Faktor-faktor yang Menyebabkan Kepunahan Makhluk Hidup

Posted by on 2017-11-09 - 3:40 PM

Teknokiper.com - Kepunahan Makhluk Hidup. Dari penemuan fosil dan hasil penelitian para ilmuwan, ditarik suatu kesimpulan bahwa terdapat beberapa jenis organisme yang pernah hidup di zaman dahulu namun telah punah saat ini. Beberapa organisme yang telah punah tersebut misalnya dinosaurus, mammoth, quagga, burung dodo, dan sebagainya. Kepunahan beberapa spesies organisme tersebut tentu menjadi suatu pertanyaan yang menarik, yaitu mengapa mereka tidak dapat bertahan hidup? Dan mengapa organisme yang diklaim sudah ada sejak zaman dahulu masih tetap bertahan hidup hingga sekarang? Hal ini kemudian menjadi kajian tersendiri bagi para ilmuwan untuk menyelidiki penyebab punahnya suatu organisme. Pada kesempatan ini, teknokiper akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhi kepunahan organisme.

Teori tentang Kepunahan Organisme

Dinosaurus, mammoth atau sejenisnya berhasil disimpulkan oleh para ilmuwan sebagai spesies yang pernah hidup di muka bumi. Kesimpulan tersebut didasari oleh penemuan fosil yang kemudian dijadikan sebagai salah satu bukti keberadaan mereka.

Para ilmuwan dan peneliti percaya bahwa kepunahan organisme-organisme tersebut erat kaitannya dengan perubahan lingkungan atau alam. Mereka berpendapat bahwa bumi mengalami perubahan secara terus-menerus yang bersifat dinamis dan mempengaruhi makhluk hidup.

Dari beberapa fosil yang ditemukan dan berdasarkan penelitian dengan dukungan alat dan pengetahuan, beberapa ilmuwan kemudian mencoba mengutarakan suatu teori mengenai penyebab kepunahan organisme pada masa itu.

Faktor penyebab kepunahan organisme

#1 Tumbukan Meteorit atau Asteorid
Dari hasil penelitian terhadap fosil yang ditemukan, diketahui terdapat kandungan iridium, yaitu suatu unsur kimia yang sangat jarang ada di bumi. Iridium biasanya ditemukan pada meteorit dan unsur ini bersifat radioaktif yang dapat membahayakan makhluk hidup.

Temuan unsur iridium membuat ilmuwan berpendapat bahwa punahnya beberapa jenis makhluk hidup pada zaman dahulu terjadi karena adanya meteorit atau asteroid raksasa yang menumbuk atmosfir bumi.

Tumbukan tersebut berdampak pada perubahan iklim di bumi. Iklim bumi saat itu kemungkinan terganggu selama beberapa bulan sehingga banyak jenis tumbuhan yang mati. Karena tumbuhan mati, maka hewan pemakan tumbuhan juga mati karena tidak memperoleh makanan termasuk jenis dinosaurus yang memakan tumbuhan.

#2 Perubahan Iklim
Selain karena tumbukan asteorid, beberpaa ilmuwan lagi juga berpendapat bahwa faktor utama yang menyebabkan kepunahan organisme di masa lampau adalah faktor perubahan iklim. Perubahan iklim yang ekstrim menyebabkan beberapa jenis organisme tidak dapat bertahan hidup.

Untuk teori ini, para ilmuwan berpendapat bahwa perubahan iklim di muka bumi dapat terjadi karena banyak faktor tidak hanya karena tumbukan asteoroid saja. Beberapa faktor penyebab perubahan iklim misalnya radiasi matahari, aktivitas tektonik atau vulkanik, dan sebagainya.

#3 Bencana Alam yang Dahsyat
Teori berikutnya yang diutarakan oleh para ilmuwan sebagai penyebab punahnya beberapa spesies makhluk hidup di masa lalu adalah faktor bencana alam. Para ilmuwan mengklain bahwa pada zaman dahulu telah terjadi serangkaian bencana alam yang tidak hanya mengubah permukaan bumi tetapi juga mematikan beberapa organisme yang hidup di masa itu.

Sebagai contoh, berdasarkan penelitian terhadap penemuan fosil yang ditemukan di India, para ilmuwan menyimpulkan bahwa dinosaurus punah karena dampak dari letusan gunung berapi yang sangat hebat yang menyebabkan suhu bumi menjadi dingin.

Faktor-faktor yang Menyebabkan Kepunahan

Penyebab punahnya makhluk hidup sebenarnya berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup organisme. Jika faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup tidak berjalan dengan baik, maka organsime akan terancam punah. Secara garis besar berikut faktor-faktor yang menyebabkan kepunahan organisme.

#1 Tidak Mampu Beradaptasi
Beberapa jenis organisme yang telah ada sejak dahulu masih tetap bertahan hingga saat ini karena memiliki daya adaptasi yang baik. Mereka mampu menyesuaikan diri dengan baik terhadap perubahan lingkungan sehingga mampu melanjutkan kehidupan.

Salah satu faktor yang paling mungkin yang menyebabkan suatu organisme punah adalah ketidakmampuannya untuk beradaptasi. Organisme yang tidak adaptif (tidak mampu beradaptasi dengan baik), cenderung tidak siap menghadapi perubahan lingkungan.

#2 Daya Biak (Regenerasi) yang Rendah
Selain kemampuan beradaptasi yang rendah, faktor lain yang menjadi penyebab punahnya organisme adalah daya biak yang rendah. Beberapa organisme yang saat ini terancam punah (misal gajah, badak, dsb) sebagian besarnya adalah organisme yang memiliki daya biak rendah.

Ketika organisme memiliki daya biak rendah, maka akan butuh waktu yang relatif lama untuk menghasilkan keturunan (bergenerasi). Hal itu kemudian bisa pula diperparah dengan perubahan lingkungan dan buruknya kemampuan adaptasi sehingga mereka terancam punah.

#3 Tidak Lolos Seleksi Alam
Seleksi alam merupakan proses alam yang menjadi penentu apakah organisme dapat bertahan hidup atau tidak. Seleksi alam dapat terjadi melalui beberapa faktor penyeleksi seperti perubahan suhu, keterbatasan makanan, kompetisi, dan sebagainya.

Ketika organisme berhasil melewati seleksi alam melalui bentuk adaptasi yang mereka lakukan, maka organisme tersebut akan bertahan hidup. Sebaliknya, jika organisme tidak berhasil beradaptasi terhadap lingkungan dan tidak lolos seleksi alam, maka organisme tersebut akan punah.

Dewasa ini, salah satu penyebab yang mengancam kelestarian makhluk hidup adalah maraknya tindakan eksploitasi yang dilakukan oleh makhluk hidup. Perburuan liar dan penenangan hutan menyebabkan banyak hewan terganggu habitatnya dan teranca punah.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment