12 KHASIAT DAUN JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN

Posted by on 2016-09-08 - 4:28 PM

Teknokiper.com - Jeruk nipis dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya buahnya, daun jeruk nipis juga memiliki beberapa khasiat yang tidak kalah penting. Daun jeruk nipis biasanya digunakan sebagai tambahan dalam bumbu masakan untuk memberi aroma sedap pada masakan. Daun jeruk nipis juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat minyak wangi alami. Selain itu, daun jeruk nipis ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan dalam daun jeruk nipis dipercaya berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Sama seperti daunnya, bunga jeruk nipis juga berkhasiat untuk kesehatan. Apa saja khasiat daun jeruk nipis untuk kesehatan? Pada kesempatan ini, Teknokiper akan memaparkan kandungan daun dan jeruk nipis dan beberapa manfaat dari daun dan bunga jeruk nipis untuk kesehatan.

Struktur dan Kandungan Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis berwarna hijau dengan bagian atasnya berwarna lebih gelap. Daun jeruk nipis berbentuk oval dengan bagian pangkal daun membulat dan bagian ujung yang tumpul. Bagian tepi daun beringgit dengan tulang daun menyirip. Pada setiap buku-buku hanya terdapat satu helai daun.

Bunga jeruk nipis terdiri dari putik, benang sari, dan mahkota bunga. Daun mahkota berwarna putih berbentuk seperti mangkuk dengan tangkai putik berbentuk silindris. Bunga jeruk nipis dapat muncul di ketiak daun. Bunga jeruk nipis memiliki aroma harum yang dapat menarik perhatian lebah.

Sama seperti bunga dan buahnya, daun jeruk nipis mengeluarkan aroma khas yang sangat kuat. Aroma tersebut memberikan efek tenang sehingga dapat digunakan sebagai bahan relaksasi. Tiap helai daun jeruk nipis mengandung minyak esensial dengan aroma citrus dan sitronelal.

Manfaat daun dan bunga jeruk nipis untuk kesehatan

Salah satu kandungan dalam daun jeruk nipis yang terkenal adalah terpenoid yang dapat digunakan sebagai bahan larvasida alami. Daun jeruk nipis juga mengandung beberapa senyawa lain seperti vitamin C, asam amino, alkaloid,  dan steroid. Daun jeruk nipis memiliki banyak kandungan minyak seperti sabinen, talhinen, acetaldehyde, octano, myrcene, limonoida, cymeno, penen, trans ocimen, dan terpinen.

Baca juga : 15 Khasiat Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan.

Manfaat Daun dan Bunga Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Karena zat yang dikandungnya, daun dan bunga jeruk nipis memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Berikut 12 khasiat dari daun dan bunga jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

#1 Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan Pencernaan
Untuk menjaga kesehatan pencernaan, anda bisa mengkonsumsi segelas teh daun jeruk nipis. Teh daun jeruk nipis berkhasiat mencegah gangguan pencernaan yang timbul akibat masuk angin atau sakit perut. Minyak esensial yang terkandung dalam daun jeruk nipis bersifat aktif dan membantu membuat pencernaan menjadi lebih baik. Anda juga bisa menambahkan madu dalam teh daun jeruk nipis.

#2 Daun Jeruk Nipis untuk Mengatasi Kembung dan Mual
Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa penuh dan kencang. Perut kembung terjadi karena meningkatnya jumlah gas dalam saluran pencernaan, biasanya karena memakan makanan yang tidak perlu dimakan. Kembung dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Daun jeruk nipis dipercaya berkhasiat untuk mengatasi kembung dan mual. Daun jeruk nipis mengandung senyawa esensial dan aipgeni yang membantu memperbaiki produkksi gas di dalam lambung serta memberi efek tenang pada perut. Caranya, rebus daun jeruk nipis dan tambahkan ke dalam teh.

#3 Daun Jeruk Nipis untuk Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi akibat gigi berlubang merupakan masalah yang umum terjadi. Sakit gigi juga dapat muncul karena adanya karang dan pembengkakan gusi. Daun jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan gigi dan gusi.

Untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang anda juga bisa memanfaatkan daun jeruk nipis. Caranya, gunakan daun jeruk nipis muda untuk berkumur dan gunakan bagian pucuk untuk menutup bagian gigi yang berlubang.

#4 Daun Jeruk Nipis untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme seperti virus dan bakteri. Sistem kekebalan tubuh membantu melawan serangan penyakit.

Kandungan vitamin C yang tedapat pada daun jeruk nipis berkhasiat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid pada daun jeruk juga berperan sebagai antioksidn alami sehingga mengkonsumsi teh daun jaruk nipis dapat membantu menjaga kekebalan tubuh.

Baca juga : 12 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan.

#5 Daun Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Luka
Jika anda terluka karena terkena benda tajam, anda bisa memanfaatkan daun jeruk nipis untuk mengobatinya karena daun jeruk nipis mengandung senyawa yang dapat emmbunuh bakteri pada luka dan mempercepat pengeringan. Gunakan beberapa helai daun jeruk nipis yang amsih segar. Tumbuk daun tersebut hingga halus kemudian balurkan pada bagian kulit yang terluka.

#6 Daun Jeruk Nipis sebagai Larvasida
Larvasida adalah sejenis pestisida yang digunakan untuk mengendalikan larva atau jentik naymuk DBD sebagai lagkah asntisipasi untuk mencegah demam berdarah. Larvasida biasanya berbentuk butiran atau briket.

Larvasida kimia sintetik meninggalkan residu yang berdampak negatif bagi lingkungan. Oleh karena itu dibtuhkan bahan larvasida alami. Salah satu alternatif bahan larvasida alami adalah daun jeruk nipis.

#7 Daun Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Diare
Diare adalah penyakit atau gangguan sistem pencernaan yang ditandai dengan feses yang lembek dan cair serta desakan untuk buang air besar dalam selang waktu yang dekat. Diare bisa terjadi karena beberapa faktor sepeti pengaruh makanan yang kurang bersih, makanan pedas, masuk angin dan bakteri dalam usus besar.

Selain baik untuk mengatasi kembung dan mual, daun jeruk nipis juga berkhasiat untuk menymebuhkan diare. Caranya mudah yaitu dengan mengunyah daun jeruk nipis yang sudah dihancurkan terlebih dahulu. Untuk menghilangkan rasa pahit anda bisa menambahkan gula atau madu.

#8 Daun Jeruk Nipis sebagai Antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang mampu menghambat reaksi oksidasi sehingga menghindarkan sel sel dari radikal bebas. Antioksidan berfungsi menetralisir radikal bebas sehingga sel sel tubuh terhindar dari dampak buruk radikal bebas baik dari metabolisme tubuh maupun dari faktor luar.

Daun jeruk nipis mengandung zat anti oksidan yang cukup tinggi. Zat anti oksidan yang terkandung dalam daun jeruk nipis berkhasiat mengatasi penumpukan racun dalam tubuh. Meminum teh daun jeruk nipis dapat membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun.

Baca juga : 7 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan.

#9 Daun Jeruk Nipis untuk Menghambat Penuaan
Penuaan adalah suatu proses alami yang dialami tubuh yaitu menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya sehingga tridak dapat memperbaiki kekurangan yang didierita.

Selain bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, kandungan Vitamin C dari daun jeruk nipis juga berkhasiat sebagai antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.  Untuk menghambat kerutan dan penuaan, minum segelas teh daun jeruk nipis.

#10 Daun Jeruk Nipis untuk Mengobati Reumatik
Reumatik adalah penyakit atau gangguan pada sistem gerak yang ditandai dengan peradangan pada otot atau persendian sehingga menimbulkan rasa sakit terutama saat bergerak. Reumatik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.

Sebagai alternatif untuk mengobati reumatik, anda bisa memanfaatkan daun jeruk nipis. Caranya mudah, yaitu ambil beberapa helai daun jeruk nipis yang masih segar kemudian potong menjadi beberapa bagian. Gunakan daun tersebut untuk menggosok bagian sendi yang sakit dengan lembut.

#11 Daun Jeruk Nipis untuk Meringankan Gangguan Pernapasan
Gangguan pernafasan bisa terjadi karena alergi, peradanga, atau infeksi. Gangguan pernafasan yang disebabkan alergi ternyata dapat disembuhkan dengan daun jeruk nipis. Penggunaan daun jeruk nipis untuk meringankan gangguan pernapasan sudah dikenal sejak dahulu.

Untuk meringankan gangguan pernapasan akibat alergi, anda bisa memanfaatkan rebusan ekstrak daun jeruk nipis. Tambahkan madu untuk memberikan efek hangat pada tenggorokan dan saluran pernapasan sehingga dapat mengatasi rasa sesak dan nafas yang kurang lega.

#12 Bunga Jeruk Nipis untuk Mengatasi Insomnia
Insomnia adalah kondisi yang ditandai dengan kesulitan untuk tidur. Insomnia biasanya disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis seperti pengaruh stress, perasaan gelisah, dan sebagainya.

Bunga jeruk nipis berkhasiat untuk membantu menenangkan syaraf dan mengurangi ketegangan. Untuk mengatasi insomnia dengan bunga jeruk nipis, caranya cukup mudah yaitu ambil setengah genggam bunga jeruk nipis dan seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit gula dan teh dan minum selagi hangat sebelum tidur.

Baca juga : 12 Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment