikasi edit foto Camera360 dengan efek keren

    Pada menu filter tersedia beberapa pilihan efek seperti magic skin, light color, enhance, HDR, sketch, dan retro. Yang lebih menarik, pada menu texture kita dapat memilih beberapa tekstur yang tersedia untuk memperindah foto kita. Teksture yang tersedia antara lain gradient, flare, leaks, grain, dan stage.
Demikianlah review beberapa aplikasi android untuk edit foto yang saya rekomendasikan, semoga bermanfaat. Jika anda belum memiliki aplikasi tersebut dan tertarik menggunakannya, anda dapat mendownloadnya di Play Store.


Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment