Tips Ampuh Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Belajar di Malam Hari

Posted by on 2017-09-23 - 3:14 PM

Teknokiper.com - Cara ampuh mengatasi rasa kantuk di malam hari. Sebagai seorang pelajar, belajar sudah menjadi kewajiban yang harus dijalani. Mempelajari materi baru atau mengulang pelajaran yang telah dipelajari di sekolah mungkin menjadi sebuah kegiatan yang rutin dilakukan oleh pelajar. Selain itu, murid juga umumnya harus menyelesaikan beberapa tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Karena kebanyakan murid memiliki kesibukan masing-masing sepulan sekolah, maka biasanya akan ada jadawal khusu untuk belajar di malam hari. Meski tidak semua murid demikia, kebanyakan orang akan mengerjakan tugas sekolahnya di malam hari.

Karena dilakukan di malam hari, tubuh yang mulai memasuki waktu istirahat secara alamiah akan membuat murid merasa ngantuk. Belum lagi kesibukan yang dilakukan di siang hari membuat mereka mungkin merasa sangat letih dan ingin segera beristirahat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa belajar di malam hari bagi kebanyakan orang merupakan kegiatan yang tidak mudah. Selain sudah letih, rasa ngantuk pu seringkali menghampiri. Membaca buku dan mengerjakan beberapa persoalan yang ada dalam tugas sekolah memang kerapkali membuat murid menjadi malas atau bahkan merasa mengantuk.

Well, bagi sebagian murid yang tidak begitu tekun dalam belajar, mungkin beristirahat adalah hal yang lebih utama sebab merasa sudah cukup belajar di hari itu. Tapi bagi sebagian lagi, belajar di malam hari mungkin sudah menjadi jadwal rutin mereka sehingga sengantuk apa pun harus dilalui.

Tips menghilangkan kantuk saat belajar

Agar proses belajar berlangsung efektif, tentu rasa ngantuk yang datang haruslah diatasi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk. Berikut teknokiper rangkum sepuluh cara yang paling ampuh mengatasi rasa kantuk saat belajar di malam hari.

#1 Mencuci Muka
Salah satu cara yang paling umum digunakan oleh murid untuk melawan rasa kantuk yang datang tiba-tiba saat sedang belajar adalah mencuci muka. Membasuh muka dengan air cukup ampuh menghilangkan rasa kantuk. Mencuci muka sekaligus menyikat gigi juga disarankan agar lebih fresh dan siap menghadapi pelajaran malam itu.

#2 Minum Kopi atau Air Putih
Cara berikutnya yang juga merupakan cara paling umum dilakukan oleh murid untuk menghindari rasa kantuk saat harus belajar di malam hari adalah minum kopi. Kopi mengandung senyawa kafein yang dapat membantu anda tetap terjaga. Bagi anda yang tidak suka kopi, minum banyak air putih juga cukup ampuh menghindari dehidrasi ringan yang menimbulkan rasa kantuk.

#3 Mengunyah Permen
Beberapa orang sangat suka mengunyah permen saat belajar sebab mengunyah permen membantu mereka tetap aktif karena otot-otot rahang terus bergerak saat mengunyah. Mengunyah permen juga tidak menyebabkan anda merasa kenyang sehingga dapat meminimalisir rasa kantuk.

#4 Memasang Musik yang Semangat
Kebanyakan orang yang aktif berkegiatan tidak begitu suka dengan musik yang mendayu atau musik yang sendu karena musik seperti itu dapat membuat mereka merasa ngantuk. Beberapa orang bahkan sengaja menghindari jenis musik tersebut untuk menjaga moodnya tetap dalam kondisi yang baik.

Belajar memang membutuhkan ketenangan, tapi jika anda tidak masalah belajar sambil mendengarkan musik, maka memasang musik yang nge-beat dan semangat akan sangat membantu anda dalam menghindari rasa kantuk. Ketika mendengar musik yang semangat biasanya pendengar juga akan tertular semangat yang sama.

#5 Duduk dengan Tegak
Salah satu penyebab yang dapat menimbulkan rasa ngantuk saat sedang belajar di malam hari adalah posisi belajar yang tidak benar. Kadangkala seorang murid belajar sambil tiduran atau berselendet ke kursi padahal posisi tersebut justru memicu rasa malas dan kantuk.

Oleh karena itu, untuk menghindari rasa kantuk, sebaiknya duduklah dengan posisi tegak. Posisi tegak akan membantu anda mempertahankan konsentrasi saat belajar. Bila perlu, ubah posisi duduk sesekali untuk menghindari kantuk ringan.

#6 Menghindari Makanan Berkarbohidrat
Kebanyakan orang mengalami masalah kantuk setelah makan. Hal itu terjadi karena makan terlalu kenyang dan makanan yang dimakan banyak mengandung karbohidrat terutama dari nasi. Oleh karena itu, jika anda akan belajar di malam hari, sebaiknya minimalisir makanan yang mengandung karbohidrat dan perbanyak makan sayur atau buah.

#7 Olahraga Ringan
Jika anda adalah salah satu penggemar serial Sherlock Holmes (Elementary), mungkin anda pernah melihat salah satu episode dimana Watson mengajarkan sebuah gerakan olahraga kepada Sherlock untuk mengatasi rasa kantuk di malam hari karena pada saat itu ia kemungkinan tidak akan tidur.

Gerakan yang dilakukan oleh Watson adalah berdiri dalam posisi tegak, rentangkan kedua tangan sejajar bahu sambil berjongkok dan lipat tangan sambil kembali berdiri. Gerakan demikian diklaim dapat membantu peredaran darah dan membantu menghilangkan rasa kantuk.

#8 Menempelkan Es Batu ke Dahi
Jika di rumah anda tersedia es batu, maka salah satu cara yang dapat ada lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk saat belajar di malam hari adalah sengan terapi es batu, yaitu dengan cara menempelkan es batu ke dahi. Suhu es batu membantu refleksasi otak sehingga menyegarkan fikiran. Alternatif lain bisa dengan cara meminum minuman yang dingin misalnya jus dan sejenisnya.

#9 Belajar Bersama Teman
Jika anda adalah tipe murid yang senang belajar kelompok, maka belajar bersama dengan teman yang berada di lingkungan rumah anda akan membantu anda menghindari rasa kantuk. Belajar bersama cenderung menghadirkan suasanan yang lebih santai dan asyik sehingga rasa kantuk kemungkinan besar dapat ditahan.

Selain itu, saat bertemu dengan teman sekalipun tujuan utamanya adalah belajar, biasanya akan selalu ada topik tertentu yang menjadi bahan perbincangan atau diskusi bersama. Dalam hal ini, kegiatan belajar bisa saja diselingi dengan perbincangan yang relevan sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan.

#10 Fokus pada Pelajaran
Ketika seseorang fokus pada suatu hal, maka biasanya konsentrasinya akan tertuju hanya pada hal tersebut. Dalam hal ini, seseorang kemungkinan besar akan mengabaikan gangguan-gangguan yang menghalangi fokusnya termasuk rasa nngantuk.

Jika anda fokus pada pelajaran yang sedang anda pelajari, maka biasanya akan timbul suatu ketertarikan terhadap pelajaran tersebut. Saat ada ketertarikan, maka murid akan cenderung belajar dengan lebih santai dan melupakan urusan lainnya.

Demikian beberapa tips menghilangkan rasa ngantuk yang dapat teknokiper rangkum. Perlu kami ingatkan bahwa tidak semua metode akan bekerja secara efektif. Pada dasarnya setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghadapi kantuk dan beberapa tips di atas kemungkinan dapat membantu.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment