Pengertian Mikroskop dan Bagian-bagian Mikroskop Beserta Fungsinya

Posted by on 2017-10-18 - 9:58 AM

Teknokiper.com - Bagian-bagian Mikroskof dan Fungsinya. Ilmu biologi termasuk salah satu bidang ilmu yang berkembang pesat dan banyak terbantu dengan ditemukannya alat-alat bantu pengamatan untuk megamati objek-objek biologi yang tidak dapat diamati dengan mata secara langsung. Salah satu alat yang berperan penting dalam perkembang biologi adalah mikroskop. Mikroskop merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengamati banyak objek biologi dan secara tidak langsung turut membantu penemuan-penemuan di bidang ilmu biologi. Tidak hanya dalam bidang ilmu biologi, mikroskop juga banyak digunakan di beberapa bidang lain seperti kedokteran, farmasi, kimia, fisika, dan sebagainya.

Pengertian dan Fungsi Mikroskop

Jika ditinjau dari arti katanya, mikroskop berasal dari kata Yunani "Mikro" yang artinya kecil dan "scopein" yang artinya melihat. Berdasarkan kedua kata tersebut, secara sederhana mikroskof dapat diartikan sebagai alat untuk melihat benda yang berkuruan kecil.

Dengan kata lain, mikroskop adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk melihat atau mengamati objek yang berukuran terlalu kecil yang sulit diamati dengan mata t3lanjang. Dengan fungsi perbesaran yang ada pada mikroskop, kita dapat mengamati benda yang ukurannya sangat kecil.

Salah satu jenis mikroskop yang biasa digunakan para ahli untuk mengamati objek berukuran kecil (mikroorganisme, organel sel, molekul kecil, dan sebagainya) adalah mikroskop cahaya. Mikroskop cahaya memiliki kemampuan perbesaran hingga seribu kali.

Selain mikroskop cahaya, salah satu jenis mikroskop lain yang lebih unggul dalam mengamati molekul-molekul penyusun makhluk hidup adalah mikroskop elektron. Mikroskop elektron memiliki perbesaran yang lebih besar, yaitu hingga sejuta kali.

Bagian-bagian Mikroskof Beserta Fungsinya

Secara garis besar, sebuah mikroskop cahaya terdiri dari badan, lengan, dan kaki. Pada ketiga bagian ini terdapat berbagai bagian lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Berikut beberapa bagian yang umum di dalam sebuah mikroskop.

Bagian-bagian mikroskop dan fungsinya

#1 Lensa Okuler
Lensa okuler merupakan bagian optik mikroskop yang terletak paling atas di atas badan dan merupakan bagian yang akan digunakan sebagai tempat mata untu melihat bayanga objek. Fungsi lensa okuler adalah untuk memperbesar bayangan dari lensa objektif.

#2 Badan Mikroskop
Badan mikroskop adalah bagian mikroskop yang bebentuk seperti tabung dan dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan. Bagian ini berhubungan dengan lengan mikroskop dan dapat diatur posisinya dengan menggunakan makrometer atau mikrometer.

#3 Pemutar Lensa
Pemutar lensa merupakan bagian mikroskop yang berbentuk lempengan dan dapat diputar. Bagian ini terhubung langsung ke wadah lensa dan berfungsi untuk mengatur posisi lensa ojektif agar berada pada kedudukan yang sesuai sehingga mendapatkan fous yang baik.

#4 Lensa Objektif
Lensa objektif merupakan bagian otpik mikroskop yang terletak di bawah badan mikroskop dan diatur posisinya menggunakan pemutar lensa. Lensa objektif dihdapakan pada objek pengamatan dan berfungsi untuk memperbesar bayangan objek yang diamati.

#5 Penjepit
Pejepit merupakan bagian yang terletak di atas meja mikroskop dan befungsi untuk menjepit kaca benda yang digunakan untuk menutup objek pengamatan agar tidak mudah bergeser.

#6 Kondensor
Kondensor adalah bagian mikroskop yang terletak di bawah meja mikroskop atau meja objek dan berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari cermin menuju sediaan atau objek pengamatan.

#7 Diafragma
Diafragma merupakan bagian mikroskop yang terhubung ke kondensor dan berfungsi untuk mengatur sedikit banyanya cahaya yang menuju ke kondensor.

#8 Cermin
Cermin atau reflektor merupakan bagian yang digunakan untuk memantulkan cahaya dari sumber cahaya ke kondensor. Cermin ini terletak di bawah diafragma atau kondensor.

#9 Makrometer
Makrometer (pemutar kasar) merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur keduduan badan mikroskop secara cepat. Dengan bagian ini, kita dapat menaikkan atau menurunkan badan mikroskop dengan cepat.

#10 Mikrometer
Mikrometer (pemutar halus) merupakan bagian yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan badan mikroskop secara lambat. Mikromete umumnya terletak di bawah makrometer dan terhubung langsung ke lengan mikroskop.

#11 Lengan Mikroskop
Lengan mikroskop merupakan bagian yang menghubungkan badan mirksokop dengan kaki mikroskof dan umumnya berbentuk agak melengkung dan berukuran panjang. Lengan mikroskop berfungsi sebagai tempat untuk memegang mikroskop.

#12 Meja Mikroskop
Meja mikroskop disebut juga meja objek, yaitu bagian yang berbentuk lempengan persegi (kotak) tebal yang terletak tepat di bawah lensa. Terdapat sebuah lubang pada meja untuk tempat lewatnya cahay dari kondensor. Meja obejk digunakan untuk meletakan sediaan atau objek yang akan diamati.

#13 Sendi Inklinasi
Sendi inklinasi merupakan bagian yang terletak di atas pemutar kondensor. Sendi inklinasi berfungsi untuk mengatur sudut miring tegaknya mikroskof. Bagian ini biasanya jarang diubah karena sudah diatur sesuai dengan kondisi defaultnya.

#14 Pemutar Kondensor
Sesuai dengan namanya, pemutar kondensor merupakan bagian mikroskop yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan kondensor sesuai kebutuhan agar diperoleh cahaya optimum untuk pengamatan.

#15 Kaki Mikroskop
Kaki mikroskop merupakan bagian yang terletak paling bawah dan dihubungkan dengan badan oleh sendi inklinasi. Bagian ini berfungsi untuk menopang tegaknya mikroskop atau menyanggah mikroskop agar tidak mudah jatuh.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment