Tutorial Cara Membuat Karya Seni Paper Cutting Berbentuk Burung

Posted by on 2017-11-08 - 1:59 PM

Teknokiper.com - Tutorial Paper Cutting. Selain digunakan sebagai media tulis, cetak, atau gambar, kertas juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan karya seni. Salah satu karya seni yang memanfaatkan kertas sebagai bahan utamanya adalah paper cutting. Paper cutting merupakan seni dekorasi menggunakan kertas yang dilakukan dengan cara memotong bagian-bagian tertentu pada kertas sehingga dihasilkan bentuk dekorasi yang diinginkan. Seni paper cutting merupakan seni tradisional Cina yang kemudian berkembang di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Pada kesempatan ini, teknokiper akan memaparkan tutorial cara membuat sebuah karya seni paper cutting berbentuk burung.

Sesuai dengan namanya, teknik dasar yang digunakan dalam pembuatan karya seni paper cutting adalah teknik memotong. Dalam hal ini dibutuhkan kelihaian tangan (menggunakan pemotong) untuk memotong bagian-bagian tertentu pada kertas. Pada proses pemotongan sangat dibutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Selain kesabaran, untuk membuat karya seni paper cutting juga dibutuhkan kreativitas dalam memadukan berbagai pola menjadi satu kesatuan objek tertentu. Selain itu, seniman paper cutting tentu harus memiliki kemampuan untuk membuat pola.

Membuat pola merupakan bagian yang cukup sulit karena pada tahap ini, kita dituntut kreatif untuk menentuan bagian-bagian mana saja yang akan dipotong dan bentuk seperti apa yang akan kita jadikan dekorasi potongannya.

Cara membuat paper cutting

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat paper cutting sebenarnya cukup sederhana, yaitu kertas, cutter, dan alat tulis. Namun jika anda lebih suka membuat pola menggunakan komputer, maka harus ada komputer dan progam untuk membuat pola misalnya corel draw, photoshop, dan sebagainya. Selain itu, dibutuhkan printer untuk mencetak pola ke kertas.

Kertas yang digunakan untuk membuat paper cutting biasanya merupakan jenis kertas yang agak tebal sehingga tidak mudah rusak dan lebih tahan lama. Beberapa seniman paper cutting lebih suka menggunakan fancy cartoon karena tersedia dalam varian warna yang cukup banyak dan dengan tekstur yang dapat disesuaikan.

Pemotong yang digunakan biasanya adalah pisau cutter. Anda tidak harus membeli cutter khusus karena cutter biasa yang dijual di toko buku juga sudah cukup bagus untuk membuat paper cutting. Beberapa orang juga suka menggunakan gunting untuk bagian-bagian yang masih terjangkau oleh gunting.

Sebagai alas untuk proses pemotongan, sebaiknya digunakan kertas, majalah, atau karton bekas. Sebaiknya jangan menggunakan alas kaca, kayu, lantai atau keramik sebagai alas karena pisau akan menjadi cepat tumpul.

Proses Pembuatan Karya Seni Paper Cutting

Secara garis besar, proses pembuatan karya seni rupa paper cutting terdiri dari empat langkah, yaitu pembuatan bentuk dasar, pembuatan pola potongan, pencetakan pola, dan pemotongan kertas sesuai dengan pola yang telah ditentunkan.

#1 Pembuatan Bentuk Dasar
Tahap pertama adalah pembuatan bentuk dasar dari objek yang ingin dibuat. Karena pada tutorial ini akan dibuat paper cutting berbentuk burung, maka bentuk dasarnya adalah bentuk burung. Dengan menggunakan program komputer buatlah outline berbentuk burung (lihat gambar 1).

#2 Pembuatan Pola Potongan
Selanjutnya adalah pebuatan pola potongan. Pada proses ini merupakan proses kreatif dari masing-masing pribadi untuk membuat pola sedemikian rupa sesuai keinginan. Pola potongan adalah bagian yang diwarnai gelap (lihat gambar 2).

Jika anda tidak mahir menggunakan program komputer seperti corel draw atau ilusrator, anda juga bisa menggambarnya secara langsung ke kertas menggunakan spidol warna atau alat bantu lainnya. Untuk lebih mudahnya, anda juga dapat mencari pola di internet karena banyak ide pola paper cutting di beberapa situs seni.

#3 Pencetakan Pola
Jika pola pemotongan sudah selesai dibuat, maka selanjutnya cetak pola tersebut ke kertas yang akan digunakan sebagai paper cutting. Tidak perlu menggunakan warna yang terlalu terang untuk mencetak pola. Warna abu-abu juga sudah cukup karena hanya untuk tanda bagian yang akan dipotong saja (gambar 3).

cara membuat karya paper cutting

#4 Pemotongan Kertas
Setelah pola dicetak ke kertas (kertas yang akan digunakan sebagai bahan paper cutting), maka selanjutnya yang merupakan tahap akhir adalah pemotongan kertas sesuai dengan pola. Gunakan cutter untuk memotong setiap bagian yang ada pada pola potongan (gambar 4). Tahap ini termasu tahap yang memakan banyak waktu karena dibutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment