5 Aplikasi Pembuat Musik dan Lagu Terbaik Untuk Android

Posted by on 2017-12-31 - 4:05 PM

Teknokiper.com - Aplikasi Musik untuk Android. Di era gadget seperti saat ini, kebanyakan orang lebih suka yang praktis dan dinamis. Termasuk dalam hal pembuatan musik. Daripada harus membeli alat musik tertentu dengan harga yang relatif mahal, banyak orang yang kemudian lebih suka memanfaatkan aplikasi pembuat musik yang tersedia untuk mobile android. Selain gratis, aplikasi pembuat musik yang tersedia untuk android terbilang lengkap dan mudah untuk digunakan. Selain itu, dengan satu aplikasi pengguna bisa memainkan berbagai alat musik dengan berbagai fitur dan efek keren yang ditawarkan. Tidak heran jika kemudian banyak musisi dan pencipta lagu yang kemudian memanfaatkan aplikasi ini untuk menghasilkan karya musik mereka. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat digunakan. Namun pada kesempartan ini, teknokiper hanya akan mengulas beberapa saja. Berikut ini kami rangkum lima aplikasi pembuat musik terbaik untuk android versi teknokiper.

#1 Music Maker Jam
Aplikasi pembuat musik untuk android yang pertama dan merupakan salah satu aplikasi musik terbanyak yang digunakan oleh pengguna android adalaj music maker jam. Music maker jam merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh JAM Just Add Music Gmbh.

Hingga artikel ini diterbitkan, aplikasi pembuat musik ini sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasi ini juga sudah direview oleh lebih dari 396 ribu pengguna dengan rating 4,5. Anda dapat melihat berbagai komentar positif mengenai aplikasi ini pada halaman google play.

Salah satu kelebihan music maker jam adalah terletak pada kemudahan untuk menghasilan musik. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu khawatir mengenai nada karena aplikasi ini telah menyediakan berbagai style yang dapat anda download baik secara gratis maupun secara berbayar.

aplikasi pembuat musik untuk android

Masing-masing style menyediakan sejumlah loop dan menawarkan berbagai jenis alat musik atau bunyi yang berbeda-beda yang dapat anda kombinasikan sesuka anda untuk menghasilkan musik kesukaan anda. Caranya pun sangat sederhana tinggal pilih alat musik, pilih melodinya, dan mainkan.

Ketika pertama dipasang, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan empat style utama. Selain keempat style musik tersebut, anda masih dapat mendownload 11 style lainnya yang tersedia secara gratis. Jika masih belum cukup, anda juga bisa mendownload ratusan style lainnya dengan harga tertentu.

Selain dapat menciptakan (mix) musik, aplikasi ini juga menyediakan perekam suara sehingga anda dapat menabahka suara atau nyanyian anda ke alam proyek musik yang tengah anda kerjakan. Fitur unggulan aplikasi ini antara lain sound mixer, DJ feature, equalizer, sound editor, podcast, midi support, dan sebagainya.

#2 Walk Band
Buat anda yang memiliki keahlian dalam bermain musik khususnya memahami cara pembuatan musik dengan alat musik tertentu, maka aplikasi pembuat musik untuk android ini pasti sangat cocok buat anda. Aplikasi ini bernama Walk Band dan sudah didownload oleh 50 jutaan pengguna.

Mendapat rating 4,3 dari 528,399 pengguna, rasanya tidak berlebihan jika aplikasi ini disebut sebagai salah satu aplikasi pembuat musik terbaik. Sesuai dengan namanya, aplikasi menawarkan sensasi band dalam genggaman yang menawarkan rekaman multitrack mulai dari keyboard, guitar, dan drumkit dalam satu aplikasi.

Berbeda dengan music maker jam yang sudah menyediakan berbagai loops melalui style yang ditawarkan, pada apliaksi walk band, pengguna lebih bebas menghasilkan musik sesuai dengan keinginan sehingga musik atau lagu yang dihasilkan lebih orisinil. Akan tetapi, jika anda tidak mahir menggunakan alat musik, maka akan cukup sulit menggunakannya.

Pada dasarnya, aplikasi ini terdiri dari enam menu utama, yaitu multitrack synth untuk menghasilkan musik dengan kombinasi beberapa alat musik, keyoard untuk menghasilkan musik dari alat musik sejenis keyboard, guitar untuk menghasilkan musik dengan alat musik gitar, bass untuk menghailkan musik dengan alat bass, drum kitt dan drum machine untuk menghasilkan nada dari drum.

Masing-masing menu juga menyediakan jenis alat musik yang dapat dipilih. Misalnya, pada menu guitar anda dapat memilih jenis intrumen seperti steel string guitar, nylon guitar, clean electric guitar, jazz guitar, overdrive guitar, dan sebagainya.

Dengan banyaknya pilihan instrumen yang ditawarkan, seharusnya aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan musik atau lagu yang keren. Sambil memainkan musik yang kita buat, kita dapat merekam musik tersebut ke dalam bentuk midi, aac, atau mp3. Hasil rekaman dapat dilihat pada records manager.

#3 FL Studio Mobile
FL studio dikenal sebagai salah satu perangkat lunak pembuat music virtual terbaik. Dalam versi mobile, FL studio tersedia dengan nama FL Studio mobile. Sayangnya, saat ini aplikasi ini belum tersedia secara gratis dan dibanderol dengan harga IDR 229.000.

FL studi mobile merupakan aplikasi komposer musik yang terbilang lengkap. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat proyek multitrek melalui perangkat android.  Sama seperti aplikasi pembuat musik lainnya, FL Studio juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk mmebuat musik, pilihan instrumen, track editor, efek, dan sampel instrumen.

#4 Music Studio Lite
Aplikasi selanjutnya adalah music studio lite. Aplikasi ini dikembangkan oleh Xewton Gmbh dan sudah didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna android. Aplikasi ini mendapat rating 4,2 dari 9.798 pengguna. Aplikasi ini sendiri dikenalkan sebagai aplikasi pembuat musik untuk perangkat mobile.

Aplikasi music studio menawarkan perlengkapan yang lengkap untuk menghasilkan musik dan fitur dan kualitas suara yang menyerupai aplikasi dekstop atau perangkat keras audio mahal. Selain itu, efek yang dihasilkan juga luar biasa. Hanya saja, untuk menyimpan proyek musik yang telah dibuat pengguna harus membeli yang full version terlebih dahulu dengan harga lumayan mahal.

#5 Bandlab
Aplikasi pembuat music yang juga sudah didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna dan mendapat rating 4,3 dari 13.643 pengguna adalah Bandlab. Bandlab merupakan aplikasi pembuat musik sosial dan rekaman studio untuk mobile. Aplikasi ini memungkinan pengguna untuk merekam, mix, dan membagikan musik kepada jutaan kreator dan pengguna bandlab.

Salah satu titik berat Bandlab yang membedakannya dengan aplikasi musik lainnya adalah aplikasi ini berbasis sosial layaknya media sosial yang memungkinkan musisi dan penikmat musik membuat musik, berkolaborasi, dan berinteraksi bersama.

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan karena cukup sederhana. Buat anda yang hobi cover lagu, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat anda karena cenderung mudah untuk mix and match musik, dan output suaranya pun juga jernih.

Demikian 5 aplikasi pembuat musik untuk android. Tiap-tiap aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kerkurangannya masing-masing dan tentang aplikasi mana yang terbaik sangat bergantung pada keahlian dan selera masing-masing pengguna. Selamat mencoba semoga menghasilkan karya yang hebat.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment