Tips Ampuh Mengatasi Insomnia Ringan dengan Cara Mudah

Posted by on 2017-11-06 - 11:21 AM

Teknokiper.com - Cara Atasi Insomnia. Insomnia merupakan suatu kondisi kelainan tidur yang ditandai dengan adanya kesulitan untuk tidur di malam hari. Kondisi ini merupakan kondisi yang umumnya berlangsung secara berulang sehingga penderita merasa tidak nyaman. Sebagian orang yang mengalami insomnia bahkan merasa tersiksa karena selalu sulit untuk tidur dan tidak tahu harus melakukan apa untuk menghabiskan waktu. Gangguan ini seringkali menyebabkan dampak buruk bagi orang yang mengalaminya seperti timbulnya kelelahan saat beraktivitas, kurang bersemangat, perasaaan khawatir yang berlebih, lebih sering mengantuk, dan sebagainya.

Ketika seseorang sudah terbiasa dengan gangguan insomnia dan sudah memiliki aktivitas tertentu yang akan ia lakukan jika kesulitan tidur, kemungkinan besar kondisi ini tidak terlalu berdampak terhadap aktivitas seseorang namun tetap tidak baik untuk kesehatan fisiknya apalagi jika tidak tidur hingga berjam-jam sehingga tubuh tidak memperoleh istirahat yang cukup.

Seseorang yang mengalami imsomnia biasanya mengalami kesulitan untuk tidur lebih awal di malam hari (selalu tidur larut malam bahkan hingga dini hari), namun justru bangun lebih awal di pagi hari. Kondisi itu menyebabkan tubuh kurang istirahat. Akibatnya, tubuh tidak segar saat bangun.

Berdasarkan tingkatannya, imsomnia dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu imsomnia ringan, imsomnia jangka pendek, dan insomnia kronis. Insomnia ringan atau insomnia biasa merupakan gangguan sulit tidur yang umum.

Cara mengatasi insomnia

Insomnia ringan biasanya ditandai dengan adanya kesulitan untuk tidur di malam hari meskipun sudah mengantuk, berhasil tidur namun hanya sebentar, terbangun di tengah malam dan tidak berhasil untuk tidur kembali hingga berjam-jam.

Kondisi seperti itu dapat terjadi karena berbagai faktor penyebab dan termasuk kondisi yang masih wajar dan tidak perlu dikhawatirkan secara berlebih. Untuk mengatasi insomnia ringan, berikut beberapa tips yang teknokiper rangkum.

#1 Kondisikan Kamar Senyaman Mungkin
Suasana kamar memegang peran yang penting bagi kenyamanan seseorang dalam tidur. Kebanyakan orang akan sulit tidur jika kondisi kamar tidak rapi, kotor, atau tidak sesuai dengan keinginan.

Oleh karena itu, untuk mendukung dan menghadirkan kenyamanan tidur anda, ada baiknya mengkondisikan kamar senyaman mungkin. Atur kasur dan perlengkapan tidur dengan rapi, bila perlu tambahkan sesuatu yang bisa membantu anda merasa nyaman misalnya boneka dan sebagainya.

Dari segi dekorasi, warna ruangan juga memberi pengaruh bagi sebagian orang. Tergantung pada kepribadian masing-masing, cobalah untuk mendekorasi kamar dengan warna ringan yang anda sukai. Pilihalah warna yang bersifat ringan, relaksasi, lembut, dan damai misalnya hijau dan biru mudah.

#2 Kurangi Cahaya Berlebih
Cahaya yang terlalu terang, selain membuat mata nada silau, juga dapat menyebabkan anda sulit tidur. Beberapa penelitian bahkan mengklaim bahwa tidur dengan cahaya yang terlalu terang beresiko terkena penyakit tertentu.

Jika anda mengalami gangguan sulit tidur, maka salah satu usaha yang dapat anda lakukan adalah mengurangi cahaya di kamar anda. Suasana yang redup secara alami akan membantu anda untuk lebih mudah tidur. Bila perlu matikan saja lampu jika anda tidak takut akan gelap.

#3 Netralisir Suara atau Kebisingan
Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kesulitan tidur di malam hari adalah kebisingan. Banyak orang yang mengalami insomnia karena tinggal di kawasan yang begitu ramai (nyaris tidak pernah sepi) sehingga selalu ada bunyi-bunyi tertentu yang mengganggu tidur.

Buat anda yang sulit tidur jika ada kebisingan, maka cobalah untuk menghindari atau menetralisir kebisingan di sekitar anda misalnya dengan menutup kamar anda rapat-rapat atau menyumpat telinga anda dengan alat bantu tertentu. Tapi hanya gunakan alat bantu yang tidak beresiko membahayakan anda.

#4 Mandi dengan Air Hangat
Selain mengkondisikan kamar senyaman mungkin, anda juga harus memperhatikan kondisi tubuh anda agar terhindar dari insomnia. Salah satu upaya yang dapat anda lakukan adalah mandi dengan air hangat. Air hangat dapat membantu merelaksasi saraf sehingga tubuh lebih relax dan siap untuk beristirahat.

#5 Kurangi Konsumsi Kafein
Minuman yang mengandung kafein biasanya sengaja dikonsumsi oleh konsumen dengan tujuan agar tidak cepat mengantuk atau karena harus bergadang menyelesaikan suatu pekerjaan. Untuk anda yang justru ingin tidur, coba hindari konsumsi kafein setelah sore.

#6 Lakukan Kegiatan yang Tidak Disukai
Anda mungkin akan jengkel saat tidak bisa tidur dan tidak tahu harus berbuat apa sementara anda juga mungkin sudah jenuh dengan sosial media malam itu. Jika kondisinya seperti itu, maka melakukan kegiatan yang tidak anda sukai mungkin dapat jadi alternatif.

Biasanya seseroang akan cepat bosan jika melakukan hal yang tidak disukai dan terkadang menjadi ngantuk karenanya. Lakukanlah sesuatu yang dapat mengundang rasa kantuk anda misalnya membaca buku (bacaan yang berat misal buku pelajaran), atau mendengarkan acara tv yang membosankan.

#7 Dengarkan Musik Slow
Jika anda sama sekali tidak merasa ngantuk dan tidak bisa tidur di malam hari, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mendengarkan musik yang alunan nadanya slow. Jenis lagu seperti ini biasanya ampuh sebagai penghantar tidur.

#8 Jauhkan Gadget Anda
Sebelum tidur, senyapkan smartphone atau gadget anda dan letakkan di tempat yang jauh dari anda. Suara dering telepon kemungkinan besar akan mengganggu tidur anda dan bisa jadi membuat anda sulit untuk kembali tidur.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment