5 Point Penting yang Harus Diperhatikan Agar Konten Instagram Viral

Posted by on 2017-11-06 - 1:47 PM

Teknokiper.com - Cara agar konten instagram banyak like. Instagram merupakan salah satu jenis aplikasi media sosial yang tengah populer saat ini. Sama seperti sepupunya 'facebook', instagram juga berhasil menarik ratusan juta pengguna aktif. Instagram termasuk aplikasi yang menarik dan bermanfaat karena selain menjadi wadah bagi pengguna untuk berbagi foto dan vido singkat, instagram juga membuka peluang lebar bagi mereka pelaku bisnis, baik melalui toko online, buzzer, ataupun endorsement. Sebagai salah satu media sosial yang terpopuler, instagram menjadi alternatif yang bagus untuk memulai bisnis secara online.

Seperti yang kita tahu, instagram telah melahirkan banyak selebritis instagram yang dikenal dengan istilah selebgram. Para selebgram tidak hanya mencapai popularitas melalui konten mereka, tetapi juga menghasilkan pundi-pundi penghasilan yang tidak sedikit jumlahnya.

Keberhasilan para selebgam dan pelaku bisnis yang memiliki akun dengan jumlah follower hingga jutaan, menjadi suatu pencapaian yang menginspirasi banyak pengguna instagram untuk memperoleh keberuntungan yang sama. Tak heran jika para pengguna berlomba-lomba untuk mendapat banyak follower di akun mereka.

Namanya pengikut, tentu tidak begitu saja mengikuti akun kita. Ada beberapa kriteria, alasan, atau pertimbangan hingga akhirnya mereka menjadi follower, salah satunya adalah kualitas konten yang kita tawarkan.

Cara agar konten isntagram viral

Karena instagram adalah aplikasi berbasi foto dan video, maka pengguna instagram umumnya mencari foto dan video yang bisa menjadi hiburan bagi mereka, menginspirasi, atau memberi motivasi bagi mereka. Oleh karena itu, kualitas foto atau video tentu juga berpengaruh.

Tapi, apakah konten yang berkualitas akan viral di instagram? Jawabannya belum tentu. Ini merupakan salah satu keunikan media sosial instagram. Konten yang berkualitas tidak menjamin konten itu akan mendapat perhatian.

Berdasarkan pengalaman yang dishare oleh beberapa selebgram yang sudah lebih dulu berhasil di instagram, berikut lima poin penting yang harus diperhatikan agar konten instagram anda viral dan mendapat banyak like dari pengguna.

#1 Hashtag
Kami secara pribadi sangat yakin bahwa penggunaan tagar dalam konten instagram memegang pengaruh besar bagi viral tidaknya suatu konten. Penggunan tagar yang sedang populer dapat menunjang popularitas dari suatu kontent.

Agar konten anda viral, saat memposting foto atau video, gunakanlah tanda pagar yang populer digunakan di instagram. Gunakan tanda pagar yang relevan dengan konten anda. Dalam beberapa kasus, anda juga bisa menggunakan tagar populer yang tida berhubungan dengan konten anda.

Dengan menggunakan tagar yang populer, maka kemungkinan konten anda tampil di hasil pencarian dan dilihat oleh pengguna akan lebih besar. Anda mungkin berfikir untuk membuat tagar khusus sebagai merek anda, namun cobalah untuk menggunakan tagar lain yang sudah lebih dulu populer.

Salah satu tagar yang paling populer di instagram adalah tagar likeforlike dan sejenisnya. Tagar ini sebenarnya sangat tricky karena pada kenyataannya tidak semua orang kembali memberikan like saat mendapatkan like, tapi cara ini cukup ampuh untuk mengumpulkan like.

#2 Waktu
Setelah tagar, poin penting berikutnya yang menurut kami sanga berpengaruh terhadap viral tidaknya suatu konten adalah waktu. Sebagian besar selebgram mengklaim bahwa konten hanya akan viral (mendapat banyak like) jika dipost pada waktu yang tepat.

Oleh karena itu, agar konten instagram anda viral, anda harus memperhatikan "prime time", yaitu waktu yang dianggap paling bagus untuk memposting konten. Untuk waktu ini, sebenarnya patokannya tidak pasti karena sangat bergantung pada jenis konten, sasaran, dan zona waktu.

Meski begitu sebagai gambaran umum, waktu yang paling bagus untuk memposting konten instagram adalah waktu yang pada saat itu pengguna instagram paling ramai tapi jumlah konten yang diposting saat itu sedikit. Artinya, pada saat itu, yang memposting konten hanya sedikit tetapi merupkan jam ramai pengguna instagram.

Salah satu waktu prime time yang umum dan terbukti membantu meningkatkan popularitas konten adalah waktu istirahat, sebelum jam pulanng kantor, jam bangun tidur, dan sebagainya.

#3 Manfaat
Kami lebih suka menyebut bagian ini sebagai manfaat daripada kualitas. Karena konten yang berkualitas belum tentu viral di instagram tetapi konten yang bermanfaat pasti mendapat perhatian. Sebuah foto yang lucu mungkin tidak terlalu berkualitas (baik dari segi visi ataupun kualitas gambar) tetapi memiliki manfaat (menghibur) yang kemudian menjadi perhatian pengguna.

Meskipun hanya sebuah foto atau video singkat, ada satu hal yang mutlak menjadi alasan mengapa suatu konten bisa viral, yaitu manfaat. Jika ingin konten anda viral, maka pastikan konten tersebut memiliki manfaat bagi orang lain minimal manfaat dari segi hiburan.

Instagram umumnya dijadikan sebagai sarana hiburan bagi penggunanya sehingga konten yang menawarkan manfaat hiburan (menyenangkan, menarik, lucu, inspiratif, memberi solusi) akan lebih mudah viral dibanding konten yang hanya sekedar numpang eksis.

#4 Konsistensi
Konsistensi merupakan poin penting yang harus dimiliki oleh semua pengguna jika ingin konten mereka viral. Tidak hanya di instagram, konsistensi dituntut hampir di segala bidang termasuk jika anda menjadi vlogger di youtube atau menjadi seorang blogger.

Jika ingin konten anda selalu viral (setidaknya mendapat banyak perhatian dan like), maka anda harus konsisten dalam menyajikan konten baik foto atau video.  Konsistensi ini meliputi konsistensi dalam hal kualitas dan jadwal posting konten yang teratur.

Dengan memposting konten (foto atau video) secara konsisten (dan terjadwal), maka konten-konten anda akan senantiasa terbarui sehingga akan lebih fresh dan para follower juga selalu memiliki alasan untuk mengunjungi akun anda.

Bayangkan jika konten anda hanya itu-itu saja dan sangat jarang upadate konten, sudah pasti folower akan bosan dan jumlah follower kemungkinan tidak akan bertambah atau justru malah berkurang.

#5 Interaksi
Anda mungkin pernah melihat (atau menjadi follower) dari akun instagram yang sedang populer dan mendapati suatu kenyataan bahwa adakalanya konten mereka sama sekali tidak bagus tapi jutru lebih viral dari konten anda yang anda yakin jauh lebih bagus.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena ini adalah instagram dan popularitas sangat mempengaruhi viral tidaknya suatu konten. Konten yang sama persis (konten direpost atau dijiplak) yang dipost di akun instagram populer pasti memiliki jumlah like jauh lebih besar dibanding konten aslinya yang akunnya masih sepi.

Itu sudah pasti dan memang sebuah ironi yang mau tidak mau harus terpaksa dimaklumi. Oleh karena itu, (terutama jika masih merintis), interaksi dengan sesama pengguna sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dan menumbuhkan simpati.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan sering mengomentari atau memberi like pada konten follower atau konten orang yang anda ikuti. Cara ini biasanya sangat efektif untuk menambah jumlah follower sekaligus jumlah like pada konten anda.

Ingat bahwa follower adalah orang yang paling mungkin untuk melihat konten anda tanpa harus melakukan pencarian karena mereka sudah mengingat akun anda. Jadi, kalau follower anda sedikit, akan sangat sulit untuk menjadi viral.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment