10 Khasiat dan Manfaat Kandungan Tomat Untuk Kesehatan

Posted by on 2016-09-21 - 7:01 PM

Teknokiper.com - Tomat (Lypersion esculentum) adalah tanaman berumur pendek yang hanya memproduksi dalam sekali periode dan setelah itu mati. Tomat merupakan jenis buah yang lebih sering dimanfaatkan sebagai sayuran. Tomat sudah menjadi bahan pelengkap bumbu dapur untuk memasak berbagai jenis makanan. Tomat digunakan sebagai bahan pembuatan sambal, sebagai pelengkap bumbu sup, sebagai jus, atau dimakan langsung. Meski lebih dikenal sebagai sayuran atau bumbu dapur, nyatanya tomat memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu khasiat kandungan buah tomat yang sudah tidak asing lagi adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Pada kesempatan ini, Teknokiper akan memaparkan ciri morfologi, kandungan, dan beberapa manfaat tomat bagi kesehatan.

Ciri Morfologi dan Kandungan Tomat

Tomat merupakan tanaman dari divisi spermtophyta yang masih satu famili dengan Solanaceae atau terung-terungan. Tanaman tomat cenderung lentur sehingga tidak dapat menopang batangnya sendiri. Oleh karena itu, tomat biasanya ditanam dengan menggunakan ajir sebagai alat bantu penopang pertumbuhannya.

Tanaman tomat memiliki batang berbentuk bulat dengan beberapa bagian cenderung berbentuk persegi empat. Batang tomat memiliki banyak cabang yang tidak beraturan dan berwarna hijau. Batangnya bersifat lunak tetapi cuup kuat untuk tetap tumbuh. Di sepanjang batang terdapat bulu atau rambut halus dan rambut kelenjar.

Sama seperti bantangnya, daun tanaman tomat berwarna hijau muda dan memiliki rambut halus. Daun tanaman tomat berbentuk oval dengan bagian tepi bergerigi dan letaknya saling berseling. Pada bagian tepi terdapat celah menyirip yang membentuk lekukan ke dalam. Daun tomat merupakan daun majemuk ganjil dengan lebar antara sepuluh hingga 25 cm.

Tanaman tomat memiliki akar tunggang yang dapat menembus kedalaman tanah. Akar tersebut juga dilengkapi dengan akar serabut yang menyebar di permukaan. Kombinasi antara akar tunggang dan akar serabut membuat bagian akar cukup kuat dan mendukung penyerapan nutrisi untuk tumbuh kembang tanaman.

Seperti tanaman Solanaceae pada umumnya, tomat juga memiliki bunga yang berukuran kecil dengan kelopak bunga berjumlah lima. Bunga tomat berwarna kuning cerah dengan corak hijau pada bagian pangkalnya. Bunga tomat merupakan bunga majemuk, berkumpul dalam rangkaian berupa tandan, bertangkai, dan memiliki mahkota berbentuk bintang yang sangat mencolok.

Manfaat buah tomat untuk kesehatan

Bentuk dan ukuran buah tomat cukup bervariasi, ada yang bulat ada pula yang lonjong, ada yang besar dan ada yang kecil. Buah tomat memiliki daging dan bagian kulitnya tipis, licin, dan mengkilap. Warna buah tomat ada yang kunin, jingga atau merah. Buah tomat memiliki banyak biji berbentuk pipih dengan warna kuning kecokelatan. Buah tomat dapat dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi masakan atau minuman.

Tomat merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan asam folat. Ketiganya merupakan zat nutrisi yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh. Tomat juga mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi tubuh seperti asam alfa lipoic, likopen, lutein, beta-karoten, kolin, dan sebagainya.

Asam alfa lipoic merupakan senyawa yang berkhasiat membantu tubuh mengubah glukosa menjadi energi. Beberapa peneltitian menunjukkan bahwa kandungan  asam alfa-lipoic dalam buah tomat dapat membantu mengontrol glukosa darah sehinga dipercaya baik untuk mengurangi resiko diabetes.

Selain itu, tomat juga mengandung likopen, yaitu zat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk menangal radikal bebas. Dalam tomat juga terdapat kolin yang merupakan nutrisi penting untuk membantu menjaga elastisitas otot, fungsi syaraf, mempertahankan struktur membran sel, mengurangi peradangan dan meningkatkan memori otak.

Baca juga : 10 Khasiatn Manfaat Tumbuhan Senggani Bagi Kesehatan.

Manfaat Kandungan Tomat Untuk Kesehatan

#1 Tomat untuk Menjaga Kesehatan Mata
Tomat merupakan salah satu sumber vitamin A yang paling mudah ditemukan. Vitamin A dapat ditmukan pada buah-buahan berwarna merah, sayuran hijau, wortel, hati, susu, dan minyak ikan. Kandungan vitamin A dalam buah tomat sangat bagus untuk memelihara kesehatan mata.

Mengkonsumsi buah tomat pada kadar yang dianjurkan dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin A sehingga mengurangi resiko gangguan mata yang terjadi akibat kekurangan vitamin A dan memuat mata menjadi lebih sehat.

#2 Tomat untuk Mencegah Kanker
Tomat mengandung senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker. Sebagai salah satu sumber vitamin C, tomat juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan Lycopene dalam tomat dipercaya dapat membantu mencegah kanker prostat. Selain itu, tomat juga mengandung senyawa beta-karoten yang juga bagus untuk menurunkan resiko kanker prostat pada anak muda. Serat tinggi yang berasal dari buah seperti tomat membantu menurunkan resiko kanker kolorektal.

#3 Tomat untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Selain bagus untuk menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A pada buah tomat juga bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk membantu mencerahkan kulit.

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan sehingga berkhasiat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, debu, dan membantu meningkatkan tekstur kulit sehingga kelmebutan kulit tetap terjaga.

#4 Tomat untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Tomat memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang terdapat dalam tomat dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium merupakan salah satu mineral yang berfungsi mengatur detak jantung sehingga jika dikombinasikan dengan diet natrium yang tepat dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler dan mengurangis risiko stroke.

#5 Tomat untuk Mencegah Sembelit
Sembelit adalah adalah kondisi medis yang ditandai dengan susahnya buang air besar atau berkurangnya intensitas buang air besar, yaitu kurang dari tiga kali dalam seminggu. Sembelit umumnya menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk buang air besar walaupun ia merasa ingin melakukannya.

Sembelit tidak boleh diabaikan karena jika sering terjadi dan diabikan, maka dapat menimbulkan resiko kanker usus. Untuk mengatasi atau mencegah terjadinya sembelit, kita membutuhkan makanan yang memiliki kandungan air dan serat tinggi seperti buah tomat. Kandungan serat dan air dalam tomat dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah dehidrasi.

Baca juga : 10 Khasiat Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan.

#6 Tomat untuk Mengurangi Resiko Hipertensi
Hipertensi adalah kondisi tekanan darah tinggi dan dapat mengakibatkan kondisi lain seperti penyakit jantung. Jika jumlah kolesterol baik jahat dalam tubuh lebih banyak dari jumlah kolesterol baik, maka akan memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Salah satu cara untuk mencegah menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium. Kandungan kalium dalam tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Selain itu, mineral dalam tomat juga membantu mengontrol jumlah kolesterol jahat yang beredar dalam darah.

#7 Tomat untuk Membantu Mengontrol Gula Darah
Kadar gula darah yang berlebih dapat menimbulkan diabetes. Salah satu manfaat kandungan tomat adalah membantu mengontrol gula darah. Kandungan kromium yang terdapat pada tomat berkhasiat untuk menyeimbangkan gula darah dalam tubuh sehingga mengurangi resiko diabetes.

#8 Tomat untuk Mengurangi Resiko Depresi
Depresi adalah kondisi yang ditandai dengan buruknya suasana hati yang menyebabkan seseorang merasa sedih, kesepian, putus asa, kehilangan motivasi, dan kehilangan ketertarikan terhadap sesuatu yang biasanya ia suka. Kondisi ini dapat berlangsung selama kurun waktu tertentu dan penderita akan cenderung menyalahkan diri sendiri.

Salah satu penyebab depresi adalah pembentukan hormon homosistein yang berlebih dalam tubuh. sehingga mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan. Kandungan asam folat dalam buah tomat berkhasiat untuk membantu mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh sehingga dapat mencegah depresi.

#9 Tomat untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan
Tidak hanya bagus untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam buah tomat juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sistem pembuangan air seni. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada tomat juga cukup tinggi sehingga baik untuk memelihara kesehatan organ pencernaan. Kandungan serat pada buah tomat juga memberikan efek kenyang lebih cepat sehingga mampu mengurangi asupan kalori berlebih.

#10 Tomat untuk Megatasi Jerawat
Tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam tomat juga berkhasiat untuk membantu mengatasi jerawat. Selain itu, tomat juga mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Anda dapat menggunakan masker tomat sebagai alternatif mengatasi jerawat.

Meski memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan, mengkonsumsi tomat harus dalam kadar yang wajar dan tidak boleh berlebih. Penderita penyakit tertentu juga mungkin tidak dianjurkan untuk mengkonsumi tomat sehingga perlu untuk meminta saran dokter. Selain itu, memastikan kebersihan tomat sebelum dikonsumsi adalah hal penting karena tomat termasuk buah yang paling banyak terkena pestisida.

Baca juga : 10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment