10 KHASIAT MANFAAT TANAMAN CIPLUKAN UNTUK KESEHATAN

Posted by on 2016-09-10 - 7:11 AM

Teknokiper.com - Ciplukan atau Physialis angulata merupakan sejenis tanaman yang biasanya tumbuh subur  di daerah dataran rendah seperti di sawah atau ladang khususnya di daerah pedesaan. Tanaman ini tumbuh secara liar berupa semak atau perdu dan seringkali disamakan dengan tanaman rumput lainnya. Padahal, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Di beberapa daerah, ciplukan memiliki nama yang berbeda seperti cemplukan, cecendet, ceplukan, leletep, daun boba, dan sebagainya. Buah ciplukan dapat dimakan langsung saat sudah matang dan dijadikan sebagai obat alami. Tak hanya buah, akar dan daun tanaman ciplukan juga sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti bisul, borok, epilepsi, dan sebagainya. Pada kesempatan ini, teknokiper akan memaparkan beberapa kandungan dalam ciplukan dan manfaatnya bagi kesehatan.

Morfologi dan Kandungan Ciplukan

Tanaman ciplukan memiliki batang yang berongga dan bersegi tajam. Batang berwarna hijau dan tidak terlalu keras sehingga sangat mudah patah. Tanaman ceplukan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian kurang lebih 1 meter. Bagian bawah batang ciplukan berbentuk bulat beralur berwarna kecoklatan.

Ciplukan memiliki akar yang menyebar dan tidak masuk ke tanah terlalu dalam sehingga cenderung mudah untuk dicabut. Akarnya berupa akar tunggang yang kemudian akan tumbuh beberapa cabang akar menjadi akar serabut.

Daun tanaman ciplukan berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing. Jika tidak terlalu lebar, Sekilas daun ciplukan terlihat seperti daun cabai dengan warna hijau yang lebih muda. Lebar daun ciplukan berkisar antara 2 - 10 cm dengan bagian tepi daun bisa rata ataupun bergelombang.

Bunga ceplukan berwarna kuning muda dengan corak noda kecoklatan. Bunga ciplukan terdapat di ketiak daun, dengan tangkai tegak berwarna keunguan. Bagian ujung bunga ciplukan yang menyerupai lonceng terkadang mengarah ke bawah seperti mengangguk. Benang sari berwarna kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

Manfaat ciplukan untuk kesehatan

Buah ciplukan berbentuk bulat dan dilindungi oleh sebuah bungkus kelopak yang menggelembung dengan bagian ujung runcing. Sama seperti pembungkusnya, buah ciplukan berwarna hijau saat mudah dan berubah menjadi kuning saat sudah matang. Saat muda rasa buah ciplukan pahit namun saat sudah masak rasanya akan manis.

Tanaman ceplukan mengandung beberapa senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan tersebut antara lain saponin yang banyak dijumpai pada bagian tunas, senyawa flavonoid pada bagian tunas dan daun, polifenol serta fisalin yang terdapat pada buah.

Selain itu, tanaman ciplukan juga memiliki kandungan alkaloid, asam palmiat, vitamin C, tanin, kriptoxantin, asam chlorogenik, asam sitrun, asam malat, dan gula. Karena kandungannya, ciplukan dapat dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik.

Baca juga : 15 Khasiat Kembang Sepatu untuk Kesehatan.

Khasiat Kandungan Ciplukan untuk Kesehatan.

Manfaat kandungan ciplukan untuk kesehatan sudah dikenal sejak dulu. Orang di pedesaan biasa memanfaatkan tanaman ciplukan sebagai obat-obatan untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut 1x khasiat tanaman ciplukan untuk kesehatan.

#1 Daun Ciplukan untuk mengobati Flu
Flu adalah salah satu penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Daun ciplukan daoat digunakan sebagai obat flu. Caranya, rebus daun ciplukan hingga mendidih kemudian minum air rebusannya. Dengan cara yang sama anda juga bisa memanfaatkan bagian batang untuk mengobati flu.

#2 Daun Ciplukan untuk Mengobati Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan dapat terjadi akibat infeksi bakteri atau virus. Gangguan tenggorokan ini banyak dialami oleh anak kecil dan remaja karena skekebalan terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk saat dewasa. radang tengorokan biasanya menyertai penyakit flu atu pilek.

Selain berkhasiat untuk mengobati influenza, ciplukan juga dipercaya dapat membantu meringankan radang tengorokan. Untuk mengatasi radang ternggorokan, anda bisa memanfaatkan khasiat dari daun ciplukan. Meminum air rebusan daun ciplukan berkhasiat meredakan radang tenggrokan secara alami.

#3 Daun Ciplukan untuk Mengobati Bisul
Bisul adalah penyakit kulit yang ditandai dengan timbulnya benjolan merah pada kulit. Benjolan tersebut berisi nanah sehingga menimbulkan rasa sakit. Bisul umumnya terjadi karena infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh.

Tanaman ciplukan dipercaya berkhasiat sebagai zat antiinflamasi sehingga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati bisul. Caranya sangat mudah, yaitu tumbuk beberapa helai daun ciplukan yang sudah dicuci bersih kemudian oles dan balurkan ada bagian kulit yang terkena bisul.

#4 Daun Ciplukan untuk Mengobati Borok
Borok adalah luka yang terbuka pada kulit, mata atau membran mukosa. Borok biasanya terjadi karena adanya peradangan, infeksi, kanker, diabetes, dan sebaginya.Untuk mengobati borok, tumbuk beberapa helai daun ciplukan lalu oles dan balurkan pada bagian yang terkena borok. Daun ciplukan akan membantu proses pengeringan sehingga borok dapat sembuh lebih cepat.

#5 Ciplukan untuk Mengobati Epilepsi
Epilepsi atau penyakit ayan adalah gangguan pada sistem saraf otak yang dapat disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berlebihan dari sekelompok sel neuron pada otak sehingga menyebabkan berbagai reaksi pada tubuh manusia berupa kesemutan, gangguan kesadaran, kontraksi otot, atau kejang-kejang.

Tanaman ciplukan ternyata juga berkhasiat untuk mengobati epilepsi. Air rebusan daun ciplukan berkhasiat mengurangi risiko terjadinya epilepsi dan mencegah kekambuhan penyakit epilepsi pada penderita. Selain itu, rutin mengkonsumsi 8 hingga 10 butir buah ciplukan setiap hari juga dipercaya bagus untuk mengobati penyakit ini.

Baca juga : 12 Khasiatn Bunga Alamanda untuk Kesehatan.

#6 Buah Ciplukan untuk Mengobati Hipertensi
Hipertensi adalah kondisi medis yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah pada dinding arteri, pembuluh darah bersih sehingga dapat mengakibatkan penyakit sistem peredaran darah lainnya seperti penyakit jantung. Hipertensi dikenal sebagai penyakit tekanan darah tinggi.

Untuk mengobati hipertensi, anda dapat memanfaatkan buah ciplukan. Caranya mudah, yaitu rebus lima buah ciplukan dengan segelas air selama 10 hingga 15 menit. Aduk rebusan selama proses perebusan.  Selanjutnya, saring air rebusan dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

#7 Ciplukan untuk Mengobati Sakit Paru-paru
Tak hanya berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, tanaman ciplukan juga berkhasiat mengobati sakit paru-paru. Untuk mengobati paru-paru anda bisa memanfaatkan seluruh bagian tanaman ciplukan yaitu akar, batang, daun, dan buahnya.

Untuk mengobati sakit paru-paru, caranya cukup mudah, yaitu cabut tanaman ciplukan lalu cuci bersih. Setelah benar-benar bersih, rebus tanaman ciplukan dengan lima gelas air sampai mendidih lalu minum air rebusannya tiga kali dalam sehari secara rutin.

#8 Akar Ciplukan untuk Mengobati Diabetes melitus
Diabetes melitus adalah gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem eksresi yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi diabetes melitus, anda dapat memanfaatkan akar tanaman ciplukan yang sudah tua. Cari tanaman ciplukan yang sudah tua dan berbuah lalu cabut dan potong bagian akarnya. Diamkan beberapa saat hingga tanaman layu.

Setelah akar ciplukan dicuci bersih, rebus akar dalam tiga gelas air hingga mendidih. Rebus sampai air hanya tersisah satu gelas. Saring air rebusan kemudian minum rebusan satu kali sehari secara rutin untuk membantu mengobati diabetes melitus.

#9 Ciplukan untuk Mencegah Kanker
Kanker adalah penyakit akibat adanya pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel kanker dapat menyebabkan kematian karena sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tanaman ciplukan memiliki beberapa kandungan yang befungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh. Kandungan steroid pada daun dan buah cimplukan berkhasiat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh.Mengkonsumsi buah ciplukan dapat membantu mengurangi kanker atau tumor.

#10 Daun Ciplukan untuk Mengobati Gondongan
Gondongan atau gondokan merupakan kondisi medis yang ditandai dengan timbulnya pembengkakan kelenjar pada bagian bawah leher. Penyakit ini dapat terjadi karena kekurangan iodium. Gondongan menimbulkan rasa nyeri saat menggerakkan kepala, mengunyah, atau saat berbicara.

Kandungan dalam daun ciplukan berkhasiat membantu meredakan radang sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati gondongan. Gondongan dapat diobati dengan meminum air rebusan daun ciplukan secara teratur hingga pulih.

Baca juga : 12 Khasiat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment