Tips Ampuh Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menjelang Tidur di Malam Hari

Posted by on 2017-09-23 - 9:12 PM

Teknokiper.com - Tips mengatasi hidung tersumbat. Hidung tersumbat merupakan salah satu dari sekian masalah yang dapat mengganggu tidur seseorang. Tidur dalam kondisi hidung tersumbat tentu saja tidak nyaman. Selain menyebabkan kesulitan bernafas, hidung tersumbat juga kerapkali menyebabkan seseorang harus terbangun dari tidur karena merasa lemas seakan kehabisan nafas. Bagi orang yang tidak terbiasa mengalaminya, hidung tersumbat tentu akan sangat mengganggu karena akan sangat sulit untuk bernafas secara normal. Dalam beberapa kasus, hidung tersumbat bahkan membuat seseorang tidak bisa tidur sepanjang malam.

Hidung tersumbat atau hidung mampet biasanya dipandang sebagai gejala timbulnya flu akibat serangan virus influenza. Hidung tersumbat karena ada lendir yang menghalangi saluran lubang hidung. Biasanya hidung tersumbat karena ada pembengkakan pada saluran pernafasan sehingga terjadi penumpukan lendir.

Meski demikian, sebenranya hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Selain flu atau pilek, sinusitis juga merupakan salah satu kondisi medis yang menjadi penyebab umum tersumbatnya hidung. Sinusitis merupakan peradangan pada dinding sinus yang terletak di belakang tulag pipi dan dahi.

Faktor lain yang paling umum menyebabkan hidung tersumbat adalah tingkat kelembapan udara yang rendah sehingga mengakibatkan terjadinya pembengkakan atau iritasi. Selain itu, hidung tersumbat juga bisa terjadi karena alergi atau reaksi sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi serangan jamur di udara.

Cara mengatasi hidung tersumbat atau hidung mampet

Meski terlihat sepele, hidung tersumbat sebenarnya bisa juga berdampak serius terhadap kesehatan sehingga harus ditangain dengan serius pula. Berikut Teknokiper rangkum beberapa tips mengatasi hidung tersumbat menjelang tidur di malam hari.

#1 Mandi Air Hangat
Air hangat berguna untuk membantu mengalirkan lendir yang menyumbat hidung keluar. Cara yang paling mudah adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Anda dapat menggunakan shower air hangat beberapa menit hingga ruangan dipenuhi uap. Sambil mandi cobalah menghirup uap tersebut.

Selain mandi air hangat, anda juga dapat memanfaatkan alat humidifier yang berfungsi meningkatan kelembapan di ruangan anda. Jika hidung tersumbat yang anda alami karena pengaruh kelembapan yang rendah, maka cara ini akan sangat membantu.

#2 Menghirup Uap Air
Sama seperti mandi air hangat, menghirup uap air juga bertujuan untuk mengalirkan lendir yang menyumbat hidung. Menghirup uap air atau steaming merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menenangkan peradangan dan mengatasi hidung tersumbat.

Caranya cukup sederhana, sediakan air mendidih di dalam sebuah baskom. Kemudian tutup kepala anda dengan handuk (posisi wajah menghadap ke air). Dengan begitu, uap air akan secara langsung terhirup oleh hidung dan akan membantu mengalirkan lendir yang menyumbat hidung.

#3 Minum Teh Herbal
Teh herbal merupakan salah satu jenis ramuan dari tumbuh-tumbuhan (peppermint, jahe, dsb) yang sangat aman untuk merdakan hidung tersumbat. Minum teh herbal hangat dapat membantu meringankan iritasi di saluran hidung, mengencerkan lendir yang menyumbat hidung, dan memperbaiki drainase hidung.

#4 Perbanyak Minum Air Putih
Adakalaya hidung tersumbat karena iritasi. Selain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, anda dapat memperbanyak minum air putih. Meminum air hangat secara tidak langsung akan membantu meringankan saluran dalam hidung yang teriritasi dan mencegah sumbatan sinus.

#5 Minum Air Jeruk Hangat
Selain teh herbal, anda juga dapat memanfaatkan air jeruk hangat untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya cukup mudah, campurkan air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan tambahkan madu jika perlu. Minuman hangat tersebut akan membantu menjaga kekebalan tubuh dan mengatasi hidung tersumbat terutama jika sumbatan terjadi karena reaksi kekebalan tubuh.

#6 Makan Makanan Pedas
Selain megap karena kepedasan, makan makanan yang pedas bisa juga loh mmebantu mengatasi hidung tersumbat. Saat anda makan makanan yang pedasnya luar biasar, maka lendir yang menyumbat hidung anda akan turun dengan sendirinya. Dengan begitu, hidung akan terasa lebih plong.

#7 Minum Air Rebusan Bawang Putih 
Bawang putih memang bahan dapur yang serbaguna. Tidak hanya menyedapkan masakan, bahan ini juga bekhasiat meredakan hidung tersumbat. Bawang putih mengandung senyawa antivirus dan anti jamur yang sangat ampuh mengatasi hidung tersumbat akibat infeksi.

Cara sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat dengan bawang putih adalah dengan cara mengiris bawang putih dan menghirupnya. Untuk hasil yang lebih maksimal, rebus tiga siung bawang putih dalam segelas air kemudian tambahkan bubuk kunyit dan minum saat hangat.

#8 Menghirup Minyak Kayu Putih
Salah satu obat herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hidung mampet adalah minyak kayu putih. Kehangatan dan kandungan zat anti peradangan dari minyak kayu putih dapat membantu mengatasi masalah hidung tersumbat sehingga hidung menjadi lebih plong. Caranya juga cukup mudah anda dapat menghirup secara langsung beberapa tetes minyak kayu putih atau memanfaatkannya melalui cara steam.

#9 Berkumur Dengan Air Garam
Tidak hanya dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan pada bagian gigi atau gusi, berkumur dengan air garam juga diklaim dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Berkumur dengan air hangat yang telah dicampur garam membantu mengalirkan lendir dan mengatasi sumbatan pada hidung.

#10 Menopang Kepala Lebih Tinggi
Jika masalah hidung tersumbat masih mengganggu saat anda akan tidur, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah menopang kepala anda menjadi lebih tinggi dengan bantal tambahan. Hal ini dimaksudkan agar lendir yang terjebak dan menyumbat hidung dapat keluar dan nafas menjadi lebi legah.

Demikianlah tips mengatasi hidung tersumbat yang dapat kami rangkum. Metode di atas mungkin tidak sepenuhnya berhasil karena penyebab hidung tersumbat bisa sangat beragam. Untuk memperoleh solusi yang lebih jelas, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anda.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment