5 KHASIAT PAPRIKA MERAH UNTUK MENJAGA KESEHATAN TUBUH

Posted by on 2015-08-16 - 12:43 PM

Paprika (Capsicum annuum) merupakan pelengkap sayuran yang memiliki rasa menyerupai cabai. Meski tidak sepedas cabai, paprika merah mempunyai aroma yang segar sehingga mampu membangkitkan selera. Paprika kaya akan vitamin A, vitamin B1, B2, B6, vitamin C, dan vitamin E.

Paprika merah merupakan jenis paprika yang paling banyak mengandung vitamin C. Selain kaya akan vitamin, paprika juga mengandung zat besi, karbohidrat, posfor, beta karoten, asam folat, kalsium serta beta-cryptoxanthin yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Banyak khasiat paprika merah yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi paprika sangat baik untuk kesehatan karena tidak hanya kaya akan vitamin yang bervariasi, paprika juga rendah kalori sehingga tidak perlu khawatir akan berlebih kalori sekalipun menambahkannya dalam masakan dalam jumlah yang cukup banyak.

Berikut lima manfaat dari paprika yang bisa kita peroleh jika rajin mengkonsumsi paprika khususnya paprika merah :

Paprika dapat menjaga daya tahan tubuh
Paprika merah mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam paprika merah dapat membantu memelihara kesehatan sistem imun sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Paprika melindungi tubuh dari radikal bebas
Paprika merah merupakan antioksidan yang baik untuk melawan pengaruh buruk dari radikal bebas. Kandungan phytochemicals dan carotenoids dalam paprika merah dapat menjadi antioksidan yang melindungi tubuh. Selain itu, paprika merah juga dapat mencegah pembengkakan tubuh. Paprika merah juga mengandung sulfur yang berperan dalam melawan jenis kanker tertentu.

Paprika dapat menurunkan kolesterol jahat
Buat anda yang bermasalah dengan kolesterol, paprika merah bisa menjadi alternatif santapan anda. Paprika merah mengandung capsaicin yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, capsaicin juga sangat baik untuk mengatasi diabetes, dan mengurangi rasa sakit akibat adanya pembengkakan.

manfaat paprika merah

Jika anda rajin mengkonsumsi paprika, maka kandungan serat dalam paprika dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung. Selain itu, paprika juga mengandung vitamin C, B6 dan asam folat yang  dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Paprika membantu meredakan nyeri
Kandungan capsaicin dalam paprika juga berkhasiat untuk meredahkan rasa nyeri karena kandungan capsaicin dapat menghalangi aliran rasa sakit dari kulit ke sumsum tulang belakang. Jika anda menglami luka memar atau keseleo, maka mengkonsumsi paprika dapat membantu anda mengurangi rasa sakit.

Paprika menjaga kesehatan kulit dan mata
Kandungan vitamin A, C dan E pada paprika membantu kita menjaga keremajaan kulit. Karena paprika merah mengandung lebih banyak vitamin C dari paprika lainnya, maka akan lebih baik jika kita rajin mengkonsumsi paprika merah. Dengan asupan vitamin A, C, dan E yang seimbang kesehatan kulit akan senantiasa terjaga.

Tak hanya berkhasiat untuk meremajakan kulit, paprika merah juga sangat baik untuk kesehatan mata karena selain mengandung vitamin A yang baik untuk mata, paparika juga mengandung enzim lutein yang mampu melindungi mata dari katarak di usia senja.

Untuk mendapatkan khasiat kecantikan kulit yang terawat, kita hanya perlu mengkonsumsi paprika secara teratur. Dengan rajin mengkonsumsi paprika, kandungan yang terdapat dalam paprika akan menjaga kesehatan dan menutisi kulit kita dari dalam tubuh. 
 
Demikianlah info 5 khasiat paprika merah untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.


Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment