5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMBELI SMARTPHONE SEKEN

Posted by on 2015-09-08 - 10:42 AM

Perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat memang membawa beberapa keuntungan positif yang dapat dirasakan oleh banyak kalangan dari berbagai bidang profesi. Kemudahan dalam aspek informasi dan komunikasi menjadi salah satu keuntungan yang secara nyata dapat kita rasakan. Jika kita lihat ke belakang, ketika akses internet masih begitu sulit maka rasanya wajar jika kita begitu terbantu dengan adanya teknologi smartphone yang relatif terjangkau.

Tak hanya produk baru, sebagian pengguna smartphone juga suka membeli smartphone seken atau bekas dengan tujuan menekan biaya pengeluaran. Tujuan tersebut didukung dengan semakin banyaknya media-media online yang mempermudah kegiatan jual beli secara online.

Seperti yang kita tahu, saat ini begitu banyak toko online yang menawarkan produk-produk smartphone baik produk terbaru maupun produk seken. Produk seken memang menjadi salah satu alternatif ketika badget yang dimiliki pembeli tidak mencukupi untuk membeli produk yang baru.

Selain karena harganya reatif lebih murah, adakalanya pembeli berharap menemukan produk seken yang tampilan dan kinerjanya masih sangat baik sehingga pembeli dapat merasakan kepuasan tersendiri. Apalagi kalau produk tersebut dijual secara mendadak dan dapat dinegosiasi.

Meskipun dengan harga yang relatif lebih murah, tentu kita harus memperhatikan berbagai aspek agar kita tidak tertipu. Idealnya tentu kita mengharapkan bahwa produk seken yang kita beli memiliki kualitas yang masih memadai. Dengan kata lain, biar murah tetapi tidak murahan.

Perhatikan Hal ini Saat Membeli HP seken

Secara umum, hal utama yang menjadi perhitungan pembeli dalam membeli produk seken adalah harga. Agar tidak tertipu, sebaiknya kita mengecek terlebih dahulu harga baru dan harga pasaran untuk produk bekas yang akan kita beli.

Meskipun harga di setiap toko berbeda-beda, tetapi setidaknya kita bisa melihat harga standar yang layak. Saat ini banyak media ataupun situs yang khusus memberikan informasi mengenai harga-harga produk. Dengan demikian, anda dapat memberi penawaran dengan harga yang standar.

Selain harga, berikut kami rangkum 5 hal penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli smartphone seken :
Keaslian Produk
Keaslian produk dapat dilihat berdasarkan nomor IMEI. Pastikan bahwa perangkat smartphone yang anda beli asli dengan melihat nomor IMEI yang tertera di HP dan nomor IMEI pada kardus. Jika nomor IMEI tersebut sama, maka produk tersebut merupakan produk asli.

Untuk memastikan apakah smartphone yang dijual asli atau palsu, anda dapat mengecek nomor IMEI yang biasanya terletak di bawah baterai dan sesuaikan dengan nomor yang ada pada kardus. Anda juga dapat mengecek nomor IMEI dengan mengetik *#06#.

Umur Pakai
Lama pemakaian pihak pertama tentu menjadi hal penting yang harus kita pertimbangkan mengingat kualitas performa smartphone juga dipengaruhi oleh umur pemakaian. Secara umum, kinerja produk cenderung menurun dengan bertambahnya usia pemakaian.

Oleh karena itu, jika anda hendak membeli smartphone seken, tanya dan pastikanlah usia pemakaian kepada penjualnya. Sebaiknya jangan membeli produk seken yang sudah dipakai dalam waktu yang lama (lebih dari dua tahun) karena kinerjanya pasti sudah menurun.

Kondisi HP dan Baterai
Mengecek kondisi fisik smartphone yang ingin dibeli merupakan salah satu prosedur yang harus kita perhatikan. Amatilah secara seksama body HP dan pastikan bahwa smartphone yang ingin kita beli masih mulus dan tidak banyak goresan.

Goresan atau licet pada body HP bisa saja menjadi sebuah indikasi bahwa produk tersebut kurang terawat oleh pengguna sebelumnya. Bisa jadi produk tersebut sering terjatuh dan mengalami beberapa gangguan fungsi akibat benturan.

Untuk mengecek kondisi smartphone berbasis android, kita dapat melakukan pengetesan sederhana menggunakan kode-kode tertentu. Berikut beberapa pengetesan yang dapat kita lakukan :
KodeFungsi
*#*#0*#*#*Memeriksa kondisi LCD
*#2664#Memeriksa kondisi layar
*#2663#Melihat versi touchscreen
*#44336#Melihat versi operating system
*#0673#Memeriksa kualitas speaker
*#0842#Mengecek performa device
*#232337#Memeriksa koneksi bluetooth

Selain kondisi fisik HP, kondisi baterai juga harus kita perhatikan. Pastikan baterai smartphone yang akan anda beli merupakan baterai yang original karena kualitas baterai sangat mempengaruhi kinerja perangkat smartphone. Pastikan baterai dalam kondisi baik dan tidak menggelembung.

pedoman membeli smartphone bekas

Agar lebih aman, lakukanlah pemeriksaan terhadap kualitas baterai. Periksalah apakah baterai masih dapat mengisi daya dan dapat berfungsi secara normal. Jangan sampai setelah dibeli baterainya tidak bisa dicharge dan tidak mau mengisi.

Cek Signal
Hal lain yang tak kalah penting adalah sinyal. Jangan sampai smartphone seken yang anda beli tidak bisa menangkap sinyal dengan baik. Untuk itu, periksalah kualitas sinyal pada perangkat smartphone yang ingin anda beli. Anda dapat menggunakan kartu SIM yang sinyalnya paling kuat di wilayah anda.

Jika sinyal terlihat naik turun terlalu lama, kemungkinan besar penangkap sinyal pada smartphone tersebut sudah lemah. Jika sinyalnya lemah, lebih baik anda mencari alternatif lain karena untuk memperbaiki kerusakan penangkap sinyal dibutuhkan biaya yang cukup besar.

Kelengkapan
Kelengkapan merupakan salah satu faktor dalam penentuan harga. Tanyakan kelengkapan smartphone seperti kardus, charger, headset, kabel USB, buku panduan, nota pembelian, garansi jika masih ada, dan sebagainya. Biasanya kita dapat menawarkan harga yang lebih rendah jika produk yang dijual tidak lengkap.
Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli smartphone seken, semoga bermanfaat.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment