CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN TATA SURYA

Posted by on 2017-02-21 - 6:41 PM

Teknokiper.com - Pembahasan contoh soal tentang tata surya untuk tingkat sekolah menengah pertama. Contoh soal tata surya ini disusun dalam benuk pilihan berganda dilengkapi dengan pembahasan dan dirancang sedemikian berdasarkan beberapa subtopik yang paling sering dibahas dalam kajian tata surya untuk tingkat menengah pertama. Beberapa subtopik yang akan dibahas dalam contoh soal ini antara lain pengertian tata surya, pengelompokkan planet, planet dalam, planet luar, planet terestrial, planet Jovian, planet superior, planet inferior, hukum I dan II Keppler, gaya gravitasi, periode revolusi, rotasi, meteorid, matahari, dan benda antarplanet.

Contoh 1 : Pengertian Tata Surya

Dalam tata surya, bintang yang berperan sebagai pusat sistem dan dikelilingi oleh planet-planet dan benda antarplanet adalah ....
A. Bumi
B. Matahari
C. Asteroid
D. Bintang berekor

Pembahasan :
Tata surya adalah suatu sistem dengan matahari sebagai pusat yang dikitari oleh planet-planet dan benda-benda antarplanet sepeti komet, meteorid, dan asteroid. Matahari merupakan bintang yang menjadi pusat sistem tata surya. Matahari disebut sebagai bintang karena memiliki sumber cahaya sendiri.
Jawaban : B

Contoh 2 : Planet-planet dalam Tata Surya
Planet terbesar dalam tata surya adalah ....
A. Jupiter
B. Saturnus
C. Bumi
D. Mars

Pembahasan :
Planet-planet yang memiliki ukuran besar digolongkan sebagai planet Jovian. Planet-planet Jovian memiliki komposisi penyusun yang mirip dengan Jupiter. Yang termasuk planet Jovian adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet yang terbesar dari keempatnya adalah Jupiter.
Jawaban : A

Contoh 3 : Planet Luar dan Planet Dalam

Berikut ini yang merupakan 3 planet luar secara berurutan adalah ....
A. Jupiter, Uranus, Mars
B. Mars, Saturnus, Uranus
C. Jupiter, Saturnus, Uranus
D. Uranus, Mars, Neptunus

Pembahasan :
Berdasarkan sabuk asteroid (terletak di antara Mars dan Jupiter) sebagai pembatas, planet dikelompokkan menjadi  dua kelompok, yaitu:
1. Planet dalam
2. Planet luar

Planet dalam adalah planet-planet yang orbitnya berada di sebelah dalam asteroid. Yang termasuk planet dalam antara lain Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Planet luar adalah planet-planet yang orbitnya berada di sebelah luar asteroid. Yang termasuk planet luar antara lain Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Jawaban : C

Contoh 4 : Planet Superior dan Planet Terrestial
Berikut ini planet superior yang termasuk ke dalam golongan planet terrestial adalah ....
A. Jupiter
B. Mars
C. Venus
D. Merkurius

Pembahasan :
Planet superior adalah planet-planet yang orbitnya berada di luar orbit bumi. Yang termasuk planet superior antara lain Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet terrestial adalah planet-planet yang memiliki ukuran dan komposisi penyusun menyerupai bumi. yang termasuk planet terrestial antara lain Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Jadi, planet superior yang termasuk ke dalam golongan planet terrestial adalah planet Mars.
Jawaban : B

Contoh 5 : Komposisi Penyusun Planet

Planet-planet berikut ini yang memiliki komposisi penyusun sebagian besar terdiri dari es dan gas hidrogen adalah ....
A. Jupiter, Saturnus, Uranus
B. Neptunus, Mars, Bumi
C. Uranus, Jupiter, Merkurius
D. Mars, Jupiter, Saturnus

Pembahasan :
Memiliki komposisi penyusun yang sebagain besar terdiri dari es dan gas hidrogen merupakan ciri-ciri dari planet Jovian atau planet raksasa. Yang termasuk planet raksasa adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Jawaban : A

Contoh 6 : Satelit Alamiah
Benda langit yang termasuk satelit alamiah bagi bumi adalah ....
A. Meteor
B. Matahari
C. Bintang
D. Bulan

Pembahasan :
Satelit alamiah adalah suatu benda kecil yang mengitari sebuah planet sebagai pengiring. Satelit alamiah disebut juga sebagai bulan planet. Bumi memiliki sebuah satelit alamiah yang disebut bulan.
Jawaban : D

Contoh 7 : Gaya Gravitasi

Dalam sistem tata surya, planet-planet berputar mengelilingi matahari pada orbitnya karena ....
A. Gaya gravitasi antara planet dan matahari
B. Gaya gravitasi antar planet
C. Gaya gravitasi planet lebih besar daripada matahari
D. Gaya gravitasi matahari lebih besar

Pembahasan :
Gaya gravitasi adalah gaya tarik-menarik antar dua massa yang terpisah pada jarak tertentu. Antara planet dan matahari terdapat pasangan gaya gravitasi yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan. Matahari menarik planet ke arah matahari dan planet juga menarik matahari ke arah planet.

Besar gaya gravitasi yang dialami oleh matahari sama dengan gaya gravitasi yang dialami oleh planet tetapi dengan arah yang berlawanan. Akan tetapi, karena massa matahari jauh lebih besar dibanding massa planet, maka planet-planet bergerak mengitari matahari untu memperhatankan posisinya.
Jawaban : A

Contoh 8 : Keluarnya Pluto Dari Daftar Planet
Berikut ini yang merupakan alasan dikeluarkannya pluto dari daftar planet adalah ....
A. Ukurannya terlalu besar
B. Tidak berputar mengelilingi matahari
C. Orbitnya memotong orbit Neptunus
D. Berada di luar neptunus

Pembahasan :
Dalam sidang IAU ke-26 di Praha, Cheska tepatnya pada bulan agustus 2006, pluto tidak lagi disebut sebagai planet karena orbit pluto memotong orbit planet Neptunus. Sejak itu, pluto dikelompokkan sebagai planet kerdil.
Jawaban : C

Contoh 9 : Hukum Keppler

Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh soal dan pembahasan tata surya

Gambar di atas merupakan ilustrasi orbit perputaran bumi mengelilingi matahari. Kecepatan revolusi bumi terbesar adalah pada saat bumi bergerak dari ....
A. A - B
B. C - D
C. E - F
D. G - H

Pembahasan :
Menurut hukum Keppler II, dalam selang waktu yang sama, luas juring yang disapu oleh planet adalah sama. Karena menyapu luasan yang sama besar, maka kecepatan revolusi terbesar berada pada lintasan yang dekat dengan matahari sebab jarak yang ditempuhnya lebih besar (perhatikan jarak lengkung A - B).

Kecepatan revolusi bumi semakin besar pada lintasan yang dekat dengan matahari agar dapat mempertahankan posisinya dan tidak tertarik ke matahari. Jadi, Kecepatan revolusi bumi terbesar adalah pada saat bumi bergerak dari A ke B.
Jawaban : A

Contoh 10 : Perambatan Energi matahari
Perambatan energi kalor dari inti matahari ke fotosfer berlangsung secara ....
A. Konveksi dan konduksi
B. Konduksi dan radiasi
C. Radiasi dan konveksi
D. Radiasi

Pembahasan :
Perambatan energi dari inti matahari menuju fotosfer belangsung dalam dua tahap. Pada zona radiasi yaitu dari inti matahari ke dekat fotosfer, perambatan berlangsung secara radiasi. Selanjutnya pada zona konveksi, yaitu mulai dari dekat fotosfer menuju fotosfer, perambatan berlangsung secara konveksi.
Jawaban : C

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment