Contoh Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan Terhadap Lingkungannya

Posted by on 2017-11-08 - 4:30 PM

Teknokiper.com - Adaptasi Tingah Laku Hewan. Selain melakukan penyesuaian bentuk alat tubuh dan fungsi faal tubuh, hewan juga melakukan penyesuaian tingkah laku terhadap lingkungannya. Penyesuaian tingkah laku dilakukan dengan berbagai tujuan dan umumnya adalah agar dapat bertahan hidup. Setiap hewan memiliki penyesuaian masing-masing dalam hal tingkah laku dan penyesuaian tingah laku ini umumnya menjadi karakteristik bagi hewan tersebut. Misalnya saja bunglon. Bunglon terkenal sebaga hewan yang dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya. Perubahan warna kulit bunglon termasuk salah satu contoh adaptasi tingkah laku pada hewan. Pada kesempatan ini, teknokiper akan membehas beberapa contoh lainnya.

Pengertian Adaptasi Tingkah Laku

Apa yang akan anda lakukan jika tiba-tiba hujan deras saat anda sedang berjalan menuju rumah anda? Beberapa tindakan yang mungkin anda lakukan adalah mencari tempat berteduh, berlari scepat mungkin menuju rumah sambil menutupi kepala, atau mengambil payun dari tas anda dan berjalan secepat mungkin menuju rumah.

Tindakan anda dalam menghadapi hujan yang turun tiba-tiba tersebut merupakan salah satu contoh sederhana adaptasi tingkah laku yang dilakukan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Lalu, apa sebenarnya pengertian dari adaptasi tingkah laku?

Adaptasi diartikan sebagai proses atau upaya makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penyesuaian tersebut bisa dalam bentuk penyesuaian bentu alat tubuh, fungsi tubuh, ataupun penyesuaian tingkah laku.

Adaptasi tingkah laku pada hewan

Penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya yang dilakukan dengan cara menyesuaikan tingkah lakunya disebut adaptasi tingkah laku. Adaptasi tingkah laku berhubungan dengan perilaku makhluk hidup agar sesuai dengan lingkungannya.

Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan

Seperti halnya manusia, hewan juga melakukan penyesuaian tingkah laku agar sesuai dengan lingkungannya sehingga dapat terus bertahan hidup. Berikut terknokiper rangkum beberapa contoh adatasi tingkah laku dari beberapa jenis hewan.

#1 Bunglon
Bunglon merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki ciri khas yang unik. Salah satu bentuk adaptasi tingkah laku yang dilakukan hewan ini adalah mimikri, yaitu merubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya. Hal itu dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Dengan mengubah warna kulit sesuai warna tempat yang dihinggapi, bunglon menjadi sulit terlihat.

#2 Paus dan Lumba-lumba
Paus dan lumba-lumba memang terlihat seperti ikan, tetapi keduanya sebenarnya adalah mamalia yang hidup di laut. Paus bernafas dengan paru-paru sehingga harus sering menyembul ke permukaan air untuk bernafas, begitupula dengan lumba-lumba.

#3 Rayap
Untuk mencerna selulosa dari kayu yang menjadi makanannya, rayap membutuhkan enzim selulosa yang dihasilkan dari flagelata yang ada di usus rayap. Untuk mendapat falegelata itu, anak rayap menjilati dubur induknya sedangkan rayap dewasa akan memakan kulit mereka yang terkelupas untuk memperoleh flagellata.

Bentu adaptasi tingkah laku lainnya yang dilakukan oleh rayap adalah membuat terowongan. Rayap yang buta membuat terowongan dari tanah untuk dapat menuntunnya ke tempat sumber makanan atau menuntunnya kembali ke sarang.

#4 Kucing
Salah satu bentuk adaptasi tingkah laku yang dilakukan oleh kucing adalah saat mereka mengincar mangsa. Ketika mengincar mangsa, kuncing umumnya akan mendekam dan segera meloncat begitu mangsa lengah. Cara tersebut merupakan upaya menghemat energi dalam mencari makanan.

#5 Hewan Predator
Predator adalah hewan yang memangsa hewan lainnya. Karena memangsa hewan lain yang juga bergerak aktif, maka sebagian besar predator memiliki kemampuan bergerak dengan cepat. Gerakan yang cepat dibutuhkan untuk mengejar dan menangkap mangsa.

#6 Cecak
Cecak merupakan reptil yang umumnya merayap di dinding atau pohon. Salah satu bentuk adaptasi tingkah laku yang dilakukan oleh cecak adalah autotomi, yaitu memutus ekorya dengan sengaja saat posisinya terancam oleh musuh.

#7 Kerbau
Kerbau merupakan salah satu jenis hewan bertubuh besar dan memiliki lemak yang tebal sehingga tubuhnya lebih cepat panas. Ketika udara panas, salah satu adaptasi tingkah laku yang dilakuan kerbau adalah berkubang di lumpur.

#8 Kaki seribu
Anda mungkin pernah menemukan binatang kaki seribu atau disebut luwing di beberapa daerah. Jika disentuh biasanya kaki seribu akan menggulung tubuhnya. Hal itu merupakan upaya perlindungan yang dilakukan kaki seribu bila merasa terancam.

#9 Ular
Ular termasuk jenis hewan yang ditakuti karena memiliki bisa yang mematikan. Namun tidak semua ular memiliki bisa. Ular yang tidak memiliki bisa umumya akan berpura-pura mati jika merasa terancam. Hal itu dilakukan untuk mengelabui musuhnya.

#10 Serangga
Salah satu bentuk adapatsi tingkah laku yang dilakukan serangga adala melakukan estivasi, yaitu istirahat panjang selama musim panas. Adaptasi tingkah laku lainnya yang dilakukan oleh beberapa jenis serangga yaitu berbunyi nyaring untuk memikat pasangannya.

#11 Burung
Karena memiliki sayap dan dapat terbang dengan jarak yang relatif jauh, burung termasuk jenis hewan yang suka melakukan migrasi. Beberapa jenis burung kerap melakukan migrasi dari suatu wilayah ke wilayah lain di belahan dunia karena pengaruh musim atau perubahan lingkungan.

#12 Ikan Mujair
Ikan mujair juga memiliki adaptasi tingkah laku yang cukup unik. Induk mujair umumnya akan memasukkan anak-anak mereka ke dalam mulut jika kondisi lingkungan terlihat tidak aman. Hal itu dilakukan untuk melindungi anak-anak dari gangguan hewan lain.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment