PEMBAHASAN SOAL UN IPA SMP FISIKA 2008 NO 16-20

Posted by on 2017-04-01 - 8:08 AM

Teknokiper.com - Soal ujian nasional IPA SMP tahun 2008. Pembahasan soal ujian nasional IPA bidang study fisika untuk tingkat sekolah menengah pertama. Pembahasan soal ujian nasional Fisika ini disusun berdasarkan soal-soal ujian nasional fisika untuk tingkat menengah pertama. Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan soal un fisika tahun 2008 yang telah dibahas sebelumnya. Setiap artikel pembahasan terdiri dari lima soal. Lima soal yang akan dibahas pada kesempatan ini meliputi lima topik dalam study fisika antaralain energi listrik, kemagnetan, induksi elektromagnetik, tatasurya, dan bumi sebagai planet. Pembahasan ujian nasional IPA SMP tahun 2008 ini sengaja kami susun kembali untuk membantu murid memperkaya model soal ujian nasional sehingga diharapkan murid menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian nasionalsebab sudah terbiasa dengan model soalnya.

Berikut model soal yang keluar pada pembahasan kali ini : (16) Menentukan biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaian energi listrik. (17) Menentukan kutub dan sifat magnet yang terjadi pada pembuatan magnet dari batang besi dengan cara gosok. (18) Menentukan jumlah lilitan sekunder pada trafo berdasarkan nilai yang diketahui pada gambar. (19) Menentukan leta planet Mars pada gambar. (20) Menentukan penyebab perubahan musim di suatu wilayah di permukaan bumi.

Soal 16 : Energi Listrik
Empat buah lampu pijar dengan spesifikasi masing-masing 220V/100 watt menyala 6 jam setiap harinya. Jika keempat lampu bekerja secara sempurna, maka biaya energi listrik untuk pemakaian selama 1 bulan, jika tarif 1 kWh adalah Rp 600,- adalah ...
A. Rp 95.040,-
B. Rp 43.200,-
C. Rp 38.400,-
D. Rp 34.560,-

Pembahasan :
KWh (kilowatt hour = kilowatt jam) merupakan satuan energi listrik yang digunakan di rumah. Banyaknya energi listrik yang terpakai di sebuah rumah diukur dengan alat ukur energi listrik yang dipasang PLN, yaitu kWh-meter.

Untuk menentukan biaya tagihan listrik yang harus dibayar, kita harus menghitung berapa total energi listrik yang terpakai selama 1 bulan (30 hari). Pada soal, digunakan 4 buah lampu yang menyala selama 6 jam setiap harinya.

Masing-masing lampu memiliki daya 100 watt, maka daya 4 lampu adalah:
⇒ P total = 4 x P
⇒ P total = 4 x 100
⇒ P total = 400 watt

Lampu digunakan 6 jam selama 30 hari, maka waktu total adalah:
⇒ t = 6 jam x 30
⇒ t = 180 jam
⇒ t = 180 h

Hubungan energi listrik, daya, dan waktu adalah sebagai berikut:
W = P . t

Keterangan :
W = energi listrik yang terpakai (J)
P = daya listrik (watt)
t = waktu (s).

Dengan daya 400 watt selama 180 jam, maka energi yang dipakai adalah:
⇒ W = P . t
⇒ W = 400 W x 180 h
⇒ W = 72.000 Wh
⇒ W = 72 kWh

Jadi, biaya yang harus dibayar adalah:
⇒ Biaya = 72 x Rp 600,-
⇒ Biaya = Rp 43.200,-
Jawaban : B

Soal 17 : Membuat Magnet dengan Cara Gosok

Perhatikan gambar berikut ini!

Pembahasan ujian nasional IPA SMP Fisika 2008

Batang besi AB akan dibuat magnet dengan digosok berulang-ulang dengan magnet batang secara earah seperti pada gambar. Kutub-kutub magnet dan sifat magnet yang terjadi pada batang besi AB adalah ...
A. A kutub utara dan B kutub selatan bersifat tetap
B. B kutub utara dan A kutub selatan bersifat tetap
C. A kutub utara dan B kutub selatan bersifat sementara
D. B kutub utara dan A kutub selatan bersifat sementara

Pembahasan :
Untuk membuat magnet, ada tiga cara yang umum digunakan, yaitu:
1). Dengan cara menggosok
2). Cara induksi
3). Cara arus dc

Dalam pembuatan magnet dengan cara digosok berulang-ulang seperti pada gambar di atas, ujung terjauh magnet hasil gosokan selalu tidak sejenis dengan kutub yang menggosoknya. Pada gambar terlihat bahwa kutub yang menggosok batang besi adalah kutub utara, maka ujung terjauh yaitu titik B menjadi kutub selatan sedangkan ujung A menjadi kutub utara.

Kemudian, berdasarkan sifat kemagnetannya, benda dapat dibedakan menjadi bahan magnetik dan bahan nonmagnetik. Bahan magnetik biasa disebut ferromagnetik dan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan magnet keras dan bahan magnet lunak.

Bahan magnet keras adalah bahan-bahan yang sangat sukar dijadikan magnet tetapi akan menghasilkan magnet permanen, misalnya baja dan alcomax. Sedangkan bahan magnet lunak adalah bahan yang mudah dijadikan magnet namun sifat magnetnya sementara misalnya besi dan mumetal.

Jadi, dari proses menggosok di atas, kutub-kutub magnet dan sifat magnet yang terjadi pada batang besi AB adalah A kutub utara dan B kutub selatan bersifat sementara.
Jawaban : C

Soal 18 : Induksi Elektromagnetik
Perhatikan gambar berikut ini!

Pembahasan ujian nasional IPA SMP Fisika 2008

Jumlah lilitan sekunder trafo tersebut adalah ....
A. 500 lilitan
B. 1.000 lilitan
C. 2.000 lilitan
D. 10.000 lilitan

Pembahasan :
Transformator atau tarfo adalah alat yang digunakan untuk mengubah tegangan ac dari suatu nilai tertentu ke nilai yang diinginkan. Trafo step-up digunakan untuk meningkatkan tegangan sementara trafo step-down digunakan untuk menurunkan tegangan.

Hubungan antara tegangan dan jumlah lilitan pada transformator dinyatakan dalam persamaan umum trasnformator, yang secara matematis ditulis sebagai berikut:
Vp  = Np
Vs Ns

Keterangan :
Vp = tegangan primer (volt)
Vs = tegangan sekunder (volt)
Np = jumlah lilitan primer
Ns = jumlah lilitan sekunder.

Berdasarkan gambar
Dik : Vp = 220 V, Vs = 110 V, Np = 2000
Dit : Ns = ... ?

Jumlah lilitan sekunder:
⇒ Vp/Vs = Np/Ns
⇒ 220/110 = 2000/Ns
⇒ 2 = 2000/Ns
⇒ 2Ns = 2000
⇒ Ns = 1000 lilitan.
Jawaban : B

Soal 19 : Tata Surya - Menentukan Letak Planet

Perhatikan gambar orbit planet-planet berikut ini!

Pembahasan ujian nasional IPA SMP Fisika 2008

Planet mars terletak antara dua planet bernomor ...
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 4 dan 6

Pembahasan :
Jika diurutkan berdasarkan orbitnya yang paling dekat dengan matahari, maka kedelapan planet yang telah ditemukan di tatasurya adalah sebagai berikut:
1). Merkurius
2). Venus
3). Bumi
4). Mars
5). Yupiter
6). Saturnus
7). Uranus
8). Neptunus

Dari urutan tersebut, maka dapat kita lihat bahwa planet Mars terletak di antara Bumi dan Yupiter. Jadi, planet Mars terletak di antara dua planet bernomor 3 dan 5.
Jawaban : C

Soal 20 : Bumi Sebagai Planet
Dari bulan Desember sampai bulan maret sebagian besar negara di Amerika dan Eropa mengalami musim dingin, dari bulan Maret sampai Juni mengalami musim semi, dari bulan juni sampai September mengalami musim panas, dan dari bulan September ke Desember mengalami musim gugur. Perubahan musim di wilayah tersebut terjadi akibat dari ...
A. Rotasi bumi
B. Revolusi bumi
C. Rotasi bulan
D. Revolusi bulan

Pembahasan :
Pergantian musim merupakan salah satu peristiwa yang terjadi karena pengaruh revolusi bumi. Revolusi bumi adalah perputaran bumi mengelilingi matahari. Karena massa matahari lebih besar daripada massa bumi dan adanya gaya gravitasi antara bumi dan matahari, maka bumi mengitari matahari.

Berikut beberapa peristiwa akibat revolusi bumi:
1). Pergantian musim
2). Perubahan lamanya waktu siang dan malam
3). Gerak semu tahunan matahari
4). Terlihat rasi bintang yang berbeda.

Pergantian Musim
Pergantian musim disebabkan oleh revolusi bumi terutama oleh miringnya poros bumi terhadap garis tegak lurus ekliptika. Pada bulan Desember hingga maret : kutub utara paling jauh ke matahari dan menandai awal musim dingin di belahan bumi utara. Sedangkan dari Juni hingga September : kutub utara paling condong ke matahari dan menandai awal musim panas di belahan bumi utara.
Jawaban : B

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment