15 MANFAAT KHASIAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN

Posted by on 2016-09-13 - 9:18 AM

Teknokiper.com - Jeruk nipis dikenal sebagai salah satu jenis jeruk yang kaya manfaat. Sejak dulu, jeruk nipis sudah digunakan sebagai bahan ramuan herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Umumnya, jeruk nipis dikenal sebagai pelengap bumbu dapur yang digunakan dalam bidang kuliner. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) biasa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sambal, untuk menambahkan kesegaran saat makan soto, sebagai bahan penyedap, sebagai bahan campuran jamu atau minuman, untuk menghilangkan bau amis pada ikan, dan sebagainya. Di balik penggunaan tersebut, jeruk nipis ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut dapat ditemukan tidak hanya pada bagian buah, tetapi juga ada pada bagian daun atau bunganya. Pada kesempatan ini, teknokiper akan memaparkan beberapa manfaat kandungan buah jeruk nipis untuk kesehatan.

Struktur dan Kandungan Buah Jeruk Nipis

Tanaman jeruk nipis sduah mulai berbuah pada umur dua tahun. Buah jeruk nipis berbentuk bulat dengan diameter sekitar 3,5-5 cm. Saat muda, bagian ujungnya sedikit lebih lancip atau menonjol. Kulit bagian luar buah jeruk nipis berwarna hijau dan terdapat bintik menyerupai pori. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam dan sedikit pahit.

Salah satu kandungan nutrisi dalam buah jeruk nipis yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C merupakan zat penting yang membantu pembentukan kolagen dalam tulang rawan, tulang, dan pembuluh darah. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga berkhasiat sebagai antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B6, tiamin, niacin, asam pantotenat, vitamin A, kolin, dan folat. Vitamin B berkhasiat untuk membantu sistem saraf pusat hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A dan folat membantu tubuh mengatasi peradangan, menjaga kesehatan mata, serta membantu pembentukan sel-sel baru.

Buah jeruk nipis mengandung banyak senyawa aktif Synephrine yang secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo-efedrin yang biasa digunakan sebagai bahan untuk obat obat tumor, suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi.

khasiat buah jeruk nipis untuk kesehatan

Selain synephrine, buah jeruk nipis juga mengandung sinyiwa kimia lain seperti N-methyltyramine, asam sitrat, triptofan, lisin, damar, glikosiad, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, dan asam sitrum. Asam sitrat pada buah jeruk nipis dapat digunakan untuk mencegah kambuhnya pasien setelah operasi batu ginjal.

Jeruk nipis memiliki kandungan minyak atsiri seperti sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, dan nildehid. Kandungan minyak atsiri dalam buah jeruk memberikan aroma khas yang segar sehingga dapat juga digunakan sebagai bahan terapi.

Baca juga : 12 Khasiat Daun dan Bunga Jeruk Nipis untuk Kesehatan.

Khasiat Buah Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisi dan senyawa yang ada dalam buah jeruk nipis, buah ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut 15 khasiat jeruk nipis untuk kesehatan:

#1 Jeruk Nipis untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Mengkonsumsi jeruk nipis sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk berkhasiat meningkatkan stamina tubuh serta memberikan perlindungan terhadap penyakit sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Untuk menambah stamina tubuh, campurkan sebutir kuning telur ayam kampung dengan air perasan jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata dan minum secara rutin sekali seminggu. Meski bagus, jeruk nipis tidak disarankan bagi penderita yang sensitif dengan sasm misalnya tukak lambung.

#2 Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk dan Flu
Batu disertai flu memang merupakan kondisi yang sangat menyebalkan. Untuk mengobati batuk yang disertai flu anda bisa memanfaatkan buah jeruk nipis dan kapur sirih. Caranya peras jeruk nipis yang sudah matang, seduh dengan enam puluh cc air panas, dan tambahkan setengah sendok air kapur sirih. Minum ramuan selagi hangat dua kali sehari sebanyak dua sendok makan.

#3 Jeruk Nipis untuk Mengobati Panu dan Kurap
Panu dan kurap adalah suatu penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit yang gatal dan dapat menyebar. Untuk mengobati panu dan kurap tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam akar landep yang sudah ditumbuk halus. Gosok dan balurkan obat itu pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu.

#4 Jeruk Nipis baik untuk Diabetes
Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Jeruk nipis diklaim sebagai makanan super untuk diabetes. Serat larut dalam jeruk nipis membantu mengatur penyerapan gula dari tubuh ke dalam aliran darah. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga dalam kadar glukosa.

#5 Jeruk Nipis untuk Meredakan Amandel
Amandel adalah kelenjar yang berada ditengorokan dan berfungsi sebagai pengontrol masuknya kuman ke dalam tubuh. Jika amandel bekerja terlalu berat, maka akan terjadi peradangan. Untuk meredakan amandel, gunakan buah jeruk, madu, dan kunyit. Parut kunyit lalu ambil airnya dan masukkan ke dalam setengah gelas air. Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu asli.

Baca juga : 12 Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan.

#6 Jeruk Nipis untuk Meningkatakan Kinerja Pencernaan
Mengkonsumsi jeruk nipis yang dicampurkan pada segelas air hangat dipercaya dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Kandungan dalam jeruk nipis berkhasiat merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh, sehingga meminimalisir gangguan pencernaan.

#7 Jeruk Nipis untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Selain baik untuk diabetes, kandungan serat larut dalam jeruk nipis juga berkhasiat mengontrol tekanan darah dan menghilangkan keberadaan kolesterol jahat. Selain itu, serat larut juga dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

#8 Jeruk Nipis untuk Mengatasi Gangguan Pernafasan
Kandungan flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap, dan inhaler karena adanya kaempferol. Kandungan tersebut memberikan aroma yang berkhasiat untuk mengatasi rasa sesak dan mual.

#9 Jeruk Nipis Membantu Menurunkan Berat Badan
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tidak ada salahnya mencoba khasiat dari buah jeruk nipis. Mengkonsumsi segelas air jeruk nipis hangat di pagi hari dipercaya dapat menimbulkan efek kenyak sekaligus menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

#10 Jeruk Nipis untuk Mengobati Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal (nefrolitiasis) adalah kondisi medis yang ditandai dengan terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Untuk membantu mengobati batu ginjal, campur air perasan dua buah jeruk nipis dengan dua gelas air hangat, minum setelah makan malam.

Baca juga : 15 Khasiat Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan.

#11 Akar Jeruk Nipis untuk Mengobati Ambeien
Ambeien atau wasir adalah pembengkakan atau peradangan pembuluh darah disekitar anus dan bagian rektum bawah. Untuk mengobati ambeien, sediakan sepuluh gram akar pohon jeruk nipis. Rebus akar yang sudah dicuci bersih dengan seliter air selama setengah jam kemudian saring rebusannya. Minum ramuan tersebut saat hangat sebanyak tiga kali sehari.

#12 Jeruk Nipis untuk Melancarkan Haid
Menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, atau lewat beberapa hari dari jadwal semestinya. Untuk membantu melancarkan haid,  campurkan tiga sendok air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu dan seduh dengan dua gelas air panas. Minum ramuan selagi hangat secara rutin 3 kali sehari.

#13 Jeruk Nipis untuk Mengatasi Gangguan Kemih
Gangguan kemih dapat terjadi karena adanya endapan zat beracun di dalam ginjal atau kandung kemih. Kandungan kalium yang tinggi pada buah jeruk nipis sangat efektif menghilangkan zat beracun dan endapan tersebut. Kandungan pada jeruk nipis juga bersifat disinfektan sehingga berkhasiat membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih.

#14 Jeruk Nipis untuk Mengatasi Radang Tenggorokan
Untuk anda yang mengalami radang tenggorokan akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, anda bisa menggunakan buah jeruk nipis untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, yaitu campurkan perasan jeruk nipis ke dalam setengah gelas air hangat dan tambahkan madu. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur.

#15 Jeruk Nipis sebagai Antikanker
Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan tidak normal pada sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Buah jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang berperan membunuh sel-sel kanker dan mencegah kerusakan sel.

Baca juga : 10 Khasiat Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment