5 BENCANA ALAM BERSEJARAH YANG TERJADI PADA 17 AGUSTUS

Posted by on 2015-08-18 - 3:22 PM

Tujuh belas agustus merupakan tanggal yang sakral bagi Indonesia karena pada tanggal inilah kita merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah diperjuangkan mati-matian oleh para pahlawan. Penderitaan bangsa Indonesia selama ratusan tahun akibat ulah penjajah akhirnya berakhir dengan dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Dari kota hingga pelosok tanah air semua orang bergembira merayakan kemerdekaan. Selain upacara bendera memperingati jasa pahlawan yang gugur di medan juang, berbagai perlombaan pun digelar untuk memeriahkan HUT RI. Kegiatan tersebut dilakukan dari tahun ke tahun dan menjadi tradisi yang sudah mendarah daging. 

Masih seperti biasa, tahun ini rakyat Indonesia juga masih antusias memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada hari senin 17 agustus 2015. Semangat merah putih berkibar di mana-mana dan berbagai kegiatan sudah direncanakan dari beberapa hari sebelumnya. Well, meskipun tidak sesemarak tahun-tahun sebelumnya setidaknya tradisi berbagai daerah dalam merayakan hari kemerdekaan masih tetap terjaga.

Bagi kita yang lahir dan tumbuh di Indonesia, tanggal 17 agustus mungkin menjadi tanggal yang identik dengan perayaan karena tanggal tersebut mewakili awal kebebasan rakyat Indonesia dari penjajahan. Namun tahukah anda jika bagi sekelompok orang di belahan bumi lainnya, tanggal 17 agustus merupakan waktu yang menimbulkan luka di hati mereka. Bagi segelintir orang yang terlibat, 17 agustus merupakan tanggal yang mengingatkan mereka pada bencana besar yang tak hanya menghancurkan harta benda tetapi juga sanak saudara mereka.

Bisa dibilang pada tanggal 17 agustus begitu banyak peristiwa bersejarah yang terjadi. Mulai dari pembukaan tempat wisata ternama di dunia, pertempuran pada perang dunia I dan II, peristiwa pembantaian tahanan perang Amerika, krisis finansial Asia, hingga pembukaan Liga Inggris BPL musim 2013/2014 pada 17 agustus 2013 yang lalu. Dari segelincir peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut, terdapat 5 peristiwa bencana alam dan kecelakaan yang menyebabkan kerusakan dan kematian dan meninggalkan duka yang mendalam.

Berikut kami rangkum 5 bencana alam bersejarah yang terjadi pada tanggal 17 agustus :

Bencana badai 17 agustus 1915
Pada tanggal 17 agustus 1915 mungkin menjadi hari yang mencekam bagi mereka yang menetap di daerah Galveston, Texas. Pada hari itu badai kategori 4 menerjang Galveston dengan angin berkecepatan 217 km/jam. Dengan kecepatan seperti itu tentu badai tersebut mengakibatkan kerusakan yang parah.

Badai katgori 4 merupakan badai yang memiliki kecepatan 209 - 251 km/jam. Badai kategori 4 dapat merusak rumah-rumah penduduk dan sangat berpotensi untuk menyebabkan pepohonan dan tiang listrik tumbang. Rumah penduduk dengan konstruksi yang baik akan mengalami kerusakan yang parah pada bagian atap bangunan.

Tumbangnya pohon akibat badai kategori 4 cenderung mengakibatkan terisolasinya daerah tertentu sehingga sulit untuk mengevakuasi korban. Badai jenis ini juga dapat menyebabkan listrik padam dalam hitungan minggu atau bahkan bulan. Akibatnya akan dibutuhkan waktu yang lama untuk pemulihan sehingga banyak daerah yang tidak bisa dihuni dalam beberapa minggu.

Gempa bumi Yellowstone 17 agustus 1959
Gempa bumi Yellowstone merupakan peristiwa bersejarah yang menjadi cikal bakal terbentuknya danau Quake. Gempa berkekuatan 7,5 Mw tersebut terjadi di dekat danau Hebgen, Montana.

Badai Camille 17 agustus 1969
Tepat 10 tahun setelah bencana gempa bumi Yellowstone, terjadi bencana dahsyat yang menewaskan setidaknya 248 orang. Tepat pada 17 agsutus 1969, daerah pesisir Mississipi dilanda badai Camille kategori 5 yang mengakibatkan ratusan orang kehilangan sanak saudara. Kerugian akibat bencana ini mencapai $1,5 miliar.

bencana alam

Badai kategori 5 merupakan badai dengan kecepatan lebih dari 252 km/jam. Badai jenis ini tak hanya dapat merusak rumah penduduk tetapi juga dapat merobohkannya sehingga rata dengan tanah. Akibat badai ini banyak pohon dan tiang listrik yang tumbang dan mengakibatkan banyak daerah yang terisolasi dan tidak layak huni.

Gempa bumi Turki 17 agustus 1999
Pada 17 agustus 1999, berpusat di kota Izmit, sebuah gempa dahsyat berkekuatan 7,4 Mw melanda Turki Barat laut. Gempa tersebut merupakan salah satu bencana dahsyat sepanjang sejarah yang menelan korban hingga 18.000 orang.

earthquake

Kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut sangat besar sehingga meninggalkan duka dan trauma mendalam bagi keluarga yang berhasil selamat.

Kecelakaan bendungan Rusia 17 agustus 2009
Salah satu peristwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 17 agustus di abad ke-21 adalah kecelakaan yang terjadi di bendungan Sayano-Shushenskaya di Khakassia, Rusia. Bencana ini menyebabkan 75 orang tewas. Selain itu, bencana ini juga menyebabkan pembangkit listrik padam dalam waktu yang lama.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment