Tips Sederhana Cara Mencegah Flu di Musim Penghujan

Posted by on 2017-11-06 - 9:21 AM

Teknokiper.com - Cara Mencegah Flu. Musim hujan sepertinya sudah mulai menghampiri berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa wilayah bahkan mengalami curah hujan yang cukup besar dan sering sehingga beberapa aktivitas di luar ruangan sedikit terganggu. Selain itu, memasuki musim penghujan seperti ini biasanya tubuh juga menjadi rentan sakit. Salah satu gangguan kesehatan yang umum menyerang saat musim hujan adalah flu. Perubahan cuaca yang ekstrim (siang panas, sore dingin karena hujan) juga membuat tubuh terkejut sehingga sebagian orang yang tidak terlalu baik kondisi tubuhnya dapat mengalami demam.

Karena kesibukan yang padat, tentu hujan bukanlah suatu halangan bagi seseorang untuk beraktivitas. Yang terpenting tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Berikut beberapa tips sederhana yang teknokiper rangkum untuk mencegah flu di musim hujan.

#1 Hindari Paparan Langsung dengan Hujan
Saat beraktivitas di luar ruangan, sebisa mungkin cobalah menghindari paparan langsung dengan hujan. Sebagai antisipasi, sediakanlah payung atau jas hujan sebagai perlengkapan tambahan anda. Gunakan salah satunya yang paling memungkinkan untuk anda.

Cara mencegah flu saat musim hujan

#2 Lindungi Tubuh dari Cuaca Dingin
Di musim hujan, cuaca biasanya menjadi sangat dingin di waktu-waktu tertentu. Cobalah untuk lebih menyayangi tubuh anda dan melindunginya dari suhu dingin dengan memakai baju hangat misalnya, menggunakan jaket, baju tebal, dan sebagainya.

#3 Segera Mandi Setelah Kehujanan
Jika suatu waktu anda kurang beruntung dan harus kehujanan saat beraktivitas di luar, maka segeralah mandi dan basuh diri anda dengan air di kamar mandi anda (bukan mandi dengan air hujan). Bila memungkinkan, gunakan air hangat. Hal itu akan membantu menjaga kondisi tubuh anda.

#4 Mengkonsumsi Minuman Hangat
Saat cucaca begitu dingin, tak ada salahnya membuat minuman hangat untuk menghangatkan tubuh anda. Wedang jahe atau teh herbal sangat baik untuk membantu mencegah flu karena selain menghangatkan tubuh, wedang jahe juga dapat membantu meperlancar sirkulasi darah.

#5 Perbanyak Sanyur dan Buah yang Kaya Vitamin C
Untuk menjaga kesehatan juga diperlukan asupan nutrisi. Untuk mencegah flu, salah satu jenis asupan yang perlu diperbanyak adalah sanyur dan buah yang kaya akan vitamin C misalnya brokoli, jeruk, jambu biji, dan sebagainya.

#6 Rajin Minum Air Putih
Buat anda yang tidak suka minum air putih, maka cobalah untuk lebih rajin meminum air putih daripada meminum soft drink. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup membantu fungsi beberapa organ tubuh untuk menangkal virus.

#7 Selalu Bersihkan Tangan dengan Sabun
Flu umumnya menyerang tubuh melalui kontak langsung. Virus penyebab flu kemungkinan besar menempel di berbagai benda di sekitar kita dan ketika benda tersebut disentuh, saat itulah tubuh terinfeksi. Untuk menghindari itu, senantiasa jaga kebersihan tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

#8 Rajin Olahraga Secara Rutin
Olahraga secara rutin tidak hanya bagus untuk menjaga kebugaran tubuh, tetapi juga baik untuk kesehatan jika dilakukan dengan cara dan porsi yang tepat. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan produksi sel-sel pembunuh virus alami di dalam tubuh.

#9 Jangan Menutupi Bersin dengan Tangan
Ketika bersin, jangan tutupi bersin dengan tangan karena virus akan menempel di tangan anda sehingga kemungkinan akan memperburuk keadaan. Pastikan juga tangan anda dalam kondisi bersih saat anda menyentuh wajah.

#10 Kenakan Masker
Saat musim hujan, kemungkinan besar akan banyak orang di sekitar anda yang mengalami flu. Untuk melindungi tubuh anda dari kemungkinan tertular virus influenza, ada baiknya menggunakan masker selamam gerada di tempat-tempat umum.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment