10 Makanan Sehat yang Bagus untuk Meningkatkan Daya Ingat

Posted by on 2016-09-16 - 11:13 AM

Teknokiper.com - Daya ingat adalah kemampuan seseorang untuk mengingat informasi tertentu. Kemampuan ini dipengaruhi oleh kinerja otak sebagai pusat daya ingat. Sama seperti tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi agar dapat melakukan kinerjanya dengan baik. Kinerja otak akan berjalan secara optimal jika nutrisi yang dibutuhkan tercukupi. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. Untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kinerjanya, kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat nutrisi yang dapat menstimulasi pertumbuhansel-sel otak. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bagus untu otak, maka kita telah menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Berikut beberapa jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat.

#1 Sayuran Hijau
Sayuran hijau merupakan salah satu makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sayur berwarna hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk mendukung kinerja otak. Beberapa jenis sayuran hijau yang baik untuk otak antaralain bayam, seledri, dan brokoli, kubis, dan sayuran hijau lainnya.

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang bagus untuk meningkatkan daya ingat karena mengandung mengandung vitamin K yang dikenal baik untuk meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak dalam berfikir. Vitamin K adalah salah satu vitamin yang dapat larut dalam lemak.

Beberapa manfaat vitamin K bagi tubuh:
1. Menjaga kesehatan tulang
2. Mempercepat pembekuan darah
3. Mencegah kalsium berlebih
4. Membantu sistem pencernaan pada usus
5. Membantu dalam pengolahan sistem syaraf otak

Baca juga : 12 Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan.

#2 Beberapa Jenis Ikan
Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk otak. Selain meningkatkan fungsi sel otak, kandungan Omega-3 pada ikan juga berkhasiat membantu meningkatkan memori dan mengatasi depresi sehingga bagus untuk menjaga daya ingat otak.

Omega-3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik dan juga diperlukan oleh tubuh. Omega-3 hanya dapat diperoleh dari asupan makanan yang berasal dari ikan salmon, ikan tuna, makarel, haring, ikan sarden, tenggiri, dan sebagainya.

Berikut beberapa manfaat omega-3:
1. Mengurangi resiko penyakit jantung
2. Meningkatkan kesehatan otak
3. Menurunkan kadar kolesterol tinggi
4. Membantu penyerapan vitamin
5. Meningkatkan perkembangan anak
 
Untuk meningkatkan daya ingat, rajinlah mengonsumsi ikan yang mengandung vitamin B dan omega-3. Selain dari beberapa jenis ikan, omega-3 juga dapat ditemukan pada beberap sumber lain seperti minyak kanola, walnut, kacang kedelai, kacang kenari, alpukat, bayam dan sebagainya. Hanya saja jumlah kandungan omega-3 lebih besar pada ikan.

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang dikenal baik untuk otak karena merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Asupan asam lemak omega-3 membantu seseorang untuk berpikiran lebih tajam sehingga cenderung memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan.

Makanan yang bagus untuk daya ingat

Meski bagus untuk kesehatan otak dan jantung, mengkonsumsi omega-3 haruslah sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, omega-3 dapat menimbulkan efek samping seperti meningkatnya kadar gula darah, gangguan perut, memar, dan sebagainya.

#3 Telur
Telur merupakan salah satu sumber protein yang juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Bagian kuning telur kaya akan kolin, yaitu zat yang gizi yang secara kimia sangat mirip dengan vitamin B tetapi bukan termasuk golongan vitamin B. Kandungan kolin dalam telur dapat membantu perkembangan daya ingat atau memori.

Berikut beberapa fungsi kolin:
1. Berperan membangun jaringan
2. Menjaga kesehatan membran sel
3. Mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam darah
4. Membantu pertumbuhan otak
5. Menutrisi dan menjaga fungsi otak

#4 Gandum
Gandum merupakan salah satu jenis biji-bijian yang mengandung banyak vitamin B12 dan mineral yang baik untuk otak. Karena nutrisi yang dikandungnya, tak heran jika gandum dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat berbagai makanan olahan seperti roti, pasta gandum dan sereal.

Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung suplai glukosa dalam tubuh dan mengandung serat alami bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

Berikut beberapa manfaat gandum:
1. Mengurangi resiko diabetes
2. Meningkatkan metabolisme tubuh
3. Mengurangi resiko gangguan kardiovaskuler
4. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah
5. Membantu meningkatkan daya ingat

Selain memiliki resiko lebih rendah dari penurunan kognitif yang bisa menyebabkan Alzheimer, gandum juga berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat otak kita. Mengkonsumsi gandum beserta olahannya dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12 dan B6 sehingga baik untuk meningkatkan dan mempertahan daya ingat.

#5 Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber vitamin E yang tinggi dan lemak baik. Vitamin E tidak hanya bagus untuk kesehatan jantung tetapi juga bagus untuk memperbaiki sistem kerja dan meningkatkan daya ingat otak. Kandungan vitamin E pada kacang-kacangan dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel syaraf.

Beberapa fungsi vitamin E :
1. Menjaga kesehatan jantung
2. Menjaga kesehatan kulit
3. Meningkatkan metabolisme glukosa darah
4. Antioksidan untuk melindungi membran sel syaraf
5. Membantu meningkatkan daya ingat

Dengan kandungan dan manfaat tersebut, kacang-kacangan dipercaya dapat menambah energi berfikir. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang kenari dan kacang kedelai juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk pertumbuhan otak.

Baca juga : 10 Khasiat Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan.

#6 Teh Hijau
Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat menvegah kerusakan sel-sel otak. Bahan kimia yang dihasilkan oleh senyawa polifenol dalam teh hijau dipercaya sangat efektif melawan pemicu perkembangan penyakit alzheimer.

Selain itu, teh hijau juga mengandung asam amino utama bernama teanin (L-theanine) yang efektif merangsang aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa pada otak. Mekanisme ini mampu mendatangkan perasaan relaks dan kewaspadaan mental seperti yang didapatkan dari meditasi sehingga sangat bagus untuk menignkatkan daya ingat.

#7 Buah Berry
Beberapa jenis bery seperti raspberry, apel, dan blueberry diketahui kaya akan quercetin. Quercetin adalah salah satu zat aktif golongan falvonoid yang dipercaya dapat membantu fungsi sel-sel otak. Selain itu buah berry juga mengandung banyak antosianin baik untuk mencegah penurunan memori sehingga dipercaya dapat mencegah penyakit alzheimer.

#8 Coklat
Mengkonsumsi coklat akan meningkatkan produksi hormon endorfin yang membantu memperbaiki mood, merangsang memori, dan menstimulasi daya ingat otak. Meski bagus untuk meningkatkan memori otak, mengkonsumsi coklat tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan masalah berat badan.

#9 Susu
Susu dan produk olahannya kaya akan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi, melancarkan fungsi otot, otak, dan sistem syaraf sehingga baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat. Beberapa produk olahan susu yang mengandung kalsium antaralain keju, mentega dan yogurt.

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang sangat bagus untuk otak karena mengandung asam amino tirosina, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu, produk olahan susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter.

#10 Madu
Selain dikenal karena khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit, madu ternyata juga berkhasiat meningkatkan memori otak. Mengkonsumsi satu sendok makan madu setiap pagi dapat membantu meningkatkan daya ingat. Mengkonsumsi madu secara rutin akan membantu menghambat proses penuaan otak sehingga akan menjaga daya ingat.

Baca juga : 15 Khasiat Manfaat Buah Jeruk Nipis untuk Kesehatan.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment