7 KHASIAT DAUN JAMBU BIJI UNTUK KECANTIKAN

Posted by on 2016-09-06 - 5:30 PM

Teknokiper.com - Jambu biji merupakan tanaman berbuah yang memiliki banyak manfaat. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi karena berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Dalam hal kecantikan, vitamin c yang terkandung dalam jambu biji juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Tak heran jika jambu biji menjadi salah satu buah-buahan yang digemari oleh banyak orang. Saat ini juga banyak produsen minuman yang menyediakan jus segar berbahan jambu biji untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Tak hanya buahnya, daun jambu biji juga memiliki khasiat yang tak kalah penting. Selain terkenal sebagai obat diare, daun jambu biji ternyata juga bagus untuk merawat kecantikan. Apa saja manfaat daun jambu biji untuk kecantikan? Pada kesempatan ini, teknokiper akan memaparkan beberapa khasiat dari daun jambu biji untuk kecantikan.

Struktur dan Kandungan Daun Jambu Biji

Jambu biji memiliki ujung daun yang tumpul sedangkan pangkal daun membulat (rotundatus). Pada umumnya warna daun pada sisi atas tampak lebih hijau licin jika di bandingkan dengan sisi bawah karena lapisan atas lebih hijau, jambu biji memiliki permukaan daun yang berkerut.

Daun jambu biji memiliki tulang daun yang menyirip dengan satu tulang induk yang melintang dari pangkal ke ujung. Dari tulang daun utama keluar tulang cabang yang menjalar ke arah kiri dan kanan membentuk susunan sirip pada ikan. 

Daun jambu biji digolongkan sebagai daun tidak lengkap karena hanya terdiri dari tangkai (petiolus) dan helaian (lamina) saja. Bagian terlebar dau jambu biji berada di bagian tengah serta memiliki bangun jorong dengan perbandingan dua banding satu.

Manfaat daun jambu biji untuk kencantikan

Sama seperti buahnya, daun jambu biji juga mengandung banyak zat yang sangat berguna bagi tubuh. Berikut beberapa kandungan pada daun jambu biji yang bermanfaat bagi tubuh dan kecantikan.

Baca juga : 12 Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan.

#1 Saponin
Saponin merupakan senyawa dalam bentuk glikosida yang tersebar luas pada tumbuhan tingkat tinggi. Saponin adalah senyawa aktif permukaan yang kuat dan menimbulkan busa bila dikocok dengan air. Beberapa saponin bekerja sebagai antimikroba dan antioksidan.

#2 Flavonoid
Flavonoid adalah senyawa yang terdiri dari 15 atom karbon yang umumnya dijumpai pada tumbuhan. Daun jambu biji mengandung senyawa flavonoid berupa quercetin yang bermanfaat sebagai antibakteri. Zat ini banyak ditemukan pada buah, sayur, daun, dan biji-bijian.

#3 Minyak Atsiri
Minyak atsiri adalah minyak yang berasal dari tanaman yang komponennya secara umum mudah menguap. Karena mudah menguap, minyak atsiri juga disebut dengan istilah minyak terbang (volatile oil). Minyak atsiri merupakan kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang dan memberikan aroma yang khas.

#4 Tanin
Tanin adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan. Senyawa ini bersifat pahit dan kelat serta dapat menggumpalkan protein, atau berbagai senyawa organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid. Tanin merupakan ubstansi yang tersebar luas dalam tanaman dan digunakan sebagai energi dalam proses metabolisme dalam bentuk oksidasi.

#5 Alkaloid 
Alkaloid adalah golongan senyawa basa yang memiliki nitrogen secara umum bersifat heterosiklik. Senyawa ini banyak ditemukan di alam yaitu berasal dari tumbuh-tumbuhan, hewan, dan mikroba. Alkaloid yang ditemukan di alam mempunyai efek fisiologis tertentu misalnya sebagai obat kejang, obat penenang, dan sebagainya.

Selain kelima kadnungan tersebut, daun jambu biji juga mengandung zat lain seperti kalsium, karbohidrat, asam guajavolat, asam mastinat, polifenol, karoten, steorid, kuinon, antioksidan, dan senyawa anti mutagenik.

Baca juga : 15 Khasiat Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan.

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan

Karena kandungan yang dimilikinya, daun jambu biji memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut tujuh manfaat atau khasiat daun jambu biji untuk kecantikan.

#1 Daun Jambu Biji untuk Mengobati Jerawat
Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan timbulnya bintik pada beberapa bagian bagian tubuh seperti wajah, leher, dan punggung.  Jerawat dapat timbul karena berbagai faktor seperti pengaruh hormon, minyak berlebih, pengaruh asupan nutrisi, kurang menjaga kebersihan wajah, dan sebagainya.

Jika anda mempunyai masalah jerawat maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan daun jambu biji sebagai obat jerwat alami. Daum jambu mengandung zat antiseptik yang bagus untuk membantu memerangi bakteri penyebab jerawat.

Untuk mengobati jerawat dengan daun jambu biji, caranya sangat mudah yaitu tumbuk atau haluskan beberapa helai daun jambu biji yang masih muda lalu oleskan pada bagian yang mengalami gangguan jerawat. Gunakan secara rutin agar wajah terhindar dari jerawat.

#2 Daun Jambu Biji untuk Mengurangi Komedo
Selain berkhasiat mengobati jerawat, daun jambu biji juga bagus untuk mengatasi komedo. Komedo adalah jerawat ringan yang muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Untuk mengatasi komedo, caranya masih sama dengan mengatasi jerawat, yaitu tumbuk hingga halus beberapa helai daun jambu biji yang masih muda kemudian oleskan pada bagian yang rentan terkena komedo. Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker untuk menghaluskan kulit wajah.

#3 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Kerontokan Rambut
Bagi seorang wanita, rambut adalah mahkota yang sangat berharga. Rambut menjadi faktor penting yang menunjang berbagai kegiatan. Mendapati rambut anda rontok atau putus adalah hal yang biasa selama jumlah rambut rontok masih dalam kategori wajar.

Jika kerontokan rambut anda sudah mulai berlebihan dan mengganggu, maka anda bisa mencoba ramuan alami dari daun jambu biji. Untuk mengatasi kerontokan, rebus beberapa helai daun jambu hingga mendidih. Setelah didinginkan beberapa saat, gunakan rebusan tersebut untuk memijat kulit kepala. Lakukan secara rutin hingga terlihat perubahan.

#4 Daun Jambu Biji untuk Meredakan Kulit Gatal
Gatal-gatal yang timbul pada bagian kulit dapat menimbulkan masalah bagi kecantikan anda terlebih jika gatal tesrebut meninggalkan bekas akibat garukan. Gatal pada kulit biasanya timbul karena alergi, yaitu respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengatasi gatal-gatal akibat alergi, anda bisa memanfaatkan daun jambu biji. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cara menggosokkan beberapa helai daun jambu biji yang masih segar pada bagian kulit yang gatal. Kandungan dalam daun jambu biji akan membantu menghilangkan rasa gatal.

Baca juga : 5 Khasiat Paprika Merah untuk Kesehatan.

#5 Daun Jambu Biji Sebagai Anti Penuaan
Penuaan (aging) adalah suatu proses menghilangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur serta fungsi normalnya sehingga tidak dapat memperbaiki kekurangan yang diderita. Meski penuaan berjalan secara perlahan, anda tetap harus menjaga kesehatan kulit agar tidak mengalami penuaan dini.

Pemakaian masker daun jambu biji segar atau daun jambu biji yang sudah dipanaskan terlebih dahulu secara rutin akan membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit sehingga dapat menghindari kulit kering dan keriput. Dengan demikian, kulit akan senantiasa sehat dan terlihat awet muda.

#6 Daun Jambu Biji untuk Menghilangkan Keriput
Keriput adalah proses alami yang akan dialami oleh semua orang. Seiring dengan bertambahnya usia, keriput di daerah wajah juag akan semakin terlihat. Bagi wanita dewasa, keriput adalah masalah utama yang harus dihadapi karena dapat mengurangi kecantikan seseorang.

Jika anda ingin mengurangi keriput di wajah, anda bisa menempelkan daun jambu yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada wajah anda. Cara ini berkhasiat mengurangi munculnya keriput karena adanya kandungan antioksidan pada daun jambu biji.

#7 Daun Jambu Biji untuk Mencerahkan Kulit Wajah
Agar dapat tampil cantik dan segar, anda perlu menjaga kelembaban kulit. Kelembaban kulit yang berkurang akan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Kulit kering dan kusam tentu akan menimbulkan masalah kulit dan menggangu kepercayaan diri anda.

Untuk menjaga kelembaban kulit, anda dapat memanfaatkan buah jambu yang kaya akan air. Sering mengkonsumsi buah jambu maka kulit kita akan tetap segar dan kenyal. Selain itu, adan juga bisa memanfaatkan daun jambu biji sebagai masker untuk menghaluskan kulit dan menjaga kelembaban kulit anda secara alami.

Baca juga : 5 Khasiat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment