12 KHASIAT DAUN JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN

Posted by on 2016-09-05 - 4:12 PM

Teknokiper.com - Jambu biji merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai banyak manfaat. Tidak heran jika banyak produk makanan dan produk obat-obatan yang memanfaatkan jambu biji. Tidak hanya buahnya, daun jambu biji juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu khasiat daun jambu biji yang paling terkenal adalah sebagai obat untuk penyembuhan diare. Penggunaan daun jambu biji untuk mengatasi gangguan pencernaan sudah ada sejak zaman dulu. Selain itu, daun jambu biji juga dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan lambung, sariawan, dan masuk angin. Daun jambu biji mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain asam psidoklat, asam guajaverin, asam oleanolat, minyak atsiri, vitamin C, flavonoid, minyak lemak, dan tanin. Pada kesempatan ini, teknikiper akan menjabarkan dua belas khasiat daun jambu biji untuk kesehatan.

#1 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Diare

Diare adalah salah satu penyakit atau gangguan pencernaan yang ditandai dengan kondisi feses yang terlalu lembek atau encer sehingga penderita selalu buang air besar biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam sehari. Penyakit ini timbul karena bakteri atau makanan yang terlalu pedas.

Daun jambu biji dikenal berkhasiat untuk mengatasi diare. Teh yang dibuat menggunakan daun jambu biji dapat membantu menghambat bakteri penyebab diare. Mengkonsumsi teh dari ekstrak daun jambu biji akan membantu meringankan nyeri perut akibat diare dan mengatasi kotoran yang terlalu encer.

Khasiat daun jambu biji untuk mengatasi diare sudah tidak diragukan lagi karena telah banyak penelitian yang membuktikannya. Beberapa produk obat-obatan juga menggunakan ekstrak daun jambu biji sebagai bahan untuk mengatasi diare misalnya diapet dan sebagainya.

Untuk mengatasi diare, kita bisa menggunakan 6 lembar daun jambu biji yang dihaluskan dan diseduh dengan secangkir air hangat. Peras dan minum airnya secara rutin 2 kali dalam sehari hingga sembuh.

Baca juga : 5 Khasiat Mahkota Dewa untuk Kesehatan Tubuh.

#2 Daun Jambu Biji untuk Mengontrol Kolesterol

Kolesterol adalah senyawa yang terdapat di antara lemak dalam aliran darah dan semua sel tubuh. Senyawa ini berstruktur lembek. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi medis yang ditandai dengan tingkat koleterol dalam darah melampaui kadar normal.

Sebuah studi yang meneliti manfaat daun jambu biji menunjukkan bahwa teh daun jambu biji dapat memebrikan perubahan yang ebrmanfaat bagi kadar kolesterol dan trigliserida. Mengonsumsi ramuan daun jambu biji secara teratur dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Khasiat daun jambu biji untuk kesehatan

Untuk membuat ramuan herbal sebagai pengontrol kolesterol anda bisa memanfaatkan rebusan daun jambu biji yang masih segar dengan tambahan daun ceramai dan daun sirih. Minum ramuan tersebut pada pagi dan malam hari.

#3 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang timbul karena kelebihan kadar gula dalam darah. Senyawa flavonoid yang terdapat dalam daun jambu biji berkhasiat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang khususnya setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji berkhasiat untuk menghambat kerja beberapa enzim yang berbeda, yaitu dengan cara mengubah karbohidrat dalam saluran pencernaan menjadi glukosa sehingga memperlambat penyerapan ke dalam darah.

sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central Institute pada tahun 2010 menunjukkan bahwa kandungan dalam daun jambu biji berkhasiat menstabilkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes melitus.

Baca juga : Mengenali Kandungan Gizi Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya.

#4 Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Salah satu penyebab serangan jantung adalah peyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah utama.

Selain berkhasiat untuk menjaga kadar gula dalam darah, daun jambu biji juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem peredaran darah khususnya untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurut sebuah studi laboratorium yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology”, senyawa dalam daun jambu biji berkhasiat untuk mengurangi tekanan darah dan detak jantung.

#5 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Maag

Maag adalah salah satu penyakit atau gangguan pada sistem pencernaan. Maag atau tukak lambung merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya luka pada bagian lambung yang menimbulkan rasa perih, sakit, dan mulas pada perut.

Tak hanya berkhasiat untuk mengatasi diare, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cara merebus 8 helai daun jambu biji segar dalam 1,5 liter air. Minum rebusan tersebut secara rutin tiga kali sehari.

#6 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Keputihan

Keputihan pada dasarnya merupaakn kondisi normal yang biasa dialami oleh wanita pada saat tertentu. Pada saat itu, organ kelam1n wanita akan mengeluarkan cairan yang bening, encer, dan tidak berbau. Keputihan menjadi suatu masalah jika terjadi secara berlebihan dan menyebabkan gatal.

Jika anda mempunyai masalah keputihan, anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus sekitar dua genggam daun jambu biji ditambah 7 helai daun sirih menggunakan segelas air. Saring hasil rebusan dan minumlah ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

#7 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Ambeien

Ambeien adalah kondisi medis yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah di sekitar anus dan bagian rektum bawah. Umumnya, penderita ambeien merasa tidak nyaman saat duduk atau saat buang air besar.
 
Jika anda menderita ambeien, anda dapat menggunakan daun jambu biji untuk mengobati ambeien. Caranya sangat mudah yaitu dengan menumbuk daun jambu biji yang masih muda bersama dengan sebuah pisang batu. Anda bisa meminum air perasannya secara rutin hingga sembuh.

Baca juga : 5 Manfaat Tanaman Bunga Asoka bagi Kesehatan.

#8 Daun Jambu Biji untuk Mengobati Luka

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Federal Technology Nigeria menunjukkan bahwa kandungan daun jambu biji berkhasiat untuk mengatasi luka memar. Penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan steroid dalam daun jambu biji dapat digunakan untuk meringankan luka sayat, memar, benturan, hingga lebam.

Penelitian lain menunjukkan bahwa daun jambu biji mengandung senyawa astringent yang bermanfaat untuk menghentikan pendarahan. Untuk menghentikan pendarahan pada luka, gunakan daun jambu biji segar yang telah dihaluskan secukupnya dan tempelkan pada bagian yang luka.

#9 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Demam Berdarah

Khasiat daun jambu biji untuk mengatasi demam berdarah termasuk khasiat yang jarang diketahui oleh orang awam. Khasiat itu karena adanya kandungan minyak atsiri di dalam daun jambu biji sehingga layak digunakan sebagai obat alami untuk mengatasu demam berdarah.

Untuk membantu meringankan demam berdarah, siapkan sekitar 5 lembar daun jambu biji, kemudian rebus dengan air kira-kira sebanyak 2 gelas. Minum ramuan tersebut secara teratur dalam rentang waktu 4 jam sekali sampai sembuh.

#10 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Sariawan

Sariawan atau stomatitis adalah penyakit radang yang terjadi pada pipi bagian dalam mulut (mukosa). Sariawan ditandai dengan bercak putih kekuningan yang timbul secara tunggal atau secara berkelompok. Penderita sariawan merasakan perih saat mengunyah atau berbicara.

Untuk mengatasi sariawan, siapkan 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batang pohon jambu biji. Rebus bahan tersebut dengan 1 liter air dan saring hasil rebusannya. Minum air rebusan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

#11 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Kembung

Daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengatasi kembung pada anak. Untuk mengatasi kembung pada anak, kita bisa merebus 4 lembar daun jambu biji yang masih muda ditambah setengah jari kunyit batang pulosari dan 5 butir adas dengan segelas air. Rebus hingga air tersisa setengahnya lalu saring hasil rebusan dan minumkan pada anak yang kembung.

#12 Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Beser

Selain mengatasi diare dan masalah lambung, daun jambu biji juga berkhasiat mengatasi gangguan buang air kecil. Jika anda terlalu sering buang air kecil (beser), maka makanlah beberapa helai daun jambu biji setiap siang dan malam selama dua hari. Gunakan sedikit garam dan merica untuk memberikan rasa.

Baca juga : 5 Khasiat Paprika Merah untuk Kesehatan Tubuh.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment