MENGENALI KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH SAYUR BERDASARKAN WARNANYA

Posted by on 2015-08-19 - 12:32 PM

Anda pasti sering mendengar ungkapan bahwa penampilan luar sedikit banyaknya mencerminkan keperibadian atau bagian dalamnya. Meskipun tidak baik jika menjudge sesuatu dari covernya, rasanya ungkapan tersebut sangat tepat untuk menggambarkan buah dan sayur yang kita konsumsi sehari-hari. Sifat tampak yang bisa kita amati pada buah dan sayur secara umum menjelaskan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Sifat tampak yang paling jelas adalah warna. Perbedaan warna buah dan sayur yang bervariasi terjadi karena masing-masing mengandung zat gizi yang berbeda-beda.

Seperti yang kita ketahui, warna yang dimiliki oleh buah dan sayur dihasilkan oleh pigmen atau zat warna tertentu. Selain zat warna, sayur dan buah juga mengandung zat tertentu yang selaras dengan warnanya. Warna buah dan sayur seolah menjadi petunjuk tentang kandungannya.

Warna-warna yang sama secara umum mengandung zat gizi yang serupa sehingga buah atau sayur yang memiliki warna sama memiliki beberapa manfaat yang sama pula. Oleh karena itu, biasanya kita dapat mengenali manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya, misalnya sayur dan buah berwarna kehijauan bagus untuk menjaga kesehatan mata dan daya ingat.

Para pakar gizi tentu benar-benar paham bahwa warna bukanlah hanya sebagai pelengkap penampilan yang membedahkan satu makanan dengan makanan lainnya, tetapi juga menjadi tolak ukur kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Adanya kesamaan kandungan nutrisi pada buah atau sayur yang warnanya sama memberi keuntungan tersendiri untuk manusia misalnya kita bisa menggantikan sayur tertentu dengan sayur lain yang kandungannya sama jika sayur yang kita butuhkan cenderung sulit ditemukan. 

Fungsi pengganti juga berlaku pada buah-buahan yang memiliki warna sama. Misalnya dalam upaya memelihara kesehatan mata kita dapat mengkonsumsi blewah yang kaya akan betakaroten. Tetapi jika anda tidak begitu menyukai rasa dan aroma blewah anda bisa menggantinya dengan buah mangga yang juga mengandung betakaroten yang bagus untuk kesehatan mata.

Berangkat dari kesamaan tersebut, maka tidak ada salahnya jika kita mempelajari dan memahami beberapa buah dan sayur yang memiliki fungsi sama. Berikut kami sajikan informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah atau sayur berdasarkan warnanya :
  1. Ungu atau merah tua
    Secara umum, buah dan sayur yang berwarna ungu atau merah tua memiliki kandungan anthocyanin. Antosianin merupakan pigmen larut air yang memberikan warna pada bunga, buah, dan sayur. Kandungan antosianin dalam sayur dan buah berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah.

    manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya

    Sebagai antioksidan, buah dan sayur berwarna ungu atau merah tua dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Rajin mengkonsumsi buah dan sayur jenis ini akan membantu menjaga kesehatan jantung. Sayur dan buah yang berwarna ungu atau merah tua antaralain blue berries, anggur, kol ungu, cabai, apel merah, bawang merah dan sebagainya.

  2. Merah
    Buah dan sayur yang berwarna merah mengandung senyawa lycopene yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan kanker. Lycopene banyak ditemukan dalam tomat. Selain sebagai antioksidan, lycopene memiliki beberapa manfaat lain diantaranya mencegah pengerasan pembuluh darah, mengurangi pembengkakan prostat, mengurangi resiko sakit jantung, melindungi mata dari katarak, dan sebagainya.

    manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya

    Perempuan yang rajin mengkonsumsi tomat memiliki resiko kanker payudara yang lebih kecil karena kandungan lycopene dalam tomat dapat membantu mengurangi resiko kanker. Selain tomat, buah dan sayur berwarna merah yang mengandung lycopene adalah jambu bol, semangka, bayam merah, dan sebagainya.

  3. Kuning-jingga
    Pada sayur dan buah yang berwarna kuning-jingga ditemukan senyawa betakaroten. Betakaroten merupakan pigmen alami yang dikonversi menjadi vitamin A . Betakaroten sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, merawat kesehatan kulit, menjaga kesehatan paru-paru, tulang, meningkatkan sistem imun, dan membantu pembentukan protein.

    Buah dan sayur berwarna kuning kaya akan vitamin A dan vitamin C yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C membantu menjaga daya tahan tubuh. Buah dan sayur berwarna kuning-jingga antaralain wortel, mangga, labu, blewah, markisa, pisang, semangka, pepaya, nenas, jeruk, dan sebagainya.

  4. Hijau atau kuning kehijauan
    Buah dan sayur yang berwarna hijau atau kuning kehijauan secara umum bagus untuk kesehatan mata dan daya ingat. Sayuran hijau mengandung isothiocyanate, sulforaphone dan indole yang mampu merangsang enzim-enzim di hati untuk melawan kanker. Sayur berwarna hijau misalnya bayam, kangkung, singkong, sawi, dan sebagainya.

    manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya

    Sayuran dan buah yang berwarna kuning-kehijauan memiliki kandungan lutein dan zea xanthin yang dapat membantu memperlambat terjadinya katarak. Zat tersebut juga mampu memperlambat penurunan daya penglihatan. Sayur dan buah berwarna kuning kehijauan antaralain jagung, alpukat, buncis, kacang polong, melon, dan sebagainya.

  5. Putih
    Sayuran berwarna putih mengandung zat anti tumor berupa allicin. Allicin banyak dijumpai dalam bawang putih. Kandungan tersebut merupakan salah satu alasan mengapa bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, penggunaan bawang putih dalam bumbu dapur bukan hanya karena aromanya yang sedap tetapi juga karena khasiatnya yang melimpah.

    manfaat sayur dan buah berdasarkan warnanya

    Sayuran berwarna putih kehijauan mengandung mengandung flavonoid yang melindungi sel dari kerusakan. Beberapa contoh sayuran ini antaralain taoge, asparagus, daun bawang, seledri, dan sebagainya.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment