Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Contoh

Posted by on 2017-11-14 - 10:15 AM

Teknokiper.com - Besaran Pokok dan Besaran Turunan. Besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Selain dinyatakan dengan angka sebagai nilainya, besaran juga dinyatakan dengan satuan tertentu. Ketika kita mengukur panjang sebuah kayu dan diperoleh hasil 20 cm, maka besaran yang kita ukur adalah besaran panjang, 20 adalah nilai besaran, dan cm adalah satuan yang dignakan. Berdasarkan penentuan satuannya, besaran dapat dibedakan menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Lalu, apa yang dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan? Pada kesempatan ini, teknokiper akan mencoba membahas pengertian dan contoh dari besaran pokok dan besaran turunan.

Pengertian dan Contoh Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lainnya. Besaran pokok merupakan besaran yang sangat mendasar dan diperoleh melalui pengukuran. Ada tujuh besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, instensitas cahaya, dan jumlah zat.

#1 Panjang
Panjang (L) merupakan besaran pokok yang menyatakan jarak antara dua buah titik pada ujung-ujung suatu benda misalnya panjang sebuah tali, jarak antara dua benda, panjang sebuah meja, besar perpindahan benda, jarak tempuh benda, dan sebgainya. Satuan panjang adalah meter (m).

#2 Massa
Massa (m) adalah besaran pokok yang menyatakan tingkat kelembaman benda atau kecenderungan benda untuk mempertahankan posisinya. Massa suatu benda dapat diukur menggunakan neraca. Massa dinyatakan dengan satuan kilogram (kg).

#3 Waktu
Waktu (t) adalah besaran pokok yang menyatakan lama atau rentang waktu suatu proses berlangsung misalnya lama benda bergerak, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tertentu, dan sebagainya. Waktu dinyatakan dengan satuan sekon (s).

#4 Suhu
Suhu (T) adalah besaran pokok yang menyatakan derajat panas atau dingin suatu benda. Suhu benda diukur dengan menggunakan termometer. Satuan suhu menurut sistem Internasional adalah Kelvin (K).

#5 Kuat Arus Listrik
Kuat arus listrik (I) merupakan besaran pokok yang menyatakan jumlah muatan listrik yang mengalir dalam kawat penghantar setiap satuan waktu. Satuan kuat arus listrik adalah Ampere (A).

#6 Instensitas Cahaya
Intensitas cahaya merupakan besaran pokok yang menyatakan daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu persatuan sudut. Besar intensitas cahaya dinyatakan dalam satuan candela (Cd).

#7 Jumlah Zat
Jumlah zat atau jumlah molekul merupakan besaran yang menyatakan banyak zat atau molekul. Satuan yang digunakan untuk menyatakan jumlah molekul adalah mol. Jumlah mol umumnya disimbolkan dengan huruf n kecil.

Pengertian dan Contoh Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok setelah melalui perhitungan yang menggunakan rumus matrmatika. Satuan besaran turunan dapat dinyatakan dalam satuan besaran pokok atau dalam satuan tertentu yang setara. Berikut beberapa contoh besaran turunan.

#1 Volume
Volume merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang. Volume memiliki satuan meter kubik (m3). Rumus volume suatu benda bergantung pada bentuk benda tersebut, misalnya balok memiliki rumus volume, V = p x l x t.

#2 Berat
Berat merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran panjang dan waktu. Berat merupakan hasil kali antara massa dengan percepatan gravitasi (W = m.g). Satuan dari berat adalah Newton. Hubungan Newton dengan satuan besaran pokok adalah 1 N = 1 kg . m/s2.

#3 Massa Jenis
Massa jenis merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran massa dan panjang. Massa jenis merupakan perbandingan antara massa benda dengan volume benda (ρ = m/V). Satuan dari massa jenis adalah kg/m3.

#4 Kecepatan
Kecepatan merupakan besaran yang menyatakan besar perpindahan benda persatuan waktu (v = s/t). Besaran ini diturunkan dari besaran panjang dan waktu. Karena merupakan hasil bagi panjang dengan waktu, maka satuan dari kecepatan adalah m/s.

#5 Percepatan
Percepatan merupakan besaran turunan yang menyatakan besar perubahan kecepatan benda persatuan waktu (a = v/t). Besaran ini juga diturunkan dari besaran panjang dan waktu. Satuan dari percepatan adalah m/s2.

Pengertian besaran pokok dan besaran turunan

#6 Gaya
Gaya merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa, panjang, dan waktu. Besar gaya sama dengan hasil kali masa dengan percepatan (F = m.a). Satuan dari gaya adalah Newton (N) dengan 1 N = 1 kg . m/s2.

#7 Usaha
Usaha adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa, panjang, dan waktu. Besar usaha berbanding lurus dengan hasil kali gaya dan perpindahan benda (W = F . s). Satuan usaha sama dengan satuan energi, yaitu Joule dimana 1 Joule = 1 N m.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment