Pengertian dan Jenis-jenis Besaran dan Satuan dalam Fisika

Posted by on 2017-11-06 - 12:22 PM

Teknokiper.com - Besaran dan Satuan. Berbicara mengenai besaran dan satuan, maka erat katannya dengan pengukuran. Pengukuran merupakan suatu proses membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan. Pengukuran tidak bisa diepaskan dari istilah besaran dan satuan. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui nilai dari suatu besaran yang kemudian akan dinyatakan dengan satuan yang sesuai. Lalu, apa sebenarnya besaran dan satuan itu? Bagaimana hubungan keduanya? Pada kesempatan ini, teknokiper akan mengulas pengertian mengenai besaran dan satuan.

Pengertian dan Jenis Besaran

Besaran merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang diukur. Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan nilai serta memiliki satuan. Suatu besaran dapat diukur dengan cara membandingkan besaran tersebut dengan besaran sejenis.

Segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dapat disebut sebagai besaran. Beberapa besaran yang umum dalam fisika antara lain besaran panjang, luas, massa, volume, kecepatan, dan sebagainya.

Warna, indah, cantik, dan jelas bukanlah suatu besaran karena keempat kata tersebut tidak dapat diukur (bersifat relatif) dan tidak dapat dinyatakan dengan angka. Secara umum, besaran dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok dan satuan

#1 Besaran Pokok
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Terdapat tujuh besaran pokok dalam fisika, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, jumlah molekul, dan intenstas cahaya.

#2 Besaran Turunan
Besaran turunana adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran-besaran pokok. Besaran turunan diperoleh dari beberapa besaran pokok setelah melalui perhitungan menggunakan rumus matematika. Contoh : kecepatan, usaha, gaya, berat, energi, dan sebagainya.

Pengertian Satuan

Satuan adalah besaran sejenis yang digunakan untuk membandingkan (mengukur) suatu besaran tertentu. Satuan ditulis setelah nilai atau angka yang menunjukkan tingkatan dari suatu besaran. Satuan menunjukkan ukuran dari suatu besaran sehingga dapat dimengerti. Satuan yang baik harus tetap, mudah ditiru, dan dapat digunakan dimanapun.

Dengan adanya satuan, kita dapat menentukan tingkat atau nilai dari suatu besaran secara pasti. Satuan juga dapat digunakan untuk melihat hubungan antara beberapa besaran. Berdasarkan penggunaanya, satuan dapat dibedakan menjadi satuan baku dan satuan tidak baku.

#1 Satuan Baku
Satuan baku adalah jenis satuan yang jika digunakan oleh siapapun akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. Salah satu jenis satuan baku yang umum digunakan di dunia adalah satuan sistem internasional (SI), misalnya meter, kilogram, sekon, kelvin, ampere, mol, dan sebagainya.

#2 Satuan Tidak Baku
Satuan tidak baku adalah jenis satuan yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sangat bergantung pada lokasi pemakaian. Satuan ini bersifat relatif sehingga hasil pengukuran yang dihasilkan tidak selalu sama.

Dalam kegiatan pengukuran, adakalanya kita menggunakan satuan tidak baku misalnya jengkal, kaki, depa, hasta, dan sebagainya. Jika dilakukan oleh beberapa orang, hasil pengukuran dengan menggunakan satuan tidak baku kemungkinan besar tidak akan sama.

Tabel Satuan dari Beberapa Besaran Turunan
BesaranSatuanSingkatan
Kecepatanmeter/sekonm/s
GayaNewtonN
TekananPascalPa
EnergiJouleJ
DayaWattW

Dengan adanya satuan baku, maka hasil pengukuran lebih pasti. Bayangkan jika hasil pengukuran dinyatakan dengan satuan tidak baku misalnya jengkal, maka bisa timbul kesalahan atau pun kesalahpahaman antara beberapa pihak.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment