5 HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMBELI SMARTPHONE

Posted by on 2015-08-21 - 2:26 PM

Semakin bervariasinya smartphone yang beredar di pasaran memang seringkali membuat pembeli menjadi bingung. Masing-masing vendor dan brand menawarkan fitur-fitur unggulan dan mengklaim produk mereka sebagai produk terbaik di kelasnya. Wajar saja jika setiap produsen berusaha untuk menampilkan kelebihan-kelebihan mereka masing-masing. Itulah sebabnya, selalu ada beberapa fitur yang diklaim sebagai fitur terbaru yang lebih baik, padahal sebenarnya secara umum fitur-fitur tersebut mempunyai beberapa kesamaan dengan versi yang sudah ada. Hal tersebut adalah hal yang wajar karena memang seperti itulah industri teknologi bekerja. Tapi sayangnya, seringkali kelebihan-kelebihan yang ditawarkan tidak sesuai dengan fakta.

Ketika kita mendatangi suatu stan penjualan smartphone, tentu penjaga stan akan memaparkan beberapa keunggulan-keunggulan produk yang ditawarkannya. Tentu saja mereka hanya akan menjelaskan beberapa hal yang dianggap perlu dan dapat menarik perhatian pembeli. Seringkali pembeli terjebak pada situasi dimana mereka sama sekali tidak mengerti hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika hendak membeli smartphone sehingga mereka mudah terpengaruh.

Kebanyakan pembeli cenderung hanya melihat hal-hal umum yang menjadi fitur unggulan produk smartphone seperti jumlah dan kualitas kamera, kualitas speaker, koneksi internetnya, desain dan warna body, kejernihan layar atau display, kapasitas baterai dan sebagainya. Secara umum pembeli akan tergiur dengan smartphone yang dibekali dengan camera megapixel besar serta desain yang menarik. 

Kebanyakan pembeli memang fokus pada fitur-fitur yang ditawarkan seperti kamera, aplikasi media sosial, games, dan video sehingga cenderung lupa memperhatikan hal-hal penting yang sebenarnya merupakan penentu baik tidaknya kualitas smartphone tersebut. Bisa saja produk yang diklaim memiliki kamera 8 megapixel ternyata kualitas hasil jepretannya tidak jauh beda dengan kamera 2 megapixel.

Agar tidak salah pilih dan kecewa dengan smartphone yang baru saja kita beli, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal penting sebelum menentukan pilihan. Kualitas kamera, layar, dan display memang termasuk hal penting yang harus kita perhatikan, tetapi ada beberapa hal yang lebih penting yang harus kita dahulukan. 

Sebenarnya, sebelum kita membeli smartphone, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mereview beberapa produk yang ingin kita beli. Kita bisa mencari informasi mengenai kelebihan dan kelemahan produk yang ingin kita beli di internet dan mempertimbangkannya.

Berikut kami rangkum 5 hal penting yang harus diperhatikan saat membeli smartphone :
  1. Kapasitas Memori Internal
    Hal pertama yang sering menjadi pertimbangan ketika membeli smartphone adalah kapasitas media penyimpanan internal. Kapasitas memori internal akan mempengaruhi kinerja smartphone yang kita beli. Semakin besar kapasitas memori internalnya, maka kinerja smartphone akan lebih unggul.

    Agar kinerja smartphone anda tidak terganggu, sebaiknya pertimbangkan produk yang kapasitas memori internalnya besar. Saat ini banyak smartphone yang menggunakan memori internal dengan kapasitas 8 GB untuk menunjang kinerjanya, sehingga anda bisa menginstal banyak aplikasi tanpa menyebabkan performa smartphone menurun.

    Jika kapasitas memori internal kecil, kinerja smartphone tidak akan maksimal terlebih jika kita menginstal banyak aplikasi. Meskipun kita dapat memperluas penyimpanan dengan menggunakan memori eksternal microSD, tetapi perluasan tersebut tidak sepenuhnya membantu karena terdapat beberapa aplikasi yang tidak berfungsi jika disimpan di memori eksternal dan harus diinstal di memori internal.

  2. Kecepatan Prosesor
    Kinerja smartphone yang anda beli sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya kecepatan prosesor smartphone tersebut. Jika smartphone anda sudah dilengkapi dengan prosesor berkecepatan tinggi, maka kinerja smartphone anda akan lebih baik.

    Smartphone yang memiliki prosesor dengan kecepatan tinggi umumnya dapat menjalankan multitasking dengan baik. Kecepatan prosesor dinyatakan dalam satuan frekuensi yaitu Hertz. Agar kinerja smartphone anda baik, pertimbangkanlah produk dengan kecepatan prosesor 1 GHz atau lebih. Saat ini, smartphone android versi terbaru umumnya sudah support prosesor berkecepatan tinggi.

  3. Kapasitas RAM
    RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan sementara saat perangkat tengah dijalankan dan bisa diakses secara random alias dengan acak. Kinerja prosesor akan lebih baik jika didukung dengan kapasitas RAM yang besar.

    hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone

    Jika anda berharap dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dengan lancar, maka pertimbangkanlah untuk membeli produk yang kapasitas RAM nya besar. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka kinerja smartphone juga akan lebih optimal.

  4. Versi Sistem Operasi
    Sistem operasi merupakan hal penting yang harus anda perhatikan ketika membeli smartphone. Pastikanlah bahwa produk yang ingin anda beli sudah menggunakan sistem operasi terbaru yang memiliki keunggulan memadai agar kinerja smartphone anda juga mumpuni.

    Jika anda membeli smartphone berbasis android, maka sistem operasi android yang paling terbaru adalah android versi 5.0 Lollipop. Versi terdahulu yang masih diakui kecanggihannya dan banyak digunakan adalah android versi 4.0 KitKat dan android versi 4.x JellyBean.

    Salah satu alasan mengapa kita sebaiknya memilih smartphone dengan sistem operasi terbaru adalah karena versi terbaru menawarkan beberapa kelebihan yang lebih banyak, yaitu kinerja yang lebih baik, dukungan semua aplikasi terkini, peningkatan interface pengguna, stabilitas yang lebih baik, serta yang paling penting, keamanan yang lebih terjamin.

  5. Kapasitas Baterai
    Keborosan baterai memang menjadi salah satu masalah yang umum dihadapi oleh pengguna smartphone. Banyaknya aplikasi dan aktivitas cyber yang dijalankan membuat baterai sangat cepat habis. Hal ini sendiri masih terus dikembangkan oleh produsen smartphone agar dihasilkan smartphone dengan kapasitas baterai yang lebih besar dan hemat.

    Itulah sebabnya, ketika akan membeli smartphone anda harus memperhatikan kapasitas baterai yang digunakan. Karena seberapa keren pun fitur unggulan yang ditawarkan, jika kapasitas baterainya kecil, maka akan mengganggu kelancaran pengguna.

    Jika membeli smartphone, pertimbangkanlah produk yang kapasitas baterainya lebih besar karena kapasitas baterai yang besar akan membuat smartphone hidup lebih lama sehingga pengguna menjadi lebih puas. Meskipun cepat lamanya baterai habis tergantung pada pemakaian kita, tentu saja baterai dengan kapasitas besar lebih menguntungkan.

    Ponsel kelas menengah saat ini menggunakan baterai dengan kapasitas setidaknya 2.200 mAh atau lebih. Dengan penggunaan yang wajar dan perawatan yang benar, maka baterai dan smartphone yang anda gunakan akan lebih awet. Jika anda dapat menggunakan smartphone lebih lama tanpa terganggu oleh habisnya baerai, tentu anda akan lebih eksis.
Demikianlah hal-hal penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli smartphone. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, anda juga bisa menyesuaikan keuangan anda dengan spesifikasi smartphone yang akan anda beli sehingga meskipun badget anda tidak besar setidaknya anda dapat memilah-milah produk mana yang lebih baik.


Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment