Unsur Fisik dan Unsur Sosial Negara Singapura

Posted by on 2017-07-20 - 8:07 AM

Teknokiper.com - Unsur Fisik dan Sosial Singapura. Singapura merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara yang terkenal dengan julukan kota singa. Salah satu ikon wisata Singapura yang terkenal di mata dunia adalah patung merlion yaitu patung dari sosok mahluk misterius berkepala singa dan bertubuh ikan. Sebagai negara yang merdeka, Singapura merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki standar hidup tertinggi. Biaya hidup di Singapura terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia. Dalam hal pembangunan, Singapura juga bisa dikatakan sebagai negara yang berkembang pesat.

Singapura merdeka pada tahun 1959 kemudian bergabung dengan Federasi Malaysia pada tahun 1963. Akan tetapi, karena alasan tertentu, Singapura kemudian melepaskan diri dari federasi dan membentuk negara republik. Perdana menteri saat itu adalah Lee Kuan Yew.

A. Letak dan Batas Wilayah Singapura

Singapura terletak di 1o 15’ LU – 1o 26’ LU dan 103o BT – 104o BT. Sebelah utara Singapura berbatasan dengan Selat Johor Malaysia, sebelah timur berbatasan dengan Malaysia dan Indonesia, sebelah selatan berbatasan dengan Kepulauan Riau, dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka.

unsur fisik dan sosial Singapura

Batas-batas wilayah Singapura :
1). Sebelah Utara : berbatasan dengan Selat Johor Malaysia
2). Sebelah Selatan : berbatasan dengan Kepulauan Riau Indonesia
3). Sebelah Timur : berbatasan Malaysia dan Indonesia
4). Sebelah Barat : berbatasan dengan Selat Malaka.

B. Kondisi Alam dan Iklim Singapura

Singapura merupakan negara pulau yang terdiri dari beberapa pulau dan terletak di lepas pantai tenggara Semenanjung Malaka. Pulau Singapura merupakan yang terbesar di antara 50 pulau kecil lainnya.Beberapa pulau besar di Singapura antara lain pulau Tekong, pulau Ubin, pulau Ayer Chawan, dan Sentosa.

Negara Singapura memiliki luas wilayah sebesar ±622 km2. Belahan barat wilayah Singapura terdiri atas perbukitan dan lembah. Bagian tengah berupa daerah perbukitan, sedangkan belahan timur dan barat daya didominasi dengan daerah dataran rendah dan rawa-rawa.

Sungai-sungai kecil dan pendek mengalir dari daerah perbukitan ke pantai. Sungai yang terdapat di Singapura antaralin Sungai Kranji dan Sungai Jurong. Singapura memperluas wilayahnya dengan reklamasi pantai dengan pengurukan pasir.

Singapura memiliki iklim tropik khatulistiwa tanpa musim yang nyata berbeda, kesamaan suhu, kelembapan tinggi, dan curah hujan yang melimpah. Suhu berkisar antara 22 to 34 °C. Rata-rata kelembapan relatif berkisar antara 90% di pagi hari dan 60% di sore hari.

Musim hujan yang sejuk terjadi paba bulan November sampai Maret, musim kemarau yang panas berlangsung pada bulan April sampai Sepetember, musim pancaroba berlangsung pada bulan September sampai November.

C. Penduduk dan Bentuk Pemerintahan Singapura

Singapura merupakan negara republik dimana pemerintahan dijalankan dengan sistem parlementer. Negara dipimpin oleh seorang kepala negara berupa presiden dan pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri merupakan anggota parlemen yang memperoleh kepercayaan dari mayoritas.

Penduduk Singapura didominasi oleh etnis Cina. Lebih dari 50% penduduk Singapura adalah orang Cina sedangkan sisanya adalah orang Melayu, India, dan sebagainya. Singapura menggunakan beberapa bahasa seperti Mandarin, Melayu, Bahasa Inggris, dan bahasa Tamil.

Sebagian besar (95 %) penduduk Singapura tinggal di perkotaan, karena Singapura merupakan sebuah negara kota. Karena padatnya penduduk, sebagian besar (85 %) penduduk Singapura tinggal di rumah susun atau apartemen.

Sama seperti Indonesia, penduduk di Singapura juga menganut beberapa agama seperti Islam, Kristen, Hindu, Kong Hu Cu, Buddha, dan Tao. Kong Hucu, Buddha, dan Tao termasuk agama yang banyak dianut oleh penduduk Singapura yang merupakan orang Cina.

D. Kegiatan Perekonomian Singapura

Selain berdagang, penduduk Singapura juga melakukan berbagai kegiatan ekonomi lainnya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Berikut beberapa mata pencaharian penduduk Singapura.

#1 Perdagangan
Dalam hal perdagangan, Singapura terbilang aktif dalam kegiatan ekspor-impor. Ekspor utama mereka adalah minyak, mesin industri, peralatan elektronik, pakaian, minuman, dan rokok. Sedangkan impor mereka antaralain minyak mentah, baja, alumunium, generator listrik, dan komponen elektronik.

#2 Pertanian dan Perkebunan
Singapura tetap mempertahankan lingkungan hijau meskipun wilayahnya tidak terlalu luas. Dari pertanian, penduduk Singapura dapat memenuhi berbagai kebutuhan. Produk pertanian mereka antaralain buah-buahan, sayuran, tanaman hias, dan sebagainya.

#3 Perindustrian
Semua hasil pertanian dan perkebunan diolah menjadi barang jadi melalui kegiatan industri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga untuk dieskpor. Aneka industri telah berhasil dikembangkan di negara ini meskipun sebagian bahan mentah harus diimpor dari luar.

#4 Pariwisata
Dari segi pariwisata, Singapura memiliki beberapa objek wisata yang ditata dengan apik sehingga mampu menarik wisatawan asing untuk berkunjung. Tidak hanya wisata alam pantai, Singapura juga menyediakan berbagai media hiburan seperti taman hewan, studio, museum, dan sebagainya.

E. Kerja Sama Singapura dengan Indonesia

Karena sama-sama negara di Asia Tenggara, Singapura dan Indonesia memiliki hubungan kerja sama dalam naungan ASEAN. Selain itu, kedua negara ini juga melakukan hubungan kerja sama dalam hal perdagangan, ekspor-impor, dan kerja sama dalam hal pengembangan pulau Batam.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment