5 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih Untuk Diabetes

Posted by on 2018-01-01 - 2:33 PM

Teknokiper.com - Sumber Karbohidrat untuk Penderita Diabetes. Diabetes merupakan kondisi dimana tubuh seseorang tidak dapat menghasilkan insulin, insulin yang dihasilkan tidak mencukupi, atau insulin mengalami resistansi sehingga tidak bekerja dengan maksimal. Diabetes termasuk salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita oleh manusia dan jumla penderitanya semakin tahun semakin bertambah. Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes yang tinggi. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup atau kebiasaan masyarakat Indonesia yang cenderung mengkonsumsi nasi putih atau karbohidrat secara berlebihan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa nasi putih sudah menjadi makanan yang seolah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang beranggapan bahwa makan tanpa nasi seperti belum makan dan tidak merasa kenyang. Belum lagi jumlah nasi putih yang dikonsumsi terkadang melebihi jumlah normal yang dianjurkan.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Seringkali saat makan, seseorang memadukan nasi dengan makanan tertentu yang sebenarnya sama-sama mengandung karbohidrat misalnya mie atau kentang. Padahal, mie seharusnya tidak dimakan bersamaan dengan nasi karena mie juga mengandung karbohidrat yang cukup besar.

Masalah utamanya adalah terletak pada indeks glikemik nasi putih yang terbilang tinggi. indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan tingkatan seberapa mudah karbohidrat dari makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh. Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi yaitu 88 - 89 sehingga berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Sumber karbohidrat pengganti nasi putih untuk diabetes

Ketika seseorang menderita diabetes, tentu sangat penting untuk mengontrol asupan makanannya agar kadar gula darah teta terjaga normal. Salah satu cara yang umumnya dianjurkan untuk menghindari lonjakan gula darah adalah menganti nasi putih dengan sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Berikut teknokiper rangkum 5 sumber karbohidrat pengganti nasi putih untuk penderita diabetes.

#1 Beras Merah
Sumber karbohidrat pertama yang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi putih adalah beras merah. Sebenarnya banyak orang yang tahu bahwa beras merah lebih sehat dibanding beras putih. Hanya saja, karena rasanya tidak selezat nasi putih dan harganya yang relatif mahal membuat masyarakat lebih memilih nasi putih dibanding nasi merah.

Tapi bagaimanapun sebenarnya itu kembali lagi pada masalah selera dan gaya hidup. Banyak juga kok orang yang sengaja beralih ke beras merah karena memang sadar manfaatnya. Lagipula ala bisa karena biasa. Jika sudah terbiasa mengkonsumsi nasi merah pasti rasanya juga akan selezat nasi putih.

Salah satu kelebihan beras merah yang membuatnya lebih baik daripada nasi putih khususnya untuk penderita diabetes adalah karena nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi putih. Beras merah memiliki Ig berkisar 50 sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan serat yang cukup besar dan memiliki kandungan mineral serta vitamin yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan beras putih. Tidak heran jika beras merah merupakan sumber yang direkomendasikan untuk menu diet sehat.

#2 Gandum atau Oats
Sumber karbohidrat berikutnya yang juga dapat dijadikan alternatif pengganti nasi putih adalah gandum. Sayangnya, di Indonesia jarang sekali tersedia gandum utuh dan biasanya harganya juga relatif tinggi. Meski begitu masih ada beberapa olahan gandum yang dapat dikonsumsi dan tersedia di pasaran seperti roti gandum.

Gandum dikenal memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah dibanding nasi putih. Sama seperti beras merah, gandum juga kaya akan serat dan protein sehingga baik untuk diabetes. Saat membeli roti gandum pastikan roti yang dibeli adalah yang whole grain.

Roti gandum yang jenis whole grain dipercaya baik sebagai pengganti nasi putih sebab hampir tidak memiliki efek dalam menaikan kadar gula darah. Sebaiknya hindari roti gandum yang whole wheat serta produk berbahan gandum yang sudah dikombinasikan dengan pemanis buatan dan sebagainya.

Alternatif lain yang sering dipandang sebagai jenis dari gandum (meskipun sebenarnya berbeda) adalah oat. Oat umumnya tersedia dalam bentuk sereal. Oat memiliki beberapa kelebihan dibanding nasi putih seperti kaya akan serat yang mmebantu menjaga kadar gula, dan mengandung beta-glukan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

#3 Jagung
Sumber alternatif berikutnya yang bisa dijadikan pengganti nasi putih adalah jagung. Jagung sendiri sebenarnya merupakan sumber karbohidrat yang sudah tidak asing lagi karena sempat dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama saat nasi putih sulit untuk diperoleh. Di beberapa wilayah, jagung bahkan masih menjadi sumber karbohidrat utama.

Dari segi indeks glikemik, jagung memiliki IG yang lebih rendah daripada nasi putih, yaitu sekitar 56. Jika dibanding beras merah, jagung kemungkinan masih lebih unggul dari segi rasa karena jagung termasuk produk pertanian yang umum diolah sebagai makanan sehingga rasanya masih lebih dapat diterima masyrakat umum.

Selain itu, jagung juga memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya rendah kalori, jagung juga dilengkapi dengan berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin B dan asam folat. Dalam jagung juga terdapat kandungan antioksidan yang baik mencegah kanker.

Saat ini, beberapa produsen beras organik juga telah mengolah jagung sebagai bahan beras. Jagung diolah sedemikian sehingga menghasilkan bentuk menyerupai beras dan dimasak menjadi nasi jagung. Produk tersebut juga sudah dipasarkan dan dapat dibeli di beberapa tempat.

#4 Ubi Jalar
Ubi atau singkong mungkin termasuk sumber karbohidrat yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Sama seperti jagung, masyarakat zaman dahulu lebih dulu memanfaatkan ubi sebagai sumber karbohidrat utama mereka. Nasi tiwul termasuk salah satu produk olahan ubi yang cukup populer difungsikan layaknya nasi.

Ubi memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi putih yaitu berkisar 55 hingga 70 tergantung pada jenis ubi dan cara mengolahnya. Dari beberapa jenis ubi, ubi yang diklaim paling baik untuk diabetes adalah ubi jalar ungu. Meski begitu, proses memasak ubi ini akan mempengaruhi indeks glikemiknya. Cara terbaik adalah direbus atau dikukus tidak terlalu lama.

#5 Talas
Pengganti nasi putih selanjutnya adalah talas. Talas atau keladi termasuk hasil tanam yang sudah cukup populer di pasaran. Meski perannya sebagai pengganti beras mungkin tidak sepopuler jagung atau ubi, tetapi talas juga dianjurkan karena selain mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, tanaman ini juga membantu mengontrol kadar gula darah.

Demikian lima sumber karbohidrat pengganti nasi putih yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Perlu diperhatikan bahwa mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat alternatif bukanlah satu-satunya yang sebaiknya dilakukan untuk mengendalikan gula darah. Penderita diabetes tetap harus memperhatikan asupan makanan yang lain untuk memastikan kadar gula darah tetap normal.

Seluruh konten yang diterbitkan di teknokiper.com disusun oleh teknokiper dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.

Related Post:

Advertisements

0 comments :

Post a Comment