15 KHASIAT BUNGA KEMBANG SEPATU UNTUK KESEHATAN

Posted by on 2016-09-06 - 8:29 AM

Teknokiper.com - Tanaman bunga sepatu atau kembang sepatu adalah tanaman hias yang kaya manfaat. Tanaman dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis L ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obata-obatan herbal. Salah satu khasiat kembang sepatu yang populer adalah dapat digunakan untuk menurunkan panas atau demam. Pada zaman dahulu, orangtua menggunakan kembang sepatu untuk menurunkan demam anak-anak. Bagian dari tanaman kembang sepatu yang biasa digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional adalah bagian akar, daun, dan bunganya. Selain digunakan sebagai tanaman hias dan bahan obat, bunga sepatu juga digunakan sebagai bahan semir sepatu. Pada kesempatan ini, teknokiper akan memaparkan beberapa manfaat kandungan dari tanaman bunga sepatu untuk kesehatan.

Tanaman kembang sepatu mengandung beberapa zat atau senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya senyawa flavonoid, gossy peptin anthocyani, dan glucoside hibiscin, itamin A, vitamin C, protein, kalsium, dan asam amino.

#1 Kembang Sepatu untuk Menurunkan Demam

Demam adalah kondisi medis yang ditandai dengan suhu tubuh melebihi suhu normal atau lebih dari 37o C. Demam biasa terjadi karena penyakit atau peradangan dan merupakan reaksi alami tubuh untuk melawan virus atau infeksi.

Bunga kembang sepatu sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi demam khususnya pada anak-anak. Kembang sepatu mengandung senyawa bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan panas atau demam pada anak.

Untuk menurunkan demam anak, anda bisa menggunakan bagian akar atau daun bunga sepatu. Air rebusannya bisa diminum atau dipakai sebagai kompres dan baluran ke seluruh tubuh. Air rebusan daun kembang sepatu juga efektif untuk menurunkan panas pada orang dewasa.

#2 Bunga Sepatu untuk Meredakan Sariawan

Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada mukosa atau pipi bagian dalam mulut yang ditandai dengan munculnya bercak putih kekuningan secara tunggal atau berkelompok. Sariawan menimbulkan rasa perih saat mengunyah atau menelan.

Manfaat bunga sepatu

Gejala yang umum dari sariawan adalah bibir pecah-pecah dan rasa panas seperti terbakar. Sariawan terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan penyebabnya antaralain stomatiti apthous karena luka sariawan, sariawan herpes simpleks karena infeksi virus herpes, dan sariawan iritasi karena iritasi pada bagian mulut.

Rebusan daun bunga sepatu berkhasiat untuk mengatasi sariawan dan gejala yang ditimbulkan berupa bibir pecah-pecah. Air rebusan dapat diminum langsung atau digunakan sebagai obat kumur.  Dengan meminum rebusan daun bunga sepatu, sariawan akan berkurang dan berangsur pulih.

Baca juga : 5 Khasiat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan.

#3 Kembang Sepatu untuk Mengobati Batuk

Batuk adalah respon alami dari tubuh sebagai salah satu sistem pertahanan pada saluran nafas jika ada gangguan dari luar. Batuk dapat terjadi karena pengaruh makanan atau minuman yang dikonsumsi, atau karena penyakit tertentu.

Selain dimanfaatkan sebagai obat sariawan, bunga kembang sepatu juga berkhasiat mengatasi batuk. Caranya cukup mudah yitu dengan cara merebus daun bunga sepatu, saring hasil rebusan, lalu minum air rebusan hingga batuk sembuh.

#4 Kembang Sepatu untuk Obat Sakit Kepala

Sakit kepala adalah kondisi medis yang ditandai dengan timbulnya rasa sakit yang berlebihan pada bagian sekitar kepala. Rasa sakit yang timbul akibat sakit kepala biasanya dapat hilang dengan sendirinya atau disembuhkan dengan mudah seperti meminum obat pereda sakit atau dengan meminum air hangat.

Sakit kepala dapat diatasi dengan ramuan herbal dengan memanfaatkan khasiat kembang sepatu. Caranya adalah dengan merebus daun bunga sepatu selama 30 menit. Air rebusan dapat dimimnu langsung atau digunakan sebagai kompress untuk menghilangkan sakit kepala.

#5 Bunga Sepatu untuk Mengobati Bronkhitis

Bronkhitis merupakan salah satu gangguan pada sistem pernafasan. Bronkitis adalah infeksi pada bronkus (saluran udara utama dari paru-paru) yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran udara itu.

Tanaman bunga sepatu dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati bronkitis. Untuk mengatasi bronkitis, kita bisa memanfaatkan bunga dari kembang sepatu. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara  merebus bunga sepatu secukupnya selama 15 menit. Saring airnya kemudian minum air rebusan tersebut.

#6 Kembang Sepatu untuk Mengobati Gondokan

Gondokan adalah kondisi medis yang ditandai dengan timbulnya pembengkakan di leher biasanya di bawah jakun atau laring. Gondokan terjadi karena kelenjar tiroid yang membesar. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang memproduksi hormon tiroid yang berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh.

Untuk mengatasi gondokan, kita juga bisa memanfaatkan bunga sepatu. Gunakan rebusan bunga sepatu atau teh yang terbuat dari kembang sepatu untuk meredahkan pembengkakan. Untuk bagian luar gunakan pasta atau bubuk hasil rebusan sebagai olesan.

Baca juga : 12 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan.

#7 Kembang Sepatu untuk Obat Gonorhea

Gonorhea atau penyakit kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Penyakit ini umum menjangkit pada pria maupun wanita.

Pengobatan gonorhea dengan ramuan bunga sepatu harus dilakukan secara intensif. Caranya cukup mudah yaitu cuci bersih bunga kembang sepatu secukupnya, lalu direbus selama seperempat jam. Saring airnya dan biarkan semalaman. Minum ramuan tersebut keesokan paginya.

#8 Kembang Sepatu untuk Mengatasi Pilek

Pilek adalah radang yang terjadi pada lapisan hidung dan tenggorokan. Peradangan tersebut menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Gejala yang timbul berupa nyeri tenggorokan, bersin-bersin, hidung tersumbat yang kemudian beringus, bahkan batuk-batuk.

Selain efektif untuk mengatasi demam pada anak-anak, bunga kembang sepatu juga berkhasiat untuk mengatasi pilek. Kelopak bunga sepatu mengandung vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh dan membantu melawan virus penyebab pilek.

#9 Bunga Sepatu untuk Mengatasi PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Gejala-gejala pramenstruasi dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehiduan wanita akibat emosional yang tidak stabil sehingga cenderung lebih mudah marah.

Rebusan daun bunga sepatu atau teh bunga sepatu berkhasiat untuk mencegah PMS (premenstrual syndrome). Khasiat teh bunga sepatu juga dapat mengurangi stres karena tubuh semakin relaks dan menambah energi. Selain itu, rebusan bunga sepatu juga berkhasiat melancarkan haid yang tidak teratur.

#10 Kembang Sepatu untuk Mengeluarkan Racun

Racun adalah segala zat atau senyawa dalam bentuk padat, cair, atau gas yang dapat membahayakan tubuh dan mengganggu proses kehidupan sel suatu organisme. Racun dapat menimbulkan rasa sakit, luka, hingga kematian.

Kandungan dalam tanaman bunga sepatu dipercaya sangat baik untuk mengelurakan racun dari daalm tubuh karena mendukung kinerja hati sebagai organ penawar racun di dalam tubuh. Teh yang terbuat dari kelopak bunga sepatu mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Baca juga : 5 Manfaat Kandungan Gizi Tahu Tofu untuk Kesehatan.

#11 Kembang Sepatu untuk Kesehatan Kulit

Nutrisi yang berperan membantu menjaga kesehatan kulit antaralain adalah vitamin. Empat vitamin esensial yang penting untuk kesehatan kulit antaralain vitamin A, vitamin C, vitamin B-kompleks dan vitamin E.

Kelopak bunga hibiscus mengandung vitamin A, vitamin C, protein, kalsium, dan asam amino yang berperan penting dalam proses peremajaan sel tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan minyak dalam kembang sepatu berkhasiat membersihkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus.

Bagian bunga kembang sepatu juga mempunyai sifat anti inflamasi yang berkhasiat membantu mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Caranyapun cukup mudah yaitu tinggal oleksan kelopak bunga sepatu yang sudah diremas ke bagian wajah dan leher.

#12 Kembang Sepatu untuk Menurunkan Berat Badan

Mendapatkan berat badan ideal adalah impian setuap orang. Memiliki berat badan yang berlebih akan menimbulkan obesitas dan memicu penyakit jantung. Berat badan berlebih biasanya terjadi akibat pola hidup dan asupan nutrisi.

Selain bagus untuk kulit, kandungan bunga sepatu juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Kandungan bunga sepatu yang rendah kalori dan tinggi serat sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Anda dapat meminum ebusan daun bunga sepatu atau teh bunga sepatu yang sudah dijual di pasaran.

#13 Bunga Sepatu untuk Mencegah Infeksi

Infeksi adalah kolonalisasi yang dilakukan oleh spesies asing terhadap organisme inang, dan bersifat paling membahayakan inang. Reaksi alami yang diberikan tubuh ketika mengalami infeksi adalah demam atau meningkatnya suhu tubuh.

Untuk mencegah infeksi, anda juga bisa memanfaatkan khasiat bunga sepatu. Daun kembang sepatu kaya vitamin C, mineral, serta antioksidan yang berkhasiat memberi perlindungan tubuh dari infeksi saluran pernapasan, asma, bronkhitis, dan batuk.

#14 Kembang Sepatu untuk Mengontrol Kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah harus dijaga agar tetap normal. Hiperkolesterol adalah suatu penyakit kelainan lemak yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol darah. Penyakit ini merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya jantung koroner.

Untuk mengontrol kadar kolesterol dalaam darah kita dapat memanfaatkan daun kembang sepatu sebagai ramuan herbal. Daun kembang sepatu mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kelopak bunga sepatu juga mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik.

#15 Kembang Sepatu untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut merupakan kondisi yang ditandai dengan mudahnya rambut rontok dari kulit kepala sehingga dapat menimbulkan kebotakan. Kondisi ini terjadi karena gangguan hormon, penggunaan bahan kimia, pengaruh zat makanan, alat penata rambut, dan sebagainya.

Sejak dahulu, kembang sepatu dipercaya berkhasiat untuk mencegah kerontokan rambut. Kandungan dalam kembang sepatu juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Daun bunga sepatu berkhasiat membuat rambut tetap hitam dan sehat.

Untuk menjaga kesehatan rambut, buat ramuan dengan cara mencampur bunga sepatu yang sudah dilumatkan dengan minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian kepala yang akan di obati. Setelah selesai minyak meresap pada rambut, bilas rambut dengan air bersih.

Baca juga : 5 Khasiat Paprika Merah untuk Kesehatan.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment