Tips Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan-bahan Alami

Posted by on 2017-12-31 - 6:42 PM

Teknokiper.com - Tips Memutihkan gigi secara alami. Memiliki gigi putih dan bersih tentu menjadi harapan setiap orang. Selain terlihat bersih dan menunjang penampilan, gigi yang putih juga membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Akan tetapi, memperoleh gigi yang putih bersih termasuk tidak mudah sebab makanan dan gaya hidup kita sehari-hari dapat dengan mudah mempengaruhi warna gigi. Kebiasaan meminum kopi atau merokok misalnya, kedua kebiasaan tersebut dipercaya dapat menyebabkan gigi menjadi kuning kecoklatan. Selain itu, kebiasaan yang cenderung malas membersihkan atau menyikat gigi juga dapat memicu menguningnya warna gigi.

Pada umumnya masyarakat mengandalkan pasta gigi untuk membersihkan gigi dan menggunakan pasta gigi khusus yang diformulasikan untuk mencerahkan warna gigi bila warna gigi sudah mulai menguning. Hal itu karena biaya pemutihan gigi melalui dokter gigi cenderung mahal sehingga banyak orang yang berfikir dua kali untuk memutihkan giginya ke dokter.

Akan tetapi, tidak semua pasta gigi yang dikhususkan untuk memutihkan gigi bekerja dengan maksimal. Adakalanya penggunaan pasta tersebut sama sekali tidak menunjukkan perbedaan. Oleh karena itu, banyak juga yang beralih pada bahan-bahan alami yang ada di sekitar untuk mencerahkan warna gigi mereka.

Sebenarnya, jauh sebelum kehadiran pasta gigi, orang-orang zaman dahulu terbiasa memanfaatkan benda-benda di sekitar untuk membersihkan gigi, misalnya pasir sungai, sabut kelapa, arang, dan sebagainya. Pada kesempatan ini, teknokiper akan memaparkan beberapa bahan di sekitar yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami.

Tips memutihkan gigi secara alami

#1 Kulit Jeruk
Ketika memakan buah jeruk, biasanya kulitnya akan langsung dibuang begitu saja. Padahal, kulit jeruk bisa loh dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Penggunaan kulit jeruk untuk memutihkan gigi termasuk sudah lama. Kandungan zat pektin dan minyak atsiri pada kulit jeruk berkhasiat membantu mencerahkan warna gigi. Penggunaan sederhananya, gosokkan bagian dalam kulit ke permukaan gigi.

Berikut cara lain memanfaatkan kulit jeruk untuk memutihkan gigi :
1). Disediakan kulit jeruk yang masih segar
2). Dibersihkan kulit jeruk kemudian dijemur hingga benar-benar kering
3). Ditumbuk kulit yang sudah kering hingga halus
4). Dicampur kulit jeruk dengan sedikit air hingga berbentuk pasta
5). Digunakan pasta kulit jeruk untuk menyikat gigi.

#2 Kulit Pisang
Satu lagi kulit buah yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi, yaitu kulit pisang. Kulit pisang bisa menjadi alternatif bagi anda yang memilki masalah pada warna gigi. Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Cukup sediakan kulit pisang yang masih segar, kemudian digunakan bagian dalamnya untuk menggosok permukaan gigi.

#3 Lemon
Kalau sebelumnya kita memanfaatkan kulit jeruk, kali ini kita memanfaatkan bagian buahnya. Jeruk yang dimaksud adalah lemon. Lemon mengandung asam sirat yang dapat membantu mencerahkan warna gigi secara alami. Selain itu, penggunaan lemon juga cukup efektif untuk membersihkan karang gigi.

Cara mencerahkan warna gigi dengan menggunakan lemon :
1). Disediakan satu buah lemon ukuran sedang
2). Dibersihakan lemon kemudian dipotong menjadi beberapa bagian
3). Digunakan potongan lemon untuk menggosok gigi
4). Dibersihkan gigi dengan cara berkumur
5). Dilakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

#4 Strawberi
Strawberi mungkin termasuk buah-buahan yang harganya relatif mahal, namun jika di rumah anda kebetulan tersedia strawberi, tidak ada salahnya memanfaatkan buah tersebut untuk memutihkan gigi anda. Strawberi mengandung vitamin C dan asam malat yang berkhasiat membantu mengikis noda pada gigi sehingga gigi terlihat lebih bersih dan cerah.

Cara memutihkan gigi dengan menggunakan stawberi :
1). Disediakan buah strawberi secukupnya
2). Dicuci starwberi degan air hingga bersih
3). Dihaluskan strawberi dengan cara ditumbuk
4). Dioles dan digosokkan strawberi pada gigi secara merata
5). Disikat gigi untuk menghilangkan kandungan gula yang melekat.

#5 Minyak Kelapa
Bahan berikutnya yang dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi adalah minyak kelapa. Bahan ini termasuk bahan yang mudah didapat dan sebagian ibu pasti menyimpan bahan ini di dapur mereka. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang membantu memusanahkn bakteri yang ada di flak gigi. Untuk hasil maksimal, biasanya minyak kelapa dipadukan dengan baking soda.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk memutihan gigi :
1). Disediakan minyak kelapa dan baing soda secukupnya
2). Dicampur minyak kelapa dengan baking soda hingga berbentuk pasta
3). Digunakan pasta untu menyikat gigi
4). Dicuci gigi hingga bersih dari sisa pasta.

#6 Jeruk Nipis
Tidak hanya kulit jeruk, beberapa jenis jeruk juga dipercaya berkhasiat mencerahkan warna gigi. Salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan yang efektif membunuh bakteri dalam mulut sehingga tidak hanya mencerahkan gigi, penggunaan jeruk nipis juga membuat mulut menjadi lebih segar.

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk memutihkan gigi :
1). Disediakan jeruk nipis ukuran sedang
2). Dipotong jeruk menjadi dua bagian lalu diperas airnya
3). Dicampurkan perasan air jeruk dengan segelas air hangat
4). Digosok gigi menggunakan bagian dalam kulit jeruk
5). Digunakan air jeruk untuk berkumur.

#7 Arang Kayu
Salah satu bahan yang sudah cukup umum digunakan oleh orang zama dahulu untuk memutihkan gigi adalah arang kayu. Pengunaan arang kayu untuk memutihkan gigi cukup populer karena cukup mudah dan hasilnya terbilang maksimal meskipun bertahap. Selain itu, penggunaan arang juga tidak boleh terlalu sering karena dapat merusak gigi.

Cara menggunakan arang untuk memutihkan gigi :
1). Disiapkan arang kayu secukupnya
2). Dihaluskan arang kayu dengan cara dikerus atau ditumbuk
3). Dicampurkan arang kayu yang sudah halus dengan pasta gigi
4). Disikat gigi seperti biasa menggunakan pasta arang
5). Dicuci gigi hingga bersih dan tidak ada sisa arang.

#8 Biji Buah Pinang 
Selain arang kayu, satu lagi bahan yang dalam bentu arang dimanfaatkan untuk memutihkan gigi adalah buah pinang. Buah pinang diketahui mengandung senyawa astrigent dan zat tanin yang berkhasiat membantu mencerahkan warna gigi.

Cara memutihkan gigi dengan menggunakan buah pinang :
1). Disediakan biji buah pinang yang sudah dikupas
2). Dibakar biji pinang hingga hangus
3). Ditumbuk biji yang sudah hangus sampai halus
4). Dioleskan pada gigi secara merata hingga beberapa menit
5). Dibersihkan gigi dengan air hingga tidak ada arang tersisa.

#9 Garam
Orang zaman dulu menggunakan garam untuk menghilangkan warna kuning pada gigi dan mencerahkan warna gigi. Jika anda amati, beberapa produk pasta gigi juga pernah menggunakan garam sebagai bahan campuran dalam produk mereka. Penggunaanya cukup sederhana.

Cara memutihkan gigi dengan garam :
1). Disediakan garam secukupnya
2). Ditumbuk garam hingga halus menyerupai tepung
3). Dibubuhkan garam pada pasta gigi yang sudah diletakkan pada sikat
4). Disikat seluruh permukaan gigi secara perlahan
5). Dicuci gigi dengan air hingga bersih.

#10 Baking Soda
Selain dimanfaatkan untuk bahan pengembang dalam pembuatan kue, baking soda juga biasa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk memutihkan gigi. Penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi terbilang cukup cepat terlihat hasilnya hanya saja penggunaan baking soda tidak boleh terlalu sering karena dapat merusak gigi. Beberapa sumber menganjurkan penggunaan baking soda maksimal 1 minggu sekali.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda :
1). Disediakan baking soda dan lemon secukupnya
2). Dipotong lemon menjadi dua bagian lalu diperas airnya
3). Dicampur air perasan lemon dengan baking soda
4). Dioleskan dan disikat campuran secara merata pada gigi
5). Dicuci gigi hingga bersih.

Demikian tips memutihkan gigi secara alami dengan bahan yang mudah didapat. Perlu diingat bahwa bahan alami bekerja secara bertahap dan tidak memberikan hasil yang instan. Beberapa bahan mungkin tidak cocok untuk gigi anda sehingga sebelum menggunakannya sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan orang yang ahli untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment